Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Manfaat Luar Biasa Mengikuti Magang Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Magang sendiri merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir. Magang juga menjadi persyaratan kelulusan yang sudah ditetapkan di beberapa kampus. Jika kampus Anda menerapkan persyaratan tersebut, maka Anda harus bisa mencari tempat magang dengan baik dan usahakan selalu mencari informasi baik itu lewat offline maupun online. 
 
Dalam kegiatan magang, mahasiswa akan merasakan terjun langsung di dunia kerja bahkan bisa berbaur dengan perawai di perusahaan tempat magang tersebut. Keseruan saat mengikuti magang bisa dijadikan sebagai pengalaman yang tidak bisa dilupakan. Namun, masih ada mahasiswa yang ingin cepat-cepat selesai magang dengan berbagai macam alasan. 
 
Hal tersebut hanya akan membuat mereka rugi karena tidak akan bisa mendapatkan informasi dan menikmati masa-masa magang. Bagi Anda yang sudah semester akhir dan ingin mengikuti magang tetapi masih takut, maka berikut ini saya akan membagikan beberapa manfaat yang akan dirasakan ketika mengikuti program magang.

Manfaat Magang Bagi Mahasiswa Akhir

6 Manfaat Luar Biasa Mengikuti Magang Bagi Mahasiswa Tingat Akhir

1. Pengalaman Kerja

Manfaat pertama yang akan diperoleh mahasiswa ketika mengikuti magang yaitu mereka akan mendapatkan pengalaman kerja. Mengapa harus mempunyai pengalaman kerja? Karena hampir semua perusahaan akan menerima karyawan yang sudah berpengalaman dalam dunia kerja, dan minimal pernah mengikuti program magang. 
 
Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa mamanfaatkan magang sebagai modal nantinya ketika terjun di dunia kerja yang sebenarnya. Anda akan mendapatkan banyak pengalaman dan tentunya ilmu yang berharga, contohnya cara menghubungi atasan dengan baik, cara berkomunikasi dengan baik, etika kerja dalam tim dan masih banyak lagi.

2. Mempraktekkan Ilmu Dari Bangku Perkuliahan

Hanya belajar di kelas saja rasanya tidak maksimal, karena ilmu yang sudah didapatkan di kelas pasti akan langsung lupa ketika sudah sampai kos. Nah saat Anda mengikuti magang, maka semua yang sudah diajarkan oleh dosen di kampus bisa Anda praktekkan langsung di perusahaan. Jika Anda mengalami kesulitan, pasti dari pihak perusahaan akan senantiasa membantu.

3. Belajar Bersosialisasi

Bersosialisasi merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan dimana saja, salah satunya yaitu saat mengikuti program magang. Berteman dengan teman kampus dan rekan kerja memang sangat berbeda jauh, karena Anda harus menerapkan etika yang baik saat berbicara denga rekan kerja. Contohnya Anda harus bisa membedakan antara bergaul saat waktu istirahat dan ketika sedang mengurus pekerjaan.

4. Memperluas Jaringan

Membangun jaringan atau networking bisa dilakukan dengan siapa saja, karena jika Anda mempunyai banyak teman maka akan lebih mudah dalam mendapatkan berbagai macam informasi. Bangun hubungan yang baik dengan rekan kerja, dan Anda bisa berbagi cerita dengannya. Dengan begitu, ilmu baru akan lebih mudah Anda dapatkan.

5. Berkesempatan Untuk Mendapatkan Pekerjaan

Ketika mengikuti program magang, maka kesempatan untuk Anda mendapatkan pekerjaan akan lebih besar. Magang biasanya dilakukan beberapa bulan saja, dan manfaatkan waktu tersebut untuk bekerja dengan baik dan tentunya jujur dalam segala hal. Apabila kinerja Anda saat magang sudah baik, pasti nanti setelah lulus HRD akan langsung memanggil Anda untuk bekerja menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Setelah diterima magang di perusahaan, pasti Anda akan ditempatkan di berbagai macam posisi tergantung dengan jurusan yang Anda ambil di perkuliahan. Dari posisi tersebutlah Anda akan belajar banyak hal yang bisa meningkatkan kepercayaan diri. Contohnya Anda magang di posisi costumer service, maka mau tidak mau harus mempunyai rasa percaya diri untuk melayani pelanggan dengan baik. 
 
Itulah manfaat yang akan Anda rasakan ketika mengikuti program magang dari kampus. Sebelum terjun langsung ke dunia kerja, sebaiknya Anda mengikuti magang terlebih dahulu untuk menambah pengalaman. Ikutilah magang semaksimal mungkin agar nantinya Anda bisa menjadi mahasiswa yang professional dalam menyelesaikan pekerjaan.