Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Mempromosikan Bisnis Online di Internet Secara Efektif

Bisnis online merupakan salah satu aktivitas bisnis yang dijalankan secara daring atau online, yang artinya tidak bertatap muka langsung dengan pelanggan. Jaman sekarang bisnis online dirasa cukup menjanjikan karena prospek kedepannya pasti akan menguntungkan. Dengan adanya internet, maka hampir semua orang bisa menjalankan bisnis online kapan saja dan dimana saja, bahkan ada yang sebagian besar mahasiswa sudah melakukan bisnis di internet. 
 
Promosi yang dilakukan pun sangat terjangkau, bahkan Anda sambil tiduran di rumah pun bisa melakukan promosi bisnis online. Namun juga masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara agar bisnis online-nya bisa berkembang dengan pesat. Agar bisnis online cepat berkembang, maka diperlukan yang namanya promosi dan itu bisa dilakukan melalui internet. 
 
Berikut ini saya akan membagikan beberapa cara mempromosikan bisnis online di internet yang sudah terbukti menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Cara Promosi Bisnis Online di Internet

6 Cara Mempromosikan Bisnis Online di Internet Secara Efektif

1. Mengandalkan Media Sosial

Jaman sekarang teknologi dan internet sangat berkaitan dengan media sosial. Maka dari itu Instagram, facebook, whatsapp menjadi tempat atau platform terbaik untuk mempromosikan bisnis. Buatlah akun media sosial sebagai personal branding agar bisnis Anda semakin berkembang. Apabila media sosial sudah berhasil dibuat, selanjutnya Anda harus konsisten posting produk agar orang lain mengetahui bahwa media sosial yang Anda pakai untuk berbisnis sangat aktif.

2. Mulai Menulis Blog

Apabila Anda mempunyai kemampuan dalam menulis, maka langsung saja membuat sebuah blog yang nantinya digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Tulislah artikel yang menarik dan konsisten dalam mengupload artikel setiap hari. Biasanya sebagian orang akan rajin menulis artikel di awal saja, dan jika sudah di pertengahan mereka akan lalai dengan blog-nya. 
 
Jangan sampai Anda melupakan blog yang sudah dibuat karena itu akan memungkinkan untuk perkembangan bisnis Anda. Jika blog Anda selalu aktif, pasti akan ada banyak orang yang mengunjungi blog Anda, bahkan tertarik dengan produk yang ditawarkan.

3. Gunakan SEO Untuk Situs Web Bisnis

Agar bisnis online semakin menyebar luas, maka Anda bisa menerapkan teknik SEO pada website yang sudah Anda buat. Dengan menggunakan teknik SEO, maka kedepannya website Anda akan semakin tertuju pada konsumen dan trafiknya pun akan semakin banyak. Melalui SEO inilah para konsumen akan lebih mengetahui tentang produk yang Anda pasarkan.

4. Mengoptimalkan Penggunaan Youtube

Jaman sekarang pengguna youtube sudah sangat banyak, dan itu menjadi saingan terbesar google saat ini. Banyak orang yang sudah beralih ke youtube daripada menonton televisi karena video youtube dirasa lebih menarik. Nah Anda bisa memanfaatkan keadaan tersebut dengan cara mempromosikan bisnis lewat media youtube. Buatlah video yang sekiranya menarik perhatian penonton, dan sedikit promosikan bisnis Anda di tengah video.

5. Mempromosikan Bisnis Online Secara Live

Beberapa media sosial kini sudah menyediakan layanan untuk live video seperti Instagram. Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mempromosikan bisnis secara online. Setiap kali ada produk baru, maka lakukanlah review dengan cara live instargam agar pengikut akun bisnis Anda menjadi tau produk apa saja yang sedang Anda promosikan.

6. Bergabung Dengan Komunitas Online

Semua jenis bisnis pasti mempunyai komunitas yang harus Anda ikuti. Banyak komunitas bisnis di media sosial seperti facebook, Instagram dan media sosial lainnya, dan Anda bisa mendapatkan informasi penting melalui komunitas tersebut. Selain itu Anda juga bisa berkonsultasi mengenai permasalahan yang sedang dialami kepada rekan yang ada di komunitas tersebut.  
 
Dengan adanya internet dan media sosial, semua bisa Anda lakukan salah satunya yaitu bisnis online. Ketika sudah terjun ke dunia bisnis online, Anda harus selalu konsisten dalam berjelajah internet agar mengatahui informasi-informasi terbaru yang nantinya bisa diterapkan dalam bisnis Anda.