Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Drama Kuliah Online Yang Nantinya Bakal Membuat Mahasiswa Kangen

Sejak diberlakukannya Work From Home atau WFH oleh pemerintah, akibat terjadinya virus covid-19, membuat semua aktivitas dilakukan sepenuhnya di rumah, mulai dari siswa, mahasiswa hingga orang kerja. Tujuannya yaitu untuk menghindari terjadinya penyebaran virus corona, karena jumlahnya semakin hari semakin bertambah. Kampus-kampus di seluruh Indonesia harus mengikuti peraturan dari pemerintah dengan melakukan perkuliahan online di rumah. Dari keputusan tersebut membuat sebagian mahasiswa menjadi malas melakukan perkuliahan karena dirasa kuliah online kurang maksimal untuk dilakukan. 
 
Tidak sedikit mahasiswa yang juga meminta untuk perkuliahan kembali normal seperti biasanya yaitu tatap muka di kampus. Tetapi karena virus corona memang sangat berbahaya, maka mau tidak mau harus melakukan perkuliahan online selama kurang lebih hampir 1 tahun ini. Banyak sekali drama kuliah online yang dialami mahasiswa dan ini akan membuat mereka kangen, bahkan menjadi hal yang tidak bisa dilupakan. Berikut ini ada beberapa drama yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa saat kuliah online berlangsung.

Drama Mahasiswa Selama Kuliah Online

7 Drama Kuliah Online Yang Nantinya Bakal Membuat Mahasiswa Kangen

1. Koneksi di Rumah Buruk

Mahasiswa yang tinggal di pedesaan pasti yang selalu dipermasalahkan saat kuliah online yaitu sinyal. Karena ada yang rumahnya sangat sulit untuk mendapatkan sinyal, bahkan sampai ada yang harus pergi ke dataran tinggi untuk mendapatkan sinyal yang bagus agar tetap bisa mengikuti perkuliahan secara online. Bagi Anda yang sekarang sedang merasakannya pasti merasa resah terlebih jika masih musim hujan pasti tidak bisa mengikuti perkuliahan dengan baik.

2. Gangguan Dari Orang Rumah

Setelah kampus menyatakan bahwa kuliah dilakukan secara online di rumah, pasti semua mahasiswa akan pulang kampung dan melakukan pembelajaran dari rumah. Memang menyenangkan bisa bertemu dengan orang tua dan bisa berkumpul bersama. Namun terkadang saat sedang fokus kuliah online, ada salah satu anggota keluarga baik itu ayah, ibu atau bahkan adik yang meminta bantuan, bahkan tidak tau waktu. Hal tersebut pasti akan membuat Anda merasa terganggu dengan keadaan.

3. Ribetnya Asistensi dan Praktikum Online

Dalam perkuliahan pasti tidak lepas dari yang namanya praktikum terutama untuk D3, dimana dalam satu minggu saja bisa sampai 5 praktikum. Nah di saat kuliah online seperti sekarang ini, semua mahasiswa pasti akan selalu mengeluh karena praktikum dilakukan secara online. Tidak semua mahasiswa mempunyai laptop yang mumpuni untuk dipakai kuliah, dan itu yang akan menyulitkan mahasiswa. Di sisi lain juga dalam melakukan asistensi sangat sulit, karena harus menghubungi asisten laboratorium terlebih dahulu, bahkan ada asisten yang sulit untuk dihubungi.

4. Ketiduran Saat Kuliah Online

Nah ini yang paling sering dialami mahasiswa saat kuliah online sedang berlangsung. Biasanya mahasiswa akan merasa bosan dengan hanya melihat gadget terus-menerus, dan akhirnya banyak dari mereka yang ketiduran saat kuliah online. Tidur saat kuliah online tidak akan mengurangi nilai, tetapi jika saat kuliah tatap muka atau offline mahasiswa tidur di kelas, pasti akan dimarahi dosen bahkan akan diberikan nilai C.

5. Bekerjasama Ketika Mengerjakan Tugas

Kapan lagi bisa mengerjakan tugas kuliah bersama dengan teman, kalau bukan saat kuliah online? Pastinya tidak sedikit dari mahasiswa yang bekerjasama dalam mengerjakan tugas, bahkan saat ujian pun mengerjakan soal bersama. Hal tersebut pasti tidak akan dilupakan mahasiswa setelah lulus nanti. Jika kuliah dilakukan secara offline, pasti tidak akan ada mahasiswa yang berani mencontek saat dikelas. Namun saat kuliah online apapun bisa dilakukan karena semua aktivitas dilakukan di rumah.

6. Kuliah Sambil Berbisnis

Saat pandemi seperti sekarang ini banyak sekali mahasiswa yang mengikuti kuliah online tetapi sambil menjalankan bisnisnya. Bahkan mereka lebih fokus pada bisnisnya daripada kuliah online yang sedang diikutinya. Aktivitas tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi itu akan melatih mahasiswa menjadi seorang pengusaha setelah lulus nanti. Selain itu waktu untuk mengembangkan bisnisnya pun akan sangat banyak karena kuliah online bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

7. Kuliah Online Memakai Pakaian Bebas

Pakaian selama kuliah online tidak akan dipermasalahkan bagi sebagian kampus. Ada yang diharuskan untuk memakai pakaian sesuai dengan aturan kampus, dan ada juga yang dibebaskan. Nah mahasiswa yang dibebaskan dalam memakai pakaian tersebut pasti setiap kali mengikuti kuliah online akan memakai pakaian seadanya, bahkan memakai baju tidur pun tetap bisa mengikuti perkuliahan.  
 
Banyak mahasiswa yang merasa jenuh dengan kuliah online yang masih berlangsung hingga saat ini, tetapi dibalik itu semua pasti ada hikmah yang bisa diambil, contohnya yaitu bisa berkumpul dengan orang tua, menghemat biaya pengeluaran, dan bisa berbisnis sambil kuliah. Intinya semua musibah pasti ada hikmahnya, jadi jangan terlalu menyalahkan keadaan. Semoga saja secepatnya kuliah bisa dilakukan secara offline seperti biasa agar mahasiswa bisa lebih aktif di kampus dan bisa berkumpul dengan teman-teman yang lain.