Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Langkah Yang Harus Dilakukan Untuk Mencapai Kebebasan Finansial

Siapa sih yang tidak mau mempunyai kebebasan finansial di masa depan? Pasti semua orang akan menginginkan kebebasan finansial karena dengan kebebasan finansial tersebut sudah tidak lagi memikirkan beban hidup dan hanya tinggal menikmatinya saja. Kebebasan finansial bisa dimiliki oleh siapa saja asalkan mau berusaha dan berjuang di masa muda. 
 
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial, contohnya menabung, investasi, trading bahkan memulai sebuah bisnis. Seseorang akan merasa hidupnya nyaman apabila di masa tua sudah tidak lagi mempunyai beban seperti hutang, bahkan mereka memiliki uang yang lebih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mencapai Kebebasan Finansial

7 Langkah Yang Harus Dilakukan Untuk Mencapai Kebebasan Finansial

Untuk mencapai kebebasan finansial tidak bisa dilakukan dengan mudah, dan itu harus dilakukan dengan susah payah agar kedepannya bisa mempunyai kehidupan yang layak. Bagi Anda yang sekarang masih muda dan ingin mempunyai kehidupan bebas finansial di masa depan, maka ikutilah beberapa langkah berikut ini dengan sebaik mungkin.

1. Hentikan Pengeluaran Yang Tidak Diperlukan

Cukup banyak orang yang menghabiskan uangnya untuk hal yang tidak diperlukan, salah satunya yaitu remaja. Remaja jaman sekarang sangat tidak berpengalaman dalam mengelola uang, bahkan mereka sering memakainya untuk hal yang tidak penting, contohnya untuk hura-hura, nongkrong tidak jelas dan untuk pacaran. 
 
Jika Anda masih menggunakan uang untuk hal yang tidak perlu, maka sampai kapanpun tidak akan pernah mempunyai tabungan, bahkan jauh dari kehidupan bebas finansial. Ketika Anda ingin membeli sesuatu, maka pertimbangkan terlebih dahulu apakah barang tersebut nantinya akan berguna atau tidak.

2. Membuat Anggaran Bulanan

Apabila Anda sudah bekerja, maka membuat anggaran tiap bulan menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan, karena jika anggaran sudah tersusun dengan rapi maka semua bisa terkendali dengan baik. Sesudah mendapatkan gaji, jangan gunakan uang tersebut sepenuhnya untuk bersenang-senang, tetapi harus disisakan yang nantinya akan digunakan untuk tabungan masa depan. Jika Anda anak rantau, maka pisahkan dana untuk membayar kos, membeli kebutuhan sehari-hari dan untuk ditabung.

3. Mulai Meningkatkan Jumlah Tabungan

Meningkatkan jumlah tabungan akan membuat Anda semakin dekat dengan kebebasan finansial. Bagaimana tidak, jika jumlah tabungan Anda sudah banyak maka apapun kebutuhannya bisa segera Anda penuhi. Anda bisa menambahkan jumlah tabungan sedikit demi sedikit, dari yang awalnya satu bulan 1 juta, sekarang ditambah menjadi 1 juta 300 ribu. Dengan begitu Anda akan semakin tenang dalam menjalani kehidupan.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Agar Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lebih, maka bisa mencari kerja sampingan yang sekiranya bisa untuk menambah tabungan Anda untuk masa depan. Carilah pekerjaan part time yang bisa Anda kerjakan kapanpun dan dimanapun Anda berada. Sesuaikan pekerjaan tersebut dengan hobi agar saat menjalankannya tidak terlalu keberatan. Semakin besar penghasilan tambahan Anda, maka akan semakin cepat Anda menempuh kebebasan finansial.

5. Tulis Semua Impian Yang Ingin Dicapai

Agar Anda lebih termotivasi dalam mencapai kebebasan finansial, maka mulai sekarang harus menulis semua impian di masa depan. Contohnya Anda mempunyai impian untuk pergi ke luar negeri, membeli mobil atau bahkan membeli rumah. Semua itu bisa tercapai asalkan Anda selalu bersemangat dalam  meraihnya. Selain itu, tetapkan waktu berapa lama impian tersebut akan Anda capai, agar kedepannya bisa lebih bersemangat dan teratur dalam menggunakan uang.

6. Berinvestasi

Investasi merupakan cara paling ampuh untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan, karena dengan berinvestasi maka nilai kekayaan akan tetap dan tidak akan pernah terkena inflasi. Investasi bagi anak muda tidak perlu dengan modal yang besar, cukup menabung emas atau bahkan membeli properti lainnya. Jika Anda sudah bekerja dan berpenghasilan, maka bisa melakukan investasi saham karena potensi saham akan sangat besar di masa depan.

7. Bayar Semua Hutang Yang Masih Dimiliki

Jika Anda sebelumnya masih mempunyai hutang, maka segeralah dibayar karena hutang menjadi penghambat terbesar untuk mencapai kebebasan finansial. Dahulukan terlebih dahulu dalam membayar hutang daripada membeli barang yang Anda impikan. Apabila semua hutang sudah lunas, maka Anda bisa berjuang untuk mendapatkan yang lainnya. 
 
Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kebebasan finansial. Semakin cepat Anda mengerti tentang keuangan dan cerdik dalam mengatur pengeluaran, maka akan semakin cepat untuk mencapai kebebasan finansial. Jangan remehkan uang kecil, karena dengan uang kecil tersebut bisa membuat kehidupan Anda berubah di masa depan.