Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Cara Memulai Bisnis Tanaman Hias Agar Mendapatkan Keuntungan

Tanaman hias seringkali membuat lingkungan menjadi lebih indah dan asri. Jaman sekarang banyak sekali orang yang menyukai tanaman hias hanya untuk memperindah lingkungan rumah atau bahkan ada juga yang diletakkan di ruang tamu. Tetapi masih ada orang yang memandang tanaman hias sebelah mata, dan mereka menganggap bahwa tanaman tidak bisa menghasilkan uang. Namun dibalik itu semua, tamanan hias justru bisa dijadikan sebagai ladang bisnis yang mempunyai keuntungan yang menggiurkan. 
 
Anda bisa memulai bisnis tanaman hias dari berbagai macam jenis, contohnya bonsai, keladi hias, palem-palemean, anggrek, ademium, begonia dan masih banyak lagi. Untuk memulai bisnis tanaman hias ini harus mempunyai pengetahuan yang cukup agar nantinya bisnis bisa berjalan dengan lancar. Untuk mengetahui lebih jauh, Anda bisa memperhatikan beberapa cara berikut ini sebelum memulai bisnis tanaman hias.

Cara Memulai Bisnis Tanaman Hias

5 Cara Memulai Bisnis Tanaman Hias Agar Mendapatkan Keuntungan

1. Mempelajari Tentang Tanaman Hias

Sebelum Anda memulai bisnis tanaman hias, terlebih dahulu harus belajar segala hal tentang tanaman seperti jenis tanaman, cara merawatnya, suhu daerah sampai harga jual dan harga beli. Apabila Anda baru pertama terjun ke dunia bisnis tersebut, maka bisa belajar kepada orang yang sudah berpengalaman di bidang tanaman. 
 
Anda bisa meminta saran kepada mereka apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan dalam memulai bisnis tanaman hias. Jika pengetahuan Anda tentang tanaman sudah luas, maka kedepannya bisa menjalani bisnis dengan baik.

2. Pilih Lokasi Yang Strategis

Dalam menjalankan bisnis tanaman hias, lokasi menjadi hal yang menentukan kesuksesan bisnis tersebut. Anda harus memilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen. Selain itu juga harus memperhatikan luas lahan yang akan digunakan karena bisnis ini sangat membutuhkan lahan yang luas. Agar tanaman hias bisa tumbuh dengan baik, maka sesuaikan dengan suhu daerah. Biasanya tanaman agar tumbuh baik jika berada di daerah yang bersuhu dingin.

3. Pilih Jenis Tanaman Hias

Pemilihan jenis tanaman hias yang tepat bisa menjadikan bisnis tersebut mendapatkan keuntungan yang lumayan. Dari banyaknya jenis tanaman hias, Anda harus bisa memilih mana yang mempunyai harga jual yang tinggi dan bukan merupakan tanaman musiman. 
 
Selain itu, biaya perawatan juga menjadi hal yang harus selalu diperhatikan. Apabila perawatan tanaman hias terlalu mahal, Anda bisa memulainya dari satu jenis tanaman saja. Nah setelah dirasa mempunyai perkembangan yang baik, maka Anda bisa menambah jenis tanaman baru.

4. Persiapkan Media Tanam

Semua tanaman pasti membutuhkan yang namanya media tanam. Untuk itu persiapkan juga media tanam agar bisnis Anda bisa berkembang dengan baik. Banyaknya media tanam yang akan digunakan bisa menjadi penentu perkembangan bisnis kedepan. 
 
Selain itu, Anda juga harus menentukan jenis tanah yang digunakan, karena ada beberapa tanaman yang tidak bisa hidup di salah satu jenis tanah. Apabila Anda bisa membuat media tanam sendiri, maka itu akan meminimalisir pengeluaran dan akan membuat Anda menjadi lebih hemat.

5. Melakukan Promosi dan Pemasaran

Dalam menjalankan bisnis pasti tidak lepas dari promosi dan pemasaran salah satunya yaitu bisnis tanaman hias ini. Promosikan bisnis tanaman hias tersebut melalui media online agar jangkauannya lebih luas. 
 
Tidak hanya itu, Anda juga bisa mempromosikannya kepada komunitas pecinta tanaman. Nah dalam melakukan pemasaran, usahakan layani konsumen dengan baik dan berilah potongan harga bagi mereka yang membeli tanaman hias lebih dari 3.
 
Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika sudah berniat untuk berbisnis tanaman hias. Semoga artikel tersebut bisa bermanfaat dan menjadi pedoman bagi Anda para pecinta tanaman. Setiap orang memang tidak setiap hari membeli tanaman, tetapi jika bisnis tersebut dijalankan dengan konsisten dan terus mengasah kemampuan tentang tanaman, pasti kedepannya akan berjalan dengan baik.