Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Menganggur Agar Tidak Stres Berkepanjangan

Telah menyandang gelar sarjana tentu menjadi kebanggaan tersendiri, karena telah menyelesaikan studi kurang lebih 4 tahun. Bagi semua mahasiswa, pasti setelah lulus kuliah akan merasakan bebas dan tidak akan memikirkan beban tugas ataupun kegiatan kampus lainnya. Mahasiswa yang baru lulus kuliah biasanya disebut dengan fresh graduate. 
 
Mereka pasti akan bangga mempunyai gelar sarjana atau bahkan magister. Namun, dibalik itu semua rasa galau pasti akan selalu ada di dalam diri seorang fresh graduate yang masih menganggur. Nganggur bagi mahasiswa bisa dibilang hal yang lumrah dan banyak yang mengalaminya, tetapi jika menganggur terlalu lama, justru akan membuat diri menjadi bosan bahkan di cap jelek oleh tetangga sekitar. 
 
Banyak orang yang stres akibat menganggur terutama pria, karena tanggungjawab seorang pria lebih besar, dan kedepannya harus bisa menghidupi keluarga. Bagi Anda yang sekarang masih menganggur setelah lulus kuliah, maka lakukanlah beberapa hal berikut ini agar tidak terlalu stres dalam menjalani kehidupan.

Hal Yang Dilakukan Saat Menganggur

7 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Menganggur Agar Tidak Stres Berkepanjangan

1. Mengembangkan Hobi

Setelah selesai wisuda, pasti tidak akan ada lagi kegiatan kampus yang akan Anda kerjakan. Untuk itu, pasti Anda akan merasa gabut karena setiap harinya tidak melakukan suatu kegiatan. Agar waktu Anda bisa lebih bermanfaat dan tentunya bisa mengisi waktu luang saat menganggur, maka Anda bisa mengembangkan salah satu dari hobi Anda. 
 
Contohnya Anda hobi menulis, maka bisa membuat sebuah blog. Dengan membuat blog nantinya Anda bisa menghasilkan uang dengan bantuan jasa pengiklanan yaitu google adsense, mgid dan masih banyak lagi.

2. Memulai Kerja Freelance

Pekerjaan freelance bisa Anda lakukan ketika masih menganggur di rumah. Sebelum Anda dipanggil wawancara kerja, maka lebih baik bekerja freelance agar bisa mendapatkan uang untuk menyambung hidup. Kerjakan sesuai dengan passion Anda, agar nantinya tidak mudah merasa bosan. Anda bisa bekerja freelance secara online maupun offline. Apabila online ada banyak sebuah website yang bisa Anda pilih, dan jika offline Anda harus mencari toko yang menyediakan pekerjaan freelance.

3. Memulai Bisnis

Banyak fresh graduate yang memanfaatkan waktu nganggur untuk memulai sebuah bisnis. Tidak ada salahnya Anda berbisnis setelah lulus kuliah agar bisa menambah penghasilan. Apabila bisnis sudah berkembang, kedepannya bisnis tersebut bisa menjadi sumber penghasilan utama Anda. Selain itu, dengan berbisnis akan membuat Anda menjadi pribadi yang disiplin dan berfikir positif dalam menghadapi berbagai macam permasalahan.

4. Ikuti Kursus

Walaupun membutuhkan banyak sekali biaya, namun mengikuti kursus menjadi rekomendasi semua orang kepada fresh graduate setelah lulus kuliah. Selain menambah skill, dengan mengikuti kursus maka Anda bisa mempercantik CV agar nantinya semakin dilirik perusahaan. Ikuti kursus di bidang yang sekiranya sudah Anda kuasai agar nantinya Anda bisa menjadi professional di bidang tersebut.

5. Berolahraga

Hanya duduk diam di depan TV, bermain Hp atau bahkan hanya tiduran saja justru akan membuat Anda semakin minim gerak. Hal tersebut yang menyebabkan orang mengalami penyakit obesitas. Untuk mencegah penyakit obesitas, Anda harus meluangkan waktu setiap pagi berolahraga setidaknya jogging walaupun hanya beberapa putaran. Selain itu, dengan berlahraga juga bisa menghilangkan stres karena terlalu lama menganggur.

6. Bangun Rencana

Menganggur bukan berarti Anda tidak melakukan apa-apa atau hanya tiduran saja, tetapi manfaatkan waktu menganggur untuk membangun rencana untuk masa depan. Anda bisa menyusun rencana untuk masa depan agar semakin tertata dengan baik. Anda harus bisa berfikir mau dibawa kemana diri Anda di masa depan dan apa target yang akan Anda capai.

7. Perbanyak Networking

Dari awal masuk kuliah memang sudah disarankan untuk memperluas jaringan pertemanan atau networking. Tujuan dari networking yaitu agar Anda bisa mendapatkan berbagai macam informasi terutama tentang dunia kerja. Jalinlah networking dengan teman atau kakak tingkat yang sudah sukses dalam pekerjaannya. Jika perlu Anda bisa bersilaturahmi ke rumahnya agar nantinya mereka bisa membantu Anda dalam menemukan pekerjaan.
 
Itulah hal yang bisa Anda lakukan ketika masih menganggur setelah lulus kuliah. Mengangur memang membuat semua orang merasa gelisah dan tidak tenang, namun jangan terlarut dalam kesedihan karena itu tidak akan bisa mengeluarkan Anda dari masalah. Tetaplah berusaha untuk mendapakan pekerjaan dan jangan pernah putus asa.