Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Fresh Graduate Sebelum Masuk Dunia Kerja

Fresh graduate merupakan sebutan bagi seorang mahasiswa yang sudah selesai menempuh pendidikan kuliah selama kurang lebih 4 tahun, dan mereka sudah mendapatkan ijazah sesuai dengan jurusan yang diambil. Setelah lulus kuliah, pasti tujuannya yaitu mencari lowongan pekerjaan karena tidak mau kan setelah lulus malah nganggur di rumah? Maka dari itu, Anda harus gercep dalam mencari kesempatan bersaing di dunia kerja. 
 
Masuk dunia kerja tidak semudah ketika masuk universitas, dan pastinya persaingan akan sangat ketat. Anda harus mengalahkan fresh graduate dari berbagai macam universitas di Indonesia dan itu akan sangat sulit jika Anda tidak mempersiapkan mulai dari sekarang. Untuk itu, perlu persiapan yang matang agar nantinya bisa bersaing di dunia kerja. Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum memasuki dunia kerja agar nantinya tidak kebingungan.

Persiapan Masuk Dunia Kerja

6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Fresh Graduate Sebelum Masuk Dunia Kerja

1. Persiapkan Niat

Sebelum mencari pekerjaan Anda harus bisa menguatkan niat agar nantinya bisa menjalankan semuanya dengan baik. Selain niat, yang harus Anda persiapkan yaitu mental yang kuat dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat di luar sana. Apabila Anda sudah siap secara mental maka apapun rintangannya pasti akan mudah untuk dihadapi.

2. Asah Skill

Skill merupakan suatu hal yang sangat penting untuk membantu Anda menyesuaikan persaingan dalam seleksi masuk perusahaan. Apabila skill Anda minim, maka potensi akan diterima sangat kecil. Untuk itu, asahlah skill mulai dari semester awal agar nantinya setelah Anda lulus sudah benar-benar siap. Skill yang harus Anda latih yaitu skill public speaking, Microsoft office, menulis dan skill dalam kepemimpinan. Anda bisa melatihnya dengan cara ikut organisasi saat di kampus.

3. Komitmen dan Disiplin

Apabila Anda sudah mempunyai komitmen dan disiplin yang kuat, maka sampai kapanpun akan bisa menyesuaikan keadaan di lingkup pekerjaan. Jika Anda sudah diterima di perusahaan, maka sebisa mungkin harus komitmen dengan pekerjaan dan lakukanlah dengan kedisiplinan yang tinggi. Saat Anda merasa bosan dan malas, maka ingatlah perjuangan Anda dulunya saat mengalahkan beribu-ribu pelamar kerja.

4. Kemampuan Bahasa Inggris

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional, dimana bahasa tersebut akan sangat berguna jika bekerja di perusahaan nasional atau internasional. Pastikan Anda lancar dalam menguasai bahasa inggris dan mempunyai nilai toefl yang mencukupi agar nantinya bisa diterima di perusahaan idaman. 
 
Selain itu, jaman sekarang ada beberapa perusahaan yang mewajibkan karyawannya memakai bahasa inggris. Untuk bisa lancar berbahasa inggris, Anda bisa mengikuti les privat saat kuliah atau bahkan ikut lomba debat bahasa inggris yang diadakan oleh kampus.

5. Mencari Tahu Tentang Dunia Kerja

Sebagai seorang fresh graduate pasti Anda belum berpengalaman dalam menjalani pekerjaan di perusahaan. Maka dari itu, Anda harus selalu mencari informasi tentang bagaimana sih kehidupan di dunia kerja dan apa saja yang harus dilakukan ketika pertama kali masuk perusahaan? Dengan mencari informasi tentang dunia kerja, pasti Anda akan lebih tahu dan nantinya tidak akan kaget ketika diberikan tugas dari atasan.

6. Maksimalkan Kesempatan Yang Ada

Setelah dinyatakan diterima di perusahaan idaman, maka Anda harus selalu aktif dalam bekerja dan harus menjalankan hari-hari dengan baik. Belajarlah dengan karyawan yang sudah lama bekerja di perusahaan tersebut atau bahkan Anda bisa belajar dengan atasan. Dengan begitu pengetahuan Anda akan semakin bertambah dan bisa menjadikan diri Anda menjadi lebih menarik lagi. 
 
Demikian beberapa gambaran umum mengenai hal yang harus dipersiapkan fresh graduate sebelum memasuki dunia kerja. Saat duduk di bangku kuliah, jangan hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu, teruslah asah kemampuan agar nantinya setelah lulus tidak menyesal. Semoga artikel tersebut bisa membantu Anda yang baru saja lulus kuliah, dan semoga kedepannya bisa sukses di dunia kerja.