Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Mengatasi Konflik Yang Terjadi Dalam Keluarga Secara Efektif

Dalam menjalankan kehidupan berumah tangga pasti yang diinginkan yaitu damai dan harmonis, terlebih jika pasangan yang baru saja menikah. Lama tidaknya menjalin hubungan tidak menjamin akan berjalan dengan lancar, ada pengantin baru yang harus menghadapi berbagai macam masalah dan ada juga yang menikah sudah bertahun-tahun tetapi masih tetap bahagia. Namun ada kalanya dalam rumah tangga mengalami konflik baik itu ringan maupun berat. 
 
Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan sedang menghadapi konflik maka jangan sampai Anda dan pasangan berpisah hanya karena konflik tersebut. Usahakan dibicarakan dengan kepala dingin dan tetap menyelesaikan masalah dengan pikiran dewasa. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika mengatasi konflik dalam keluarga.

Cara Mengatasi Konflik Secara Efektif

7 Cara Mengatasi Konflik Yang Terjadi Dalam Keluarga Secara Efektif

1. Menenangkan Pikiran

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan menenangkan pikiran terlebih dahulu. Biasanya orang yang sedang menghadapi masalah pasti mereka akan merasa emosi bahkan sampai melakukan segala cara untuk meluapkan emosinya tersebut. 
 
Nah agar suasana semakin tenang, Anda dan pasangan harus intropeksi diri terlebih dahulu dan tenangkan pikiran. Contohnya keluar rumah atau bahkan memainkan alat musik. Jika pikiran sudah tenang maka ketika menghadapi masalah akan semakin mudah.

2. Berdiskusi Untuk Berdamai

Ketika sudah menikah maka harus mempunyai pikiran yang dewasa dan jangan sampai seperti anak kecil yang tidak mau mengalah. Apabila masalah yang dihadapi terlalu serius maka lebih baik Anda mengalah agar suasana semakin membaik. 
 
Namun jika pasangan Anda tetap kuat dengan pendiriannya, maka diskusikan permasalahan dengan baik dan usahakan dalam sehari bisa berdamai. Keluarga akan bejalan dengan lancar jika ada permasalahan langsung diselesaikan dengan berdamai.

3. Saling Terbuka

Memang dalam berumah tangga harus saling terbuka dalam hal apapun dengan pasangan. Jangan sampai Anda menyembunyikan sesuatu dibelakang pasangan, karena itu akan menimbulkan pengaruh negatif. Apabila Anda merasa bersalah maka akui kesalahan tersebut dan ceritakan dengan jelas mengapa Anda melakukan kesalahan tersebut. Selalu berkata jujur dengan pasangan agar tidak terjadi perselisihan yang berat.

4. Hindari Sikap Egois

Biasanya ini sering dilakukan bagi mereka yang baru saja menikah dan mengalami permasalahan dengan pasangannya. Orang yang mempunyai sikap egois, pasti tidak akan mau mengalah ketika menghadapi konflik terutama dengan pasangan. Nah jika Anda menjadi kepala keluarga maka jangan sampai mempunyai sikap egois yang berlebihan. Lebih baik mengalah daripada permasalahan bertambah buruk.

5. Ingat Perjuangan Saat Menikah

Nah bagi Anda yang sering konflik dengan pasangan, maka harus selalu mengingat perjuangan dulunya ketika ingin menikah, mulai dari biaya sampai perjuangan mendapatkan doi. Seberat apapun masalah yang dihadapi, jika Anda selalu mengingat perjuangan menikah pasti masalah akan cepat terselesaikan dengan baik. Pasti Anda tidak mau kan dulunya romantis dengan pasangan, tetapi sekarang menjadi rebut hanya karena permasalahan kecil yang berakhir konflik?

6. Dengarkan Pasangan

Kemampuan mendengarkan menjadi salah satu hal yang harus dimiliki oleh pasangan yang sudah menikah, karena itu menjadi modal bagi Anda untuk menyelesaikan permasalahan. Apabila pasangan sedang berbicara, maka Anda harus setia mendengarkannya dan jangan sekali-kali memotong pembicaraan pasangan. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk menemukan permasalahan apa yang sebenarnya sedang terjadi.

7. Menjadwalkan Waktu Untuk Pasangan

Berlibur dengan pasangan menjadi hal yang menyenangkan karena itu bisa menambah rasa cinta dengan pasangan sekaligus bisa mengurangi permasalahan yang sedang terjadi. Anda bisa meluangkan waktu hanya sekedar untuk keluar berlibur dengan pasangan, karena biasanya konflik terjadi karena kurangnya komunikasi satu sama lain. 
 
Ajaklah pasangan untuk menikmati suasana alam, terlebih jika baru pertama kali menikah pasti keduanya akan merasa senang. Cobalah luangkan waktu sekiar 15 menit untuk bercerita dengan pasangan agar terlihat romantis dan terbuka.
 
Menjalani kehidupan dengan pasangan memang tidak mudah terlebih jika saat terjadi konflik. Banyak orang yang mengatakan bahwa hidup setelah menikah itu jauh lebih enak, tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Justru tantangan akan semakin banyak ketika sudah memutuskan untuk menikah. Maka dari itu ketika ada konflik selesaikan dengan sikap kedewasaan agar masalah cepat terselesaikan dengan baik.