Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

9 Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Pelajar Untuk Menambah Uang Jajan

Saat menjadi pelajar pasti belum terlalu memikirkan tentang uang, namun sudah pasti merasa malu jika ingin meminta uang kepada orang tua terlebih jika sudah menempuh bangku SMA. Banyak pelajar yang meluangkan waktu untuk mencari uang tanpa mengganggu belajarnya di sekolah. Sudah bisa mencari uang sejak dini menjadi suatu kebanggan tersendiri karena belum tentu semua pelajar bisa mendapatkan uang dari hasil keringatnya sendiri. 
 
Apabila mendapatkan hasil dari pekerjaannya tersebut bisa untuk nambah-nambah uang jajan atau juga bisa ditabung untuk masa depan. Namun pekerjaan apa yang sekiranya tetap bisa dijalankan oleh pelajar tanpa mengganggu waktu belajarnya? Berikut ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk dilakukan pelajar dan pastinya akan menghasilkan banyak uang jika dilakukan dengan konsisten.

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Pelajar

9 Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Pelajar Untuk Menambah Uang Jajan

1. Dropshipper

Bisnis yang satu ini sudah tidak diragukan lagi prospek kedepannya, pastinya akan sangat menjanjikan. Dalam menjalankan bisnis dropship, Anda tidak perlu lagi melakukan stok produk dan yang harus Anda lakukan yaitu hanya memposting atau mempromosikan produk milik orang lain. Apabila nantinya ada pembeli maka Anda bisa mengambilkan produknya kepada supplier yang sudah Anda pilih. Bisnis ini sangat cocok untuk pelajar, karena bisa dijalankan kapan saja dan dimana saja.

2. Driver Online

Modal utama dalam menjalankan pekerjaan menjadi driver online yaitu mempunyai kendaraan, baik itu mobil atau motor. Nah biasanya para pelajar banyak yang membawa motor ketika pergi ke sekolah. Apabila Anda sering membawa motor, maka tidak ada salahnya mendaftar sebagai driver online. 
 
Walaupun pekerjaan ini mayoritas dilakukan oleh orang dewasa, tetapi tidak masalah jika Anda sebagai pelajar ingin merasakan menjadi driver online. Anda bisa memilih Grab atau Gojek sebagai mitra usaha kedepannya. Pastikan Anda harus sudah mempunyai SIM ketika memutuskan untuk menjadi driver online.

3. Blogger

Apabila Anda mempunyai banyak waktu maka buatlah sebuah blog, karena jaman sekarang media blog bisa dijadikan sebagai ladang untuk menghasilkan uang. Syaratnya yaitu Anda harus memposting artikel setiap hari dan usahakan hasil dari tulisan sendiri. Jika blog Anda sudah dikaitkan dengan adsense, maka blog Anda sudah bisa mulai untuk menghasilkan uang. Buatlah blog sesuai dengan hobi Anda, contohnya Anda hobi dalam olahraga, maka buatlah artikel tentang tutorial olahraga seperti futsal, volli, basket, renang dan lainnya.

4. Jualan Makanan

Jika Anda mempunyai hobi memasak, maka manfaatkan hobi Anda tersebut untuk menghasilkan uang. Anda bisa membuat donat, roti atau bahkan makanan ringan lainnya dan bisa dibawa ke sekolah, lalu dijual ke teman-teman. Jika Anda membawanya sangat banyak, maka bisa dititipkan ke kantin dan nantinya di akhir bisa bagi hasil.

5. Fotografer

Jaman sekarang siapa sih yang tidak membutuhkan fotografer? Pasti hampir semua orang terutama mereka yang mempunyai acara besar pasti akan menghadirkan fotografer untuk mengambil gambar di acaranya tersebut. Nah jika Anda mempunyai kamera DSLR dan ahli dalam mengambil gambar, maka bisa menjadi forografer.

6. Kerja di Café

Saat malam hari daripada Anda nongkrong tidak jelas, maka bisa memanfaatkan waktu Anda untuk bekerja di café. Pekerjaan ini tidak akan mengganggu Anda karena hanya dilakukan pada malam hari saja. Gaji bekerja di café sangat lumayan terlebih jika malam minggu pasti banyak anak muda yang menghabiskan waktunya untuk bermain di café.

7. Pegawai Toko

Sepulang sekolah pasti masih ada banyak waktu luang, dan itu bisa Anda manfaatkan untuk bekerja menjadi pegawai toko. Anda bisa menjaga toko baju, toko perhiasan, toko pakaian dan masih banyak lagi toko lainnya. Gaji yang didapatkan sekitar 500 sampai 1 juta, dan itu sudah sangat lumayan untuk menambah uang jajan setiap harinya.

8. Penjaga Warnet

Menjadi penjaga warnet memang pekerjaan yang mudah untuk dijalani dan itu sangat direkomendasikan bagi para pelajar. Jika Anda mempunyai waktu luang, contohnya hari sabtu atau minggu maka bisa menjaga warnet. Selain mendapatkan gaji, Anda juga bisa menikmati layanan wifi gratis dari pemilik warnet.

9. Jualan Pulsa

Jualan pulsa menjadi salah satu bisnis yang sangat mudah dikelola dan dikembangkan terutama untuk pelajar. Anda bisa mempromosikannya kepada teman sekelas atau bahkan sampai ke guru-guru. Biasanya bisnis pulsa akan cepat sekali menyebar dari mulut ke mulut. Walaupun keuntungan yang didapatkan sedikit, namun jika banyak yang membeli terlebih jika satu sekolahan membeli pulsa di tempat Anda pasti akan menghasilkan uang yang lumayan. 
 
Mencari uang tidak harus setelah lulus sekolah. Anda bisa mencari uang kapan saja bahkan saat menjadi pelajar pun bisa mencari uang tambahan dan ada juga yang sudah bisa membeli smartphone, motor atau barang lainnya dari hasil kerja kerasnya sendiri. Intinya manfaatkan waktu sebaik mungkin, dan jangan sampai menyia-nyiakan waktu begitu saja, karena waktu yang sudah berlalu tidak bisa diputar kembali.