Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Hal Yang Harus Dipikirkan Sebelum Memutuskan Resign Kerja Untuk Bisnis

Banyak orang yang akhirnya lebih memilih untuk resign atau keluar dari pekerjannya demi menjadi full time entrepreneur. Mereka menganggap bahwa dengan menjadi pengusaha akan lebih nyaman dibandingkan dengan menjadi karyawan di perusahaan. Pebisnis sukses biasanya mereka akan mendapatkan kebebasan finansial, bekerja sesuai keinginan, bahkan bisa jalan-jalan ke tempat yang dia mau setiap hari. Itulah bayangan seorang karyawan jika sudah menjadi pengusaha sukses. 
 
Maka dari itu, siapa sih yang tidak tergiur dan mau menjadi pengusaha? Nah sebelum Anda memutuskan untuk resign dari pekerjaan, alangkah baiknya memikirkan berbagai macam hal terlebih dahulu, karena itu akan berpengaruh besar terhadap bisnis dan kehidupan finansial Anda kedepannya. Karena jika Anda menyepelekan maka akan berakibat fatal terutama di bagian finansial. Terlebih jika Anda memulai bisnis dari nol dan akan menanggung beban hidup keluarga. 
 
Dibalik enaknya menjadi pengusaha, pasti ada banyak rintangan yang harus dilewati dan hanya pengusaha sukses saja yang bisa melewati rintangan tersebut. Tidak semua orang kuat dalam menghadapi rintangan dalam berbisnis terutama Anda yang sebelumnya belum pernah terjun ke dunia bisnis. Jadi tidak usah memaksakan diri jika Anda tidak mempunyai passion dalam menjalankan bisnis. 
 
Tetapi, jika Anda sudah mantap dan niat untuk menjadi pengusaha, maka harus dipersiapkan semuanya mulai dari sekarang. Hal tersebut akan meminimalisir terjadinya kesulitan dalam berbisnis terutama dalam hal finansial. Maka dari itu, sebelum terjun ke dunia bisnis, terlebih dahulu Anda perhatikan beberapa hal yang harus Anda pikirkan sebelum resign dari perusahaan.

Persiapan Sebelum Terjun ke Dunia Bisnis

5 Hal Yang Harus Dipikirkan Sebelum Memutuskan Resign Kerja Untuk Bisnis

1. Persiapan Skill Berbisnis

Sebelum Anda memutuskan untuk resign dari pekerjaan dan menjadi entrepreneur, maka hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mempersiapkan skill dalam berbisnis. Dalam menjalankan bisnis tidaklah semudah yang dibayangkan, karena Anda tidak akan bisa menghadapi rintangan hanya dengan modal semangat saja. Berbisnis merupakan proses, jadi Anda harus benar-benar memahami hal yang mendasar dalam dunia bisnis. 
 
Sehingga ketika menemukan kesalahan, maka Anda tidak akan terlalu sulit dalam menyelesaikannya bahkan tidak mudah putus asa. Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan jika ingin terjun ke dunia bisnis, contohnya manajemen produk, accounting, leadership, marketing dan masih banyak lagi. Anda harus mengecek satu persatu skill mana yang belum Anda kuasai.

2. Pilih Jenis Bisnis Yang Akan Dijalankan

Jaman sekarang banyak sekali jenis bisnis yang bisa Anda lakukan dan Anda harus memilihnya salah satu karena tidak mungkin Anda menjalankan semuanya secara bersamaan. Ini merupakan hal mendasar yang harus sudah diketahui sebelum memutuskan untuk resign dari perusahaan, dan jangan sampai Anda tidak mengetahui bisnis yang akan dijalankan setelah resign. 
 
Jika hal tersebut terjadi, maka Anda hanya akan menganggur saja di rumah. Apabila Anda ingin memulai bisnis sesuai dengan passion, maka mulailah dari sekarang setelah pulang kerja. Ini menjadi persiapan yang cukup matang jika dilakukan jauh-jauh hari, dibandingkan Anda mengambil resiko terlalu tinggi untuk resign.

3. Perhatikan Network

Banyak sekali karyawan terutama fresh graduate yang lebih memilih untuk resign dari pekerjaannya setelah beberapa bulan bekerja, dengan alasan mereka tidak bekerja sesuai dengan passion. Maka dari itu, banyak mahasiswa yang tidak melanjutkan kuliahnya dan hanya untuk menjalankan bisnisnya. Bisnis bukan hanya soal passion, tetapi juga tentang skill, attitude, moral dan juga relasi atau network. Semakin banyak network, maka akan semakin mudah Anda dalam menjalankan bisnis. 
 
Dan itu semua bisa Anda dapatkan saat menjadi mahasiswa. Dalam perkuliahan pasti akan ada organisasi yang harus Anda ikuti, atau bahkan ada ikatan alumni dan disana Anda bisa berbagi pengalaman sekaligus bisa membangun bisnis bersama. Hal tersebut akan sangat bagus untuk proses pengembangan bisnis, daripada Anda hanya lulusan SMA saja. Maka dari itu, sebelum resign dari perusahaan pastikan Anda sudah mempunyai networking yang luas.

4. Tabungan Sebelum Resign

Tabungan merupakan salah satu hal yang harus dipersiapkan ketika ingin memilih untuk resign dalam pekerjaan. Jangan sekali-kali Anda resign dari perusahaan jika belum mempunyai tabungan yang cukup. Banyak pengusaha yang sudah menyarankan jika ingin resign dari perusahaan dan ingin memulai bisnis dari nol, sebaiknya pastikan terlebih dahulu keuangan sudah aman. 
 
Aman disini yaitu tabungan Anda setidaknya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari walaupun tidak bekerja. Selain itu, tabungan Anda tersebut nantinya bisa digunakan sebagai modal awal membangun sebuah bisnis.

5. Rencana Manajemen Waktu

Salah satu jebakan yang paling membuat orang bingung yaitu masalah waktu. Ketika masih menjadi karyawan, Anda akan selalu diatur oleh atasan dengan berangkat pagi pulang sore. Tetapi jika sudah memutuskan untuk menjadi full time entrepreneur, maka tidak akan ada lagi orang yang mengatur hidup Anda dan semuanya tergantung pada diri Anda sendiri. 
 
Bagi seorang pengusaha pemula pasti akan ada banyak sekali godaan yang datang, contohnya nongkrong bersama dengan teman atau bahkan hanya menghabiskan waktu untuk bersantai. Tidak ada yang melarang dan tidak ada seorang pun yang benani menegur. Untuk itu, mulai dari sekarang Anda harus sudah tegas dalam mengatur waktu dan mulai merencanakan jadwal yang akan dilakukan ketika nanti sudah menjadi pengusaha.
 
Itulah beberapa hal yang harus Anda pikirkan sebelum resign dari perusahaan dan menjadi full time entrepreneur. Semoga persiapan Anda kedepannya semakin matang dan bisa mewujudkan impian menjadi seorang pengusaha yang sukses. Tidak ada hasil yang instan, untuk itu persiapkan semuanya sejak menjadi karyawan.