Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Kesalahan Terbesar Yang Tidak Disadari Seorang Fresh Graduate

Telah berhasil menyelesaikan kuliah selama kurang lebih 4 tahun menjadi salah satu kebanggaan tersendiri khususnya buat para fresh graduate. Sebelum dinyatakan lulus, mahasiswa semester akhir akan menjalankan sebuah wisuda dimana tali kuning akan digeser ke kanan dan itu berarti mereka sudah lepas dari tanggungjawab kampus. 
 
Tidak hanya itu, mahasiswa yang sudah selesai wisuda pun akan menjalani hidup baru dan meraih semua impiannya. Namun, ada beberapa fresh graduate yang hanya menghabiskan waktu setelah lulus untuk bersenang-senang saja, bahkan hampir satu tahun tidak melakukan aktivitas yang bermanfaat. Saking senangnya mereka lulus kuliah, ada yang sampai merayakan kelulusannya dengan berpesta dengan teman satu angkatan. 
 
Namun dibalik itu semua, kelulusan merupakan awal dari perjuangan menuju kesuksesan dan banyak dari mereka yang tidak menyadarinya. Pada kenyataannya, ada banyak mahasiswa yang melakukan kesalahan setelah menyandang gelar sarjana dan justru mereka tidak menyadarinya. Oleh sebab itu, Anda harus tahu kesalahan apa saja yang biasanya dilakukan oleh para fresh graduate.

Kesalahan Terbesar Seorang Fresh Graduate

5 Kesalahan Terbesar Yang Tidak Disadari Seorang Fresh Graduate

1. Belum Membuat Plan Karir

Kesalahan ini mungkin menjadi hal yang sudah biasa di kalangan fresh graduate. Banyak fresh graduate yang belum mempunyai plan karir atau tujuan hidupnya di masa depan dan akhirnya setelah lulus mereka menganggur sampai berbulan-bulan. 
 
Tidak hanya itu, mereka pun juga belum mencari informasi tentang lowongan pekerjaan, bahkan hari-harinya digunakan hanya untuk bersenang-senang saja. Hal tersebut akan membuang-buang waktu saja dan tidak ada manfaatnya. Nah, bagi Anda yang baru saja lulus kuliah, maka segeralah untuk mencari informasi dunia kerja agar kedepannya karir Anda semakin jelas.

2. Berekspektasi Terlalu Tinggi Terhadap Perusahaan

Mempunyai impian bekerja di perusahaan besar memang sudah menjadi tujuan mahasiswa setelah lulus nanti. Namun, masih ada mahasiswa yang berekspektasi ingin bekerja di perusahaan besar, tetapi kemampuan dirinya belum memenuhi persyaratan. 
 
Anda harus mengukur kemampuan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Apabila kemampuan Anda di bawah rata-rata, maka lamarlah ke perusahaan nasional saja dan jangan sekali-kali mendaftar ke perusahaan Internasional karena itu hanya akan membuang-buang waktu saja.

3. Hanya Mengandalkan IPK dan CV

Dalam melamar pekerjaan pasti yang menjadi syarat utama yaitu IPK dan CV. Namun, tidak hanya itu saja, Anda juga harus mempersiapkan berbagai macam skill lainnya untuk dapat bersaing di dunia kerja. Contohnya skill berorganisasi, skill komputer, skill public speaking, skill kepemimpinan dan masih banyak lagi. 
 
Namun, kebanyakan fresh graduate, sudah sangat percaya diri dengan IPK dan CV nya saja, mereka tidak memperhatikan kemampuan yang lain. Selain itu, banyak fresh graduate yang tidak mempunyai portofolio.

4. Membanding-bandingkan Diri Dengan Orang Lain

Kesalahan selanjutnya yang paling fatal yaitu selalu membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Contohnya teman kuliah Anda sudah menikmati hasil jerih payahnya sendiri, ada yang keliling dunia dan ada juga yang sudah bisa membeli sebuah mobil sendiri. Dan akhirnya Anda hanya menyalahkan keadaan dan mengalami gejala overthinking. Hal tersebut hanya akan membuang-buang waktu saja. 
 
Anda tidak akan pernah mengetahui perjuangan teman-teman Anda sewaku kuliah. Coba sekarang renungkan, di saat teman Anda susah payah membangun bisnisnya, Anda justru asik bermain game atau bahkan hanya rebahan saja. Untuk itu, stop membanding-bandingkan diri dengan orang lain, karena semua orang punya waktu yang berbeda-beda untuk meraih suksesnya.

5. Tidak Mempunyai Pekerjaan Sampingan

Setelah dinyatakan lulus kuliah, pasti tanggungjawab orang tua Anda sudah selesai dan tinggal bagaimana cara Anda membahagiakan mereka. Namun, kesalahan mahasiswa ketika lulus yaitu belum siap dalam masalah keuangan karena mereka semasa kuliah tidak pernah melakukan kerja part time. 
 
Banyak fresh graduate yang bingung karena tidak mempunyai uang, bahkan dari pihak perusahaan pun belum juga memanggil untuk tes interview. Semakin lama pasti akan semakin stres meratapi kehidupan dan bagi Anda yang masih kuliah, sebaiknya mencari pekerjaan part time agar nantinya bisa menjadi kegiatan setelah lulus sebelum bekerja di perusahaan.
 
Lulus kuliah memang tidak semudah yang dibayangkan, dan justru akan menghadapi berbagai macam rintangan dalam meraih masa depan. Untuk itu, jadilah mahasiswa yang berwawasan tinggi agar nantinya bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat. Selain itu, untuk Anda yang baru saja memasuki dunia perkuliahan, maka persiapkan diri Anda sebaik mungkin agar nantinya tidak banyak melakukan kesalahan saat kuliah.