Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Ide Bisnis Saat Bulan Ramadhan Yang Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan

Sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan segera tiba, dan semua umat muslim akan sangat senang ketika menjalani puasa di bulan Ramadhan. Pada saat bulan Ramadhan, pasti sistem belanja orang muslim akan semakin meningkat dari bulan-bulan sebelumnya. 
 
Nah, selain itu bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan ada banyak sekali manfaat jika Anda melaksanakan Ibadan puasa dalam satu bulan penuh, dan di bulan ini juga membuka banyak sekali ladang rezeki. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membangun sebuah bisnis atau bahkan mengembangkan bisnis Anda di bulan Ramadhan. 
 
Selain menyediakan keperluan untuk orang muslim, Anda juga bisa mendapatkan rezeki dari bisnis tersebut. Ada banyak sekali bisnis yang bisa Anda lakukan saat bulan Ramadhan, karena bisnis ini termasuk bisnis musiman dan hanya akan booming saat bulan Ramadhan dan menjelang hari raya idul fitri saja. Berikut ini ada beberapa ide bisnis yang akan mendatangkan banyak keuntungan ketika dijalankan di bulan Ramadhan.

Ide Bisnis Paling Laris di Bulan Ramadhan

7 Ide Bisnis Saat Bulan Ramadhan Yang Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan

1. Jualan Takjil atau Hidangan Berbuka Puasa

Tentunya bisnis yang satu ini sudah menjadi tradisi semua orang saat bulan puasa. Dimanapun tempatnya, jika Anda menjual takjil untuk berbuka puasa pasti akan diserbu banyak orang terlebih jika Anda berjualan di tempat yang penuh dengan keramaian. Hal tersebut bisa menjadi peluang yang cukup bagus bagi Anda, karena menu takjil sudah menjadi kebutuhan semua orang muslim ketika menjelang berbuka puasa. 
 
Tidak perlu mempunyai kios yang besar, Anda cukup berjualan di depan rumah atau di pinggir jalan saja sudah banyak yang membeli. Hanya dengan modal 500 ribu, Anda sudah bisa menjual berbagai macam takjil dan jika itu semua bisa laris maka keuntungan akan Anda dapatkan.

2. Jualan Kue Kering Hidangan Hari Raya

Masyarakat muslim tentunya akan mempersiapkan hidangan untuk hari raya idul fitri, dan mereka pastinya akan mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba. Menyediakan hidangan sudah merupakan tradisi umat muslim ketika lebaran, maka dari itu tidak heran jika permintaan atau pesanan konsumen akan jajanan sangat besar di pasaran. Dengan peluang tersebut Anda bisa membangun bisnis menjual kue kering untuk hari raya.

3. Berjualan Perlengkapan Ibadah

Semua umat muslim di dunia ini pasti akan melaksanakan kegiatan beribadah dengan giat ketika sudah memasuki bulan Ramadhan. Hal tersebut juga meningkatkan minat mereka untuk membeli perlengkapan ibadah, baik itu untuk keperluan pribadi maupun disumbangkan kepada pihak yang memerlukan. Perlengkapan ibadah seperti sarung, peci dan mukena pasti akan sangat laris ketika bulan Ramadhan dan ini akan sangat menguntungkan bagi Anda yang menjalankan bisnis tersebut.

4. Usaha Catering

Ide bisnis yang selanjutnya yaitu dengan membuka usaha catering makanan di bulan Ramadhan bagi mereka yang tidak sempat untuk memasak sendiri. Sehingga tidak jarang banyak orang yang lebih memilih untuk memesan atau order dari catering untuk menyediakan makanan berbuka puasan dan sahur. Dengan demikian Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis tersebut dengan cara menjual makanan yang sudah siap saji dan siap untuk diantar kepada konsumen.

5. Jualan Kembang Api

Ide bisnis ini juga termasuk musiman dan akan laris jika dijual saat bulan Ramadhan saja. Di bulan Ramadhan, justru semua orang akan menyalakan kembang api, bahkan ketika malam idul fitri mereka akan menyambutnya dengan kembang api yang sangat meriah. 
 
Meskipun kadang biasa disebut sebagai dagangan kecil, namun modal yang dibutuhkan untuk menjual kembang api sangat besar. Tetapi, jika laku keras maka keuntungan yang didapatkan akan sangat banyak.

6. Rental Mobil

Sudah pasti saat menjelang hari raya idul fitri, semua umat muslim akan melakukan mudik lebaran dan tentunya akan berkumpul dengan kaluarga yang ada di kampung. Karena itu mereka orang perantauan pasti membutuhkan mobil untuk melakukan mudik lebaran. 
 
Peluang tersebut bisa dimanfaatkan pengusaha rental mobil karena pasti akan mendapatkan keuntungan yang banyak terutama bagi mereka yang rental mobil sampai beberapa minggu. Anda bisa mematok harga mulai dari 1 juta dan itu tergantung mobil yang dipakai dan lamanya mereka melakukan rental mobil.

7. Bisnis Busana Muslim

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci, yang maka semua pria dan wanita akan mencoba untuk memaksimalkan kegiatan beribadah pada bulan ini. Mereka pasti akan membutuhkan busana muslim agar lebih terlihat menarik dan Anda bisa membuka usaha busana muslim tersebut saat bulan Ramadhan. 
 
Tidak hanya di bulan Ramadhan saja, tetapi bisnis busana muslim bisa Anda lakukan dalam jangka panjang. Apabila Anda terkendala modal, maka bisa menjalankan bisnis ini sebagai seorang dropshipper atau reseller.
 
Dari bisnis di atas, pastinya Anda akan mendapatkan peluang besar untuk mendapatkan keuntungan di bulan Ramadhan ini. Jika Anda teliti maka ada banyak sekali ide bisnis yang bisa Anda jalankan di bulan Ramadhan dan pastinya akan sangat menjanjikan. Semoga dengan ide bisnis yang sudah saya bagikan di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda yang ingin menjalankan bisnis di bulan Ramadhan.