Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Hal Yang Menyebabkan Mahasiswa Salah Dalam Mengambil Jurusan Kuliah

Kebanyakan siswa setelah lulus SMA mereka melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dan pastinya akan diberikan pilihan apakah ingin memilih PTN atau PTS. Perasaan bimbang pasti akan selalu ada dalam diri seorang siswa yang sudah lulus SMA, terutama dalam mengambil jurusan kuliah. Mengambil jurusan kuliah bisa dibilang susah-susah gampang, karena itu akan menentukan masa depan Anda nanti. 
 
Tidak sedikit mahasiswa yang salah dalam mengambil jurusan kuliah dan mereka akan merasakan dampaknya ketika sudah menempuh beberapa semester kedepan. Nah, sebenarnya apa sih yang menyebabkan mahasiswa salah jurusan? Agar Anda bisa lebih memahami, maka perhatikan beberapa penyebab mahasiswa dalam dalam mengambil jurusan kuliah berikut ini.

Penyebab Mahasiswa Salah Jurusan

6 Hal Yang Menyebabkan Mahasiswa Salah Dalam Mengambil Jurusan Kuliah

1. Tidak Punya Cita-cita Yang Jelas

Saat SD sampai SMP pasti ketika Anda ditanya mau jadi apa kebanyakan akan menjawab dengan tegas, contohnya ingin menjadi polisi, tentara, pilot atau bahkan dokter. Namun, ketika sudah memasuki SMA, maka cita-cita yang dulu waktu SD atau SMP seketika hilang begitu saja dan akhirnya ketika memasuki dunia perkuiahan, pasti akan ragu dalam mengambil jurusan. Biasanya mereka yang tidak punya cita-cita jelas, pasti ujung-ujungnya memilih jurusan yang tidak sesuai dengan kemampuan atau bahkan tidak mempunyai skill di jurusan tersebut.

2. Kuliah Karena Gengsi

Banyak mahasiswa yang kuliah karena mengikuti egonya saja. Mereka akan memilih jurusan yang sekiranya terpandang, salah satunya yaitu kedokteran di kampus ternama. Memang jika Anda bisa diterima di fakultas unggulan dan kampus ternama pasti akan disanjung oleh orang lain. 
 
Tetapi jika itu semua dilakukan hanya karena gengsi, maka tidak akan baik untuk masa depan. Mungkin awal-awal, Anda akan merasa biasa-biasa saja, tetapi jika sudah memasuki semester 4 atau 5 pasti akan merasa bosan kuliah bahkan masuk kelas saja malas.

3. Kuliah Karena Pilihan Orang Tua

Tidak jarang banyak sekali anak yang meneruskan kuliah dan memilih jurusan karena kehendak orang tua dan bukan keinginannya sendiri. Hal tersebutlah yang menyebabkan mahasiswa salah dalam mengambil jurusan. Contohnya Anda menginginkan jurusan Manajemen, tetapi orang tua tidak setuju dan mereka menyarankan untuk masuk jurusan Teknik Informatika. Dari hal tersebut sudah bisa dipastikan Anda salah jurusan dan pastinya tidak akan nyaman ketika mengikuti perkuliahan.

4. Kurang Pengetahuan Tentang Jurusan Yang Dimasuki

Jaman sekarang ternyata masih banyak siswa yang malas melakukan riset tentang jurusan yang nantinya akan diambil saat kuliah. Mereka hanya mendengar sekilas dari kakak kelas atau bahkan dari menonton video. Apabila Anda tidak mengetahui sepenuhnya tentang jurusan yang akan dimasuki, maka kedepannya akan kaget ketika mengikuti perkuliahan. 
 
Nah, lebih baik sebelum Anda memutuskan untuk memilih jurusan, maka terlebih dahulu riset tentang apa sih yang akan dipelajari saat mengambil jurusan tersebut, agar nantinya Anda bisa mengikutinya dengan baik.

5. Belum Menemukan Passion

Sebagian besar siswa SMA belum mengetahui passionnya di bidang apa, karena masa SMA belum terlalu belajar secara spesifik tentang skill yang dimiliki. Maka dari itu ketika diberikan pilihan tentang jurusan kuliah, pasti mereka akan memilih secara ngasal atau sembarangan dan tidak disesuaikan dengan passion. Hal tersebut yang menyebabkan mahasiswa salah dalam memilih jurusan kuliah.

6. Kuliah Hanya Ikut-ikutan

Kuliah hanya ikut-ikutan merupakan hal paling konyol yang dilakukan oleh sebagian mahasiswa. Mereka melanjutkan kuliah di kampus tertentu hanya karena mengikuti teman atau bahkan temannya banyak yang masuk di kampus tersebut. Contohnya teman Anda masuk kuliah di kampus kesehatan, karena mereka memang mempunyai passion di bidang kesehatan. 
 
Nah, Anda yang tidak mempunyai minat dan bakat di bidang kesehatan pun ikut-ikutan masuk kampus tersebut. Maka sudah bisa dipastikan dalam menjalankan kuliah pun Anda tidak akan semangat bahkan bisa dibilang terpaksa.
 
Salah jurusan memang membuat mahasiswa menjadi bermalas-malasan ketika menjalankan perkuliahan, bahkan waktu lulusnya pun akan sangat lama. Maka dari itu, mulai dari sekarang pilih kampus dan jurusan yang Anda sukai agar saat mengikuti pembelajaran di kelas bisa nyaman. Dan apabila terpaksanya Anda salah dalam memilih jurusan, maka tetap harus menjalankan kuliah dengan baik karena orang tua sudah susah payah membiayai kuliah Anda dan Anda harus bisa memanfaatkan kesempatan tersebut.