Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Setelah Dinyatakan Lulus Dari SMA

Masa SMA menjadi masa-masa yang sangat menyenangkan, karena saat itulah Anda akan menemukan jati diri yang sebenarnya. Banyak yang menyebutkan bahwa selama sekolah banyak sekali kenangan yang tidak bisa dilupakan, baik itu kenangan bersama guru, teman atau bahkan mantan pacar. Tidak hanya itu saja, di saat SMA Anda akan dilatih untuk selalu menjadi remaja yang berwawasan tinggi dan bisa mempersiapkan masa depannya. 
 
Kebersamaan dengan teman menjadi hal yang paling berharga. Namun, itu semua tidak akan berjalan lama, karena Anda harus mengalami yang namanya perpisahan dengan semua teman seangkatan. Meskipun harus berpisah, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa menemukan kebahagiaan setelah lulus sekolah. Justru setelah lulus SMA menjadi awal Anda dalam meraih cita-cita di masa depan. 
 
Nah, setelah selesai wisuda, pasti Anda tidak akan lagi bertemu dengan teman, guru bahkan bendahara kelas yang galak. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan setelah lulus dari SMA.

Aktivitas Setelah Lulus Dari SMA

6 Hal Yang Bisa Anda Lakukan Setelah Dinyatakan Lulus Dari SMA

1. Menentukan Kampus Tujuan

Perasaan bimbang pasti menyelimuti diri seorang siswa yang sudah lulus SMA, karena mereka harus menentukan tujuan kampus untuk dijadikan sebagai tempat menempuh pendidikan selanjutnya. Bagi Anda yang diberikan kesempatan untuk kuliah, maka pilihlah kampus yang sekiranya menyediakan jurusan yang Anda sukai. Anda bisa memilih berbagai macam kampus di Indonesia baik itu PTN maupun PTS.

2. Mengikuti Kursus

Selain kuliah, Anda juga bisa mengikuti kursus di berbagai macam tempat yang mempunyai mentor professional. Di sana Anda bisa mengembangkan bakat dan keterampilan agar nantinya bisa langusung siap terjun ke dunia kerja. 
 
Contohnya Anda ingin mempunyai usaha butik sendiri, maka bisa meluangkan waktu paling tidak satu tahun untuk mengikuti kursus desain atau menjahit. Biaya dalam mengikuti kursus memang tergolong mahal, tetapi itu semua sebanding dengan ilmu yang Anda dapatkan dan pastinya akan sangat bermanfaat.

3. Langsung Bekerja

Terkendala di modal bukan berarti Anda tidak bisa meraih cita-cita yang diinginkan. Nah, setelah lulus SMA, Anda bisa langsung bekerja di sebuah instansi yang menyediakan lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA. Dari sana Anda bisa menghasilkan uang dan bisa ditabung untuk bekal nanti di masa depan. Atau bahkan Anda bisa mendaftar CPNS karena sekarang sudah ada lowongan CPNS yang menyediakan posisi untuk lulusan SMA.

4. Traveling

Ketika 3 tahun belajar di SMA pasti waktu Anda untuk bermain akan sangat terbatas, karena biasanya siswa SMA jadwal sekolahnya dari jam 7 sampai jam 4 sore. Hal tersebut akan membuat Anda menjadi tidak punya waktu untuk traveling di berbagai tempat wisata. Nah, setelah lulus SMA pasti Anda akan mempunyai banyak waktu luang bahkan sampai berbulan-bulan, dan waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk traveling bersama teman atau bahkan keluarga.

5. Memanjangkan Rambut

Yang biasanya diinginkan oleh seorang siswa laki-laki dan tidak bisa dilakukan sewaktu sekolah yaitu memanjangkan rambut. Di sekolah pasti ketika rambut Anda panjang sedikit saja sudah disuruh potong oleh guru BK. Nah, setelah lulus SMA menjadi kesempatan buat Anda untuk memanjangkan rambut, bahkan ada juga yang sampai disemir. Hal tersebut bukan berarti menjadi remaja tidak benar, tetapi mereka melakukan itu semua hanya untuk memuaskan diri setelah lulus dari SMA.

6. Membuat Bisnis Dengan Teman

Setelah Anda lulus maka lakukanlah kegiatan yang sekiranya bermanfaat salah satunya yaitu memulai sebuah bisnis. Jika Anda terkendala modal, maka bisa bekerjasama dengan teman yang sefrekuensi agar nantinya bisa menjalankan bisnis bersama. Anda bisa membuka toko online atau bahkan jika modal sudah mencukupi bisa menyewa toko agar bisnis bisa lebih berkembang lagi kedepannya. 
 
Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan setelah lulus SMA. Memang sangat sedih ketika berpisah dengan teman terutama teman sekelas. Namun, di saat itulah Anda dituntut untuk menjadi remaja yang mandiri dan menjadi awal dalam memperjuangkan masa depan. Untuk itu, lakukanlah hal yang bermanfaat setelah lulus SMA agar nanti 10 tahun kedepan bisa mengadakan reuni dengan teman SMA dan Anda sudah menjadi pribadi yang lebih bijak lagi.