Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Hal Yang Harus Dilakukan Mahasiswa Agar Bisa Bersaing di Dunia Kerja

Menghadapi dunia kerja seringkali menjadi momok yang sangat menakutkan bagi mahasiswa semester akhir. Ada sebagian mahasiswa yang justru belum mengetahui mau dibawa kemana dirinya setelah lulus kuliah. Mau tidak mau harus mencari pekerjaan dan harus mampu bersaing di dunia kerja dengan banyak orang di luar sana. Tidak hanya rekan satu kampus saja, tetapi saingannya justru dari semua kampus yang ada di Indonesia. 
 
Hal tersebut yang akan membuat mahasiswa takut karena merasa dirinya belum mempunyai kemampuan yang lebih. Banyak fresh graduate yang akhirnya menganggur setelah lulus kuliah, dan itu hanya akan menambah beban orang tua. Untuk itu, Anda harus sudah mempunyai mental dan kualitas diri yang bagus agar nantinya bisa menghadapi persaingan yang sangat ketat di dunia kerja. 
 
Apa saja sih yang harus dipersiapkan agar nantinya siap bersaing setelah lulus kuliah? Berikut ini saya akan memberikan beberapa hal yang harus Anda persiapkan agar bisa percaya diri dalam mendapatkan pekerjaan.

Persiapan Bersaing di Dunia Kerja

7 Hal Yang Harus Dilakukan Mahasiswa Agar Bisa Bersaing di Dunia Kerja

1. Raih Nilai Bagus

Dalam dunia perkuliahan, tidak asing dengan yang namanya IPK. Memang IPK tidak menjamin Anda menjadi orang sukses, tetapi paling tidak dengan mendapatkan IPK bagus Anda bisa semakin cepat dilirik perusahaan. Sebisa mungkin Anda harus bisa meraih IPK di atas 3,25. 
 
HRD tidak akan bisa melihat kepribadian atau kemampuan Anda secara langsung, jadi biasanya mereka akan memanggil pelamar dengan melihat IPK. Dengan IPK yang bagus, maka peluang lolos di tes administrasi akan lebih besar.

2. Jangan Segan Bertanya

Sebagai mahasiswa Anda harus selalu aktif dalam bertanya soal karir di masa depan. Dosen-dosen pasti akan sangat menyukai mahasiswanya yang senantiasa memikirkan masa depan dan berkonsultasi dengannya. Beliau pasti mempunyai banyak koneksi dengan alumni yang sudah sukses, dan nantinya bisa mengarahkan Anda dengan baik. Selain itu, jangan ragu untuk berbincang-bincang dengan dosen di luar jam kuliah. Pilihlah dosen yang sekiranya bisa membantu Anda ketika ingin berkonsultasi.

3. Pengalaman Organisasi

Mengikuti organisasi juga bisa meningkatkan kualitas diri Anda agar nantinya bisa bersaing di dunia kerja. Tidak hanya kumpul-kumpul saja, tetapi di dalam organisasi Anda akan diajarkan tentang kerjasama dengan tim sampai memecahkan masalah dengan bijaksana. 
 
Ketika bekerja di sebuah perusahaan pun Anda akan menghadapi masalah dan masalah tersebut hanya bisa diatasi dengan kebersamaan. Semakin banyak organisasi yang Anda ikuti, maka akan semakin banyak pengalaman yang akan Anda dapatkan. Tetapi jangan lupakan kewajiban utama yaitu kuliah dan belajar.

4. Pengalaman Magang

PKL atau magang biasanya sering dilakukan mahasiswa tingkat akhir. Mengapa harus mengikuti magang/PKL? Karena dengan mengikuti kegiatan tersebut nantinya Anda akan merasakan terjun langsung di dunia kerja dan berkolaborasi dengan pegawai di salah satu perusahaan. Ketika melamar pekerjaan pasti HRD akan membutuhkan fresh graduate yang sudah mempunyai pengalaman magang/PKL. Jadi ketika ada mata kuliah PKL, jangan pernah disia-siakan.

5. Perbanyak Pengalaman Kerja

Di saat libur semester genap biasanya anak kuliah akan mendapatkan jatah libur yang lumayan lama, dan biasanya sekitar 3 bulan. Bagi sebagian mahasiswa, mereka pasti menghabiskan waktu kuliahnya hanya untuk traveling di berbagai tempat wisata, bahkan waktu liburannya itu pun tidak dimanfaatkan dengan baik. 
 
Nah agar waktu liburan bisa bermanfaat, maka Anda bisa bekerja dan bekerja di dini berbeda dengan magang. Anda hanya fokus di salah satu bidang yang Anda kuasai agar nantinya bisa menambah skill Anda. Selain mendapatkan uang, bekerja juga akan membuat Anda lebih berpengalaman menghadapi dunia kerja, dan nantinya bisa sebagai modal untuk bersaing masuk perusahaan.

6. Bersihkan Akun Media Sosial

Jaman sekarang sudah banyak perusahaan yang melihat karakter atau kepribadian calon pelamar kerja melalui media sosialnya. Nah biasanya dari pihak perusahaan akan mengecek status yang setiap hari diposting dan foto yang diunggah di akun media sosial. 
 
Apabila media sosial Anda masih seperti anak kecil, maka segera bersihkan agar nantinya HRD tidak mengecap Anda sebagai anak yang tidak baik. Postinglah hal yang sekiranya bermanfaat dan bisa membantu semua orang.

7. Membuat Portofolio

Tidak hanya kemampuan akademik saja, tetapi saat sudah lulus kuliah Anda juga harus mempunyai portofolio yang nantinya itu menjadi bukti karya Anda selama kuliah. Dari awal masuk kuliah Anda harus sudah mempersiapkan portofolio dengan baik. Lebih baik lulus lama tetapi mempunyai portofolio, daripada lulus cepat tetapi tidak mempunyai portofolio yang jelas.
 
Itulah beberapa hal yang harus Anda persiapkan jika ingin bersaing di dunia kerja setelah lulus kuliah. Tetaplah percaya diri menghadapi persaingan yang sangat ketat, dan jangan lupa berdoa. Semoga Anda semua bisa segera mendapatkan pekerjaan dan bisa mengembangkan karir di dunia kerja.