Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Langkah Membangun Sebuah Bisnis Sejak Menjadi Mahasiswa

Memulai bisnis di usia muda terutama saat menjadi mahasiswa menjadi salah satu hal yang tidak mudah untuk dilakukan, karena di tengah sibuknya kuliah tetap harus berusaha fokus pada bisnis. Namun Anda sebagai mahasiswa tidak ada salahnya sudah memulai berbisnis sejak duduk di bangku perkuliahan. 
 
Berbisnis saat menjadi mahasiswa memang sangat menyenangkan karena jika mengalami kerugian, Anda tidak akan pernah bingung sepenuhnya karena belum terlalu memikirkan beban hidup. Kebanyakan pengusaha sukses, pasti memulai bisnisnya sejak kuliah bahkan mereka sangat senang dalam menjalaninya. Selain mendapatkan uang saku, berbisnis sejak kuliah bisa menambah pengalaman sekaligus bisa membuat Anda menjadi anak muda yang berfikir kedepan. 
 
Manfaatkan masa muda untuk berbisnis agar saat tua nanti tidak menyesal. Untuk membangun bisnis sejak kuliah memang membutuhkan kemampuan yang lebih dibandingkan dengan teman yang lain. Berikut ini saya akan memberikan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan apabila ingin membangun sebuah bisnis sejak menjadi mahasiswa.

Langkah Membangun Bisnis Saat Kuliah

8 Langkah Membangun Sebuah Bisnis Sejak Menjadi Mahasiswa

1. Lakukan Yang Anda Sukai

Melakukan kegiatan atau aktivitas yang disukai pasti saat menjalankannya akan terasa enjoy dan tidak menjadi beban. Anda bisa memulai bisnis dari hobi, contohnya Anda hobi dalam menulis maka Anda bisa menjadi seorang blogger dengan cara membuat sebuah website. Jika Anda sudah senang dengan pekerjaan tersebut, maka ketika tugas kuliah numpuk pun akan tetap menjalani pekerjaan dengan baik, bahkan rela begadang sampai malam hanya untuk mengembangkan bisnisnya tersebut.

2. Punya Ide Bisnis Keren

Jaman sekarang Anda harus bisa menciptakan ide-ide keren jika ingin memulai bisnis, karena yang pasti target utama Anda yaitu sebagian besar anak muda. Semakin keren bisnis Anda, maka potensi akan berkembang semakin besar. Sebenarnya dalam menjalankan bisnis, tidak perlu ide yang baru tetapi Anda cukup meniru ide bisnis orang lain dan memodifikasinya dengan gaya Anda sendiri sebagai pembeda dengan bisnis lain.

3. Persiapkan Keuangan Dengan Baik

Sebagai mahasiswa dan tentunya anak rantau, membuat Anda harus selalu cerdik dalam mengatur keuangan terlebih jika ingin memulai sebuah bisnis. Sebelum memulai bisnis, Anda harus mengatur keuangan dengan baik mulai dari uang untuk membayar kos, membeli barang kebutuhan hingga yang akan digunakan untuk membangun bisnis. 
 
Jangan sampai Anda membangun bisnis dengan uang hasil berhutang karena itu akan menyusahkan Anda ketika bisnis tidak berjalan. Usahakan menggunakan uang tabungan sendiri walaupun masih belum terlalu banyak.

4. Temukan Mentor

Mentor atau pelatih menjadi hal yang paling penting ketika ingin membangun bisnis, terlebih jika Anda masih awam di dunia bisnis. Anda bisa mencari mentor yang sekiranya bisa membimbing Anda ketika mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis. 
 
Mentor tidak harus orang yang lebih tua, Anda bisa menjadikan teman yang sudah berpengalaman dalam berbisnis sebagai mentor. Selalu terapkan semua ilmu yang dibagikan oleh mentor agar bisnis Anda bisa berjalan dengan baik.

5. Team Work

Mempunyai team yang kompak, solid dan mau diajak kerjasama menjadi hal terpenting bagi Anda sebagai pengusaha muda. Semakin banyak team maka akan semakin memudahkan Anda kedepannya dalam menjalankan bisnis. Pastinya sebagai seorang mahasiswa mempunyai banyak sekali aktivitas baik itu mengerjakan tugas atau aktivitas lainnya yang ada di kampus. Dengan adanya team, maka Anda bisa melanjutkan kuliahnya dengan baik tanpa terhalang oleh bisnis karena sudah ada team yang bisa membantu.

6. Manfaatkan Teknologi

Semakin berkembangnya jaman pasti teknologi akan semakin canggih dan Anda bisa memanfaatkan itu semua untuk menjalankan bisnis. Hampir semua orang berbisnis melalui internet bahkan mereka bekerja minimal bisa mendapatkan hasil maksimal. Selain itu Anda juga bisa melakukan reset keywoard melalui google mengenai produk apa saja yang masih banyak dicari oleh orang lain.

7. Manfaatkan Waktu Luang Dengan Baik

Kebanyakan mahasiswa pada umumnya menggunakan waktu luangnya hanya untuk nongkrong atau bahkan untuk bermain game. Bagi Anda yang sudah berniat untuk menjadi pengusaha muda sejak kuliah, harus rela menggunakan waktu luangnya untuk membangun bisnis serta untuk mengupdate pengetahuan. Jangan sampai waktu luang Anda terbuang sia-sia, karena waktu 5 menit saja bisa berdampak luar biasa bagi perkembangan sebuah bisnis.

8. Atur Waktu Untuk Belajar

Kewajiban utama seorang mahasiswa yaitu belajar. Jangan sampai bisnis Anda membuat kuliah menjadi kacau. Tetaplah utamakan kuliah karena tujuan utama Anda yaitu untuk kuliah dan bisnis hanya untuk sampingan saja. Agar kuliah dan bisnis bisa tetap berjalan dengan baik, maka Anda harus bisa mengatur waktu semaksimal mungkin. Contohnya sediakan waktu sekitar 2 jam untuk mempelajari materi perkuliahan baik itu di siang hari atau di malam hari.
 
Menjadi mahasiswa yang sudah mempunyai bisnis sejak kuliah memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri, karena tidak semua mahasiswa mampu menjalankan bisnis. Berkarya tidak harus setelah lulus kuliah, dan lebih baik manfaatkan waktu kuliah Anda untuk berbisnis daripada untuk bermain yang tidak jelas. Semoga artikel di atas bisa memotivasi Anda sebagai mahasiswa untuk selalu berkarya dan untuk melatih menjadi seorang pengusaha setelah lulus kuliah.