Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Tidak Menyesal Ketika Sudah Lulus Kuliah

Kuliah memang bukanlah perkara yang mudah, karena harus menyelesaikan tanggungjawabnya selama kurang lebih 4 tahun dan harus bisa lulus tepat waktu. Menjadi mahasiswa memang menjadi hal yang menyenangkan karena bisa bertemu dengan teman dari berbagai macam daerah dan bisa menambah relasi atau pengalaman. Namun banyak mahasiswa yang masih terlena dengan waktu kuliah, alhasil mereka setelah lulus menjadi menyesal karena kelakuan yang sudah dilakukan selama kuliah. 
 
Mungkin sedikit diantara mereka yang memanfaatkan waktu kuliah dengan baik, kebanyakan hanya bersenang-senang bahkan tidak serius dalam menjalani kuliah. Apabila Anda tidak serius maka kedepannya terutama setelah lulus pasti akan menyesal. Agar tidak menyesal, maka lakukan cara berikut ini dengan baik selama masih menjadi mahasiswa.

Cara Agar Tidak Menyesal Setelah Lulus Kuliah

7 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Tidak Menyesal Ketika Sudah Lulus Kuliah

1. Ikuti Organisasi

Mengikuti organisasi memang sangat penting karena di sana Anda akan mendapatkan banyak sekali pengalaman, terutama dengan kakak tingkat. Selain pengalaman maka Anda akan dilatih untuk selalu bekerjasama yang nantinya skill tersebut akan dibutuhkan perusahaan. Mahasiswa kupu-kupu pasti akan merasa menyesal karena semasa kuliah tidak mengikuti organisasi, dan ketika akan melamar pekerjaan tidak mempunyai skill dalam berorganisasi sedikitpun.

2. Mulai Menabung

Menabung bisa dibilang hal sepele, namun jika dilakukan secara terus-menerus pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal bahkan bisa digunakan untuk membeli barang yang Anda inginkan. Apabila selama kuliah tidak pernah menabung pasti setelah lulus kuliah akan menyesal karena tidak bisa memenuhi kebutuhannya dan pastinya akan malu jika masih meminta uang orang tua. Menabung tidak perlu langsung banyak, walaupun sedikit tetapi lakukanlah secara rutin.

3. Berbisnis

Memulai berbisnis saat kuliah memang sangat menyenangkan karena belum terlalu memikirkan beban, dan jika suatu saat bangkrut atau gagal tidak membuat dirinya menjadi putus asa yang berlebih. Selain untuk mempersiapkan masa depan, berbisnis juga akan membuat mahasiswa setelah lulus tidak bingung mau kerja apa. Tetapi jaman sekarang masih banyak mahasiswa yang malu jualan, takut diketawain temannya atau bahkan tidak mempunyai skill jualan. Jika saat menjadi mahasiswa tidak mempunyai bisnis sendiri, maka setelah lulus pasti akan bingung terlebih jika belum mendapatkan pekerjaan.

4. Mulai Investasi

Investasi hampir sama dengan menabung, hanya saja jika investasi dilakukan dalam jangka waktu yang panjang bahkan bisa sampai 5 atau 10 tahun kedepan. Investasi yang biasa dilakukan yaitu investasi emas atau saham. Sebagai mahasiswa yang hanya mempunyai uang saku minim, cukup melakukan investasi emas yang sudah disediakan di pegadaian. Apabila saat menjadi mahasiswa sudah mulai berinvestasi, maka 10 tahun kedepan pasti akan merasakan hasilnya.

5. Hindari Berpacaran

Menyukai lawan jenis memang menjadi hal yang wajar, karena semua manusia diciptakan untuk berpasang-pasangan. Namun ketika masih kuliah jangan terlalu fokus dengan lawan jenis karena itu akan membuat waktu Anda terbuang sia-sia. Mau tidak mau waktu yang harusnya digunakan untuk istirahat atau untuk belajar, pasti Anda habiskan untuk berpacaran terutama pada malam minggu. Banyak mahasiswa yang setelah lulus menyesal karena selama kuliah terlalu fokus pacaran dan melupakan tugas utamanya yaitu kuliah.

6. Memperluas Networking

Mempunyai networking yang luas menjadi suatu kebanggaan tersendiri, karena semua orang pasti membutuhkan bantuan terlebih mahasiswa yang setelah lulus akan membutuhkan bantuan orang lain, contohnya dalam mencari pekerjaan. Apabila networking Anda luas pasti akan semakin mudah dalam mencari pekerjaan terlebih jika Anda menjalin networking dengan orang yang sudah bekerja di suatu perusahaan. Tetapi jika Anda tidak pernah menjalin networking, pasti akan kebingungan setelah lulus karena minimnya informasi lowongan pekerjaan.

7. Tentukan Tujuan Setelah Lulus

Hampir semua mahasiswa masih bingung jika ditanya mengenai tujuan setelah lulus nanti. Hal tersebut akan membuat waktu kuliah menjadi sia-sia. Apabila Anda masih menempuh semester awal, maka harus sudah mempunyai impian atau tujuan setelah lulus kuliah agar nantinya tidak terlalu bingung. Jika Anda selama kuliah hanya mencari gelar dan tidak mempunyai tujuan, maka setelah lulus akan bingung ingin melakukan apa. 
 
Kuliah memang bebas karena tidak dituntut untuk selalu masuk kelas dan belajar, tetapi menjadi hal terberat karena harus bisa menerapkan ilmu yang didapatkan dari bangku kuliah dengan baik. Manfaatkan waktu 4 tahun sebaik mungkin dan usahakan menjadi mahasiswa yang cerdas dengan mencari banyak pengalaman.