Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Strategi Sukses Dalam Menjalankan Bisnis MLM Yang Harus Dicoba

MLM atau Multi Level Marketing merupakan salah satu bisnis jaringan yang banyak digandrungi oleh sebagian orang. Banyak orang yang terjun ke bisnis MLM hanya karena sistem kerjanya yang mudah dan kedepannya akan menghasilkan keuntungan yang banyak. Namun tak jarang bisnis ini sering disalah artikan oleh sebagian orang karena mereka menganggap bahwa bisnis ini tidak mempunyai masa depan yang jelas. 
 
Kebingungan mencari orang atau jaringan membuat orang lain semakin kesulitan dalam menjalani bisnis MLM ini. Padahal di bisnis manapun jika sudah ada tekat yang kuat pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Nah bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis MLM, dan belum tau strateginya maka pehatikan beberapa cara berikut ini dengan baik.

Strategi Sukses Berbisnis MLM

8 Strategi Sukses Dalam Menjalankan Bisnis MLM Yang Harus Dicoba

1. Pelajari Bisnis MLM Yang Diikuti

Mempelajari tentang bisnis MLM memang menjadi hal yang sangat penting karena nantinya agar tidak mudah tertipu. Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dalam bisnis MLM, terlebih dahulu mencari prospek kedepannya di berbagai macam media seperti google ataupun youtube. Jika respon orang lain sangat baik tentang bisnis tersebut maka tidak ada salahnya Anda mengikutinya. Namun jika banyak yang menganggap buruk, maka lebih baik jangan mengikutinya.

2. Pilih Perusahaan Dengan Produk Yang Anda Sukai

Anda tidak akan bisa berkembang dalam berbisnis jika tidak menyukai produk yang akan dipasarkan. Untuk itu, cari tahu terlebih dahulu perusahaan tersebut menjual produk apa saja dan apakah produk tersebut memungkinkan untuk Anda jual atau tidak. Selain itu carilah orang yang sama-sama menyukai produk tersebut agar nantinya bisa melakukan promosi bersama.

3. Apa Adanya dan Tidak Melakukan Penipuan

Salah satu alasan mengapa bisnis MLM dicap buruk oleh benyak orang yaitu karena anggotanya sering berkata berlebihan saat merekrut orang baru, yang akan membuat mereka merasa sangat tertarik untuk bergabung. Apabila Anda ingin merekrut orang, maka berkatalah dengan jujur tentang bisnis yang sedang Anda jalani, terutama tentang prospek kedepannya. Selain itu Anda juga bisa menceritakan tentang kisah orang yang sudah sukses berbisnis di MLM tersebut. Semakin jujur Anda dalam berkata, maka orang lain akan semakin percaya dengan Anda.

4. Jangan Melibatkan Teman dan Keluarga

Dalam menjalankan bisnis MLM jangan terlalu banyak melibatkan teman atau keluarga jika mereka tidak mau bergabung. Tetapi jika mereka berkehendak untuk bergabung, maka Anda bisa langsung menjelaskannya. Di dalam bisnis tidak ada yang namanya paksaan, semua itu harus sesuai dengan kemauannya sendiri. Lebih baik Anda mencari orang lain untuk direkrut menjadi downline Anda daripada teman atau keluarga sendiri.

5. Identifikasi Target Pasar

Kesalahan terbesar para pebisnis MLM yaitu salah dalam melakukan target pemasaran produk. Banyak dari mereka yang hanya asal-asalan dalam memasarkannya bahkan dipasarkan kepada orang yang tidak tepat. Untuk itu jika Anda ingin sukses di bisnis MLM, maka harus bisa mengidentifikasi target pasar yang jelas dan sesuai dengan keadaan orang tersebut. Contohnya produk yang Anda jual tentang kesehatan, maka Anda harus mempromosikannya kepada orang yang sedang membutuhkan obat untuk kesehatan tubuhnya.

6. Promosikan Produk Yang Akan Dijual

Tidak hanya merekrut orang saja, tetapi dalam bisnis MLM harus selalu aktif dalam mempromosikan produk yang nantinya akan dijual. Dengan melakukan promosi produk, maka orang lain akan semakin percaya dengan bisnis Anda dan Anda pun akan mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Lakukanlah presentasi di hadapan banyak orang dengan jujur agar lebih tertarget. Selain itu buatlah akun media sosial untuk mempromosikan produk melalui internet, karena itu akan berpeluang besar untuk kemajuan bisnis.

7. Punya Ciri Berbeda Dari Distributor Lain

Salah satu tantangan MLM yaitu meyakinkan orang lain agar bisa lebih percaya dengan bisnis Anda bahkan mengikutinya. Anda bisa bersaing secara sehat dengan distributor yang lain, dan lakukan hal yang berbeda dengan apa yang sudah dilakukan oleh distributor lain agar Anda lebih terlihat unik di mata konusmen. Apabila Anda sudah terlihat unik, maka banyak orang yang akan memilih Anda daripada yang lainnya.

8. Temui Lebih Banyak Orang Setiap Hari

Dalam bisnis jaringan Anda harus selalu bertemu dengan banyak orang karena nantinya orang tersebut bisa dijadikan sebagai mitra bisnis dan akan bergabung mengikuti bisnis yang sedang Anda jalankan. Untuk itu usahakan untuk bertemu dengan orang baru setiap harinya dan jika memungkinkan Anda melakukan presentasi mengenai bisnis MLM. 
 
Bisnis MLM memang sebuah bisnis yang menggunakan sistem dalam menjalaninya. Jika sistem yang Anda pakai sudah benar maka kedepannya akan semakin berjalan dengan baik. Apabila Anda memasuki bisnis MLM yang salah, maka segera tinggalkan karena tidak baik untuk masa depan Anda.