Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Resiko Yang Akan Dirasakan Ketika Menjadi Seorang YouTuber

Menjadi seorang youtuber memang sebuah impian semua anak muda, karena mereka bisa menjadikan dirinya semakin popular, mendapatkan harta yang banyak, bahkan bisa mewujudkan semua impiannya dengan menjadi youtuber. Nah, dengan kemudahan itulah yang membuat semua orang berlomba-lomba untuk sukses dalam waktu cepat dengan membangun channel youtube. 
 
Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menjadi youtuber, tetapi tidak selamanya menjadi youtuber itu menyenangkan. Ada banyak resiko yang pastinya Anda alami saat menjadi youtuber. Inilah beberapa resiko yang akan Anda alami ketika menjadi seorang youtuber dan harus Anda pikirkan terlebih dahulu sebelum memulainya.

Resiko Menjadi Seorang Youtuber

8 Resiko Yang Akan Dirasakan Ketika Menjadi Seorang YouTuber

1. Harus Mengorbankan Semua Pekerjaan dan Kesibukan

Demi menjadi seorang youtuber professional, mereka harus merelakan waktunya untuk melakukan reset keywoard, edit video, rekam gambar, sampai mengunggah video ke youtube. Seringkali ketika sudah memutuskan untuk menjadi youtuber, mereka harus rela keluar dari pekerjaan atau bahkan keluar dari pendidikannya. Dengan begitu, pasti Anda sudah mengira bahwa saat pertama menjadi youtuber sudah mendapatkan hasil yang besar. Namun kenyataanya tidak begitu.

2. Menjadi Efek Negatif Ketika Melamar Pekerjaan

Setiap konten yang Anda publish, pasti akan membuat orang merasa terkesan dan bermanfaat bagi mereka. Namun, tidak selamanya begitu lho. Bisa saja beberapa perusahaan tidak suka dengan tingkah laku Anda yang membawa semua hal lewat public. Meskipun tidak ada peraturan di dalam kontrak, tetapi pasti ada orang yang tidak suka dengan youtuber yang suda terkenal.

3. Tidak Bisa Diterima Semua Orang

Apabila Anda tipe orang yang mudah tersinggung atau sakit hati, maka menjadi youtuber merupakan karir yang sulit bagi Anda. Bisa jadi orang tua atau mertua Anda tidak setuju dengan pekerjaan yang hanya dilakukan di depan komputer saja. Mereka tidak mengerti tentang pekerjaan Anda atau bahkan tidak bisa menerima apa yang sudah Anda lakukan.

4. Bingung Ketika Menjelaskan

Ketika Anda bekerja menjadi guru, polisi, tni atau kerja di Bank, pasti tidak ada orang yang merasa bingung karena pekerjaan tersebut sudah, karena banyak orang yang melakukannya. Tetapi jika Anda mempunyai pekerjaan menjadi content creator atau youtuber, pasti banyak yang penasaran dengan pekerjaan Anda tersebut. Jadi buat Anda yang sudah menjadi youtuber, maka harus bersiap-siap menjelaskan kepada mereka terutama yang belum paham.

5. Tidak Bisa Sukses Semalam

Tidak ada jaminan bagi Anda sukses dengan menjadi youtuber. Ada orang yang harus membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan gaji, ada yang hanya beberapa bulan saja, bahkan ada juga yang gagal total menjadi youtuber. Jadi jangan sampai Anda hanya menggantungkan pekerjaan dengan menjadi youtuber saja, tetapi juga pikirkanlah bisnis yang lain.

6. Penuh Dengan Kritik

Jika Anda sudah terjun ke dunia content creator, maka harus siap untuk menghadapi berbagai macam kritikan dari orang lain. Bahkan orang yang tidak peduli pun akan terpengaruh, terutama jika Anda sudah menjadi youtuber terkenal. Biasanya orang akan merasa curiga jika Anda bisa membeli barang mewah, karena mereka hanya tahu bahwa Anda menjadi pengangguran saja di rumah dan tidak tahu pekerjaan yang sebenarnya. Apabila Anda tidak kuat dikritik, maka cobalah untuk mencari jalan lain untuk mencari uang.

7. Kehilangan Privasi

Mungkin Anda sekarang berfikir bahwa dengan membagikan sebagian besar dari diri Anda merupakan hal yang biasa. Namun seiring berjalannya waktu, pasti Anda tidak akan nyaman dengan kalakuan orang yang sering menanyakan tentang kehidupan pribadi Anda, kehidupan percintaan, bahkan sampai kehidupan keluarga.

8. Dikira Pengangguran

Bekerja dari rumah memang suatu hal yang lumrah dilakukan seorang youtuber, karena memang pekerjaan mereka yaitu membuat content di rumah, edit video di rumah, dan sampai tidak ada waktu untuk keluar rumah. Dengan demikian, orang lain akan mengira bahwa Anda hanyalah pengangguran yang kerjaannya cuma tidur. Jika Anda menemui orang yang seperti itu, maka segeralah jelaskan apa sih pekerjaan Anda yang sebenarnya dan apa saja yang Anda lakukan setiap hari di rumah.
 
Itulah resiko yang pasti akan dialami oleh seorang youtuber. Jadi Anda jangan mengganggap bahwa bekerja menjadi youtuber itu enak. Mereka yang sudah sukses dan mendapatkan uang banyak dari youtube, pasti sudah bisa melewati berbagai macam rintangan.