Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Memilih Kuliah Online Yang Tepat Untuk Seorang Karyawan

Sekarang ini semuanya sudah serba online, mulai dari belanja, belajar hingga kuliah pun ada yang dilakukan secara online. Namun, kuliah online jaman sekarang masih populer di kalangan karyawan. Cara tersebut sangat cocok untuk Anda seorang karyawan yang ingin menambah pengetahuan dan membutuhkan waktu yang lebih fleksibel di tengah kesibukannya bekerja menjadi karyawan. 
 
Dengan menjalankan kuliah online, maka Anda akan bisa mengikuti perkuliahan dimanapun, dan kapanpun karena tidak terkendala oleh jarak dan waktu. Apabila Anda sudah memutuskan untuk kuliah online, maka harus selektif dalam memilih kampus dan jurusan, karena jika Anda salah dalam memilih jurusan maka yang terjadi yaitu mudah mosan dan itu hanya akan membuang-buang biaya dan waktu saja. Untuk itu, perhatikan cara berikut ini untuk membantu Anda yang ingin kuliah online.

Cara Memilih Kuliah Online Untuk Karyawan

7 Cara Memilih Kuliah Online Yang Tepat Untuk Seorang Karyawan

1. Pertimbangkan Latar Belakang Pendidikan Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mempertimbangkan latar belakang pendidikan Anda sebelumnya, agar bisa memilih kuliah online dengan tepat. Dan tentu saja Anda juga tidak ingin belajar dari nol, karena mengingat padatnya jadwal kerja di perusahaan. Memilih program studi yang sejalan dengan pendidikan sebelumnya itu akan lebih membantu Anda dalam memahami materi dan tidak terlalu menyulitkan. 
 
Namun, hal tersebut bukan penentu program yang akan Anda ambil saat kuliah nanti. Bisa jadi Anda memilih program studi yang tidak ada hubungannya dengan pendidikan Anda di SMA/SMK atau bahkan S1.

2. Pahami Diri dan Passion

Apabila Anda masih kebingungan dalam memilih jurusan kuliah, maka jangan pernah khawatir dan yang harus Anda lakukan yaitu dengan memahami apa saja yang Anda inginkan dan sesuaikan dengan passion. Walaupun tujuan Anda kuliah hanya untuk meningkatkan karir dan jabatan, maka tetaplah utamakan passion atau minat Anda. 
 
Karena passion tersebut bisa meningkatkan motivasi belajar Anda apabila menemukan sebuah kesulitan atau rintangan. Bertanyalah kepada rekan kerja yang sudah tahu betul tentang diri Anda agar bisa memberikan saran terbaik. Selain itu, Anda juga bisa bertanya dengan keluarga agar bisa memberikan masukan atau memotivasi Anda agar jauh lebih baik lagi.

3. Menentukan Tujuan Yang Jelas

Sebelum memutuskan untuk mengikuti kuliah online, maka terlebih dahulu Anda bertanya pada diri sendiri, “apa sih tujuan Anda mengikuti kuliah online?” Apakah Anda hanya ingin mendapatkan gelar seperti doctor, master, sarjana dll. Atau justru Anda ingin mendapatkan banyak pengetahuan agar nantinya bisa bersaing di dunia kerja? 
 
Dengan menentukan tujuan yang jelas, maka otomatis akan membuat titik terang bagi Anda untuk kedepannya memilih program sutdi di perkuliahan. Setelah menentukan tujuan yang jelas, selanjutnya Anda harus merencanakan target dan studi selama kuliah. Apabila tujuan sudah jelas, maka itu akan membuat Anda termotivasi agar bisa lulus dengan cepat.

4. Memilih Perguruan Tinggi

Saat ini sudah banyak sekali universitas yang menyediakan kuliah online khususnya untuk karyawan. Nah, sebelum Anda memasuki universitas tersebut, maka cari tahu sebanyak-banyaknya apa saja fasilitas dan bagaimana kualitas dari kampus tersebut. Contohnya Anda bisa mencari tahu tentang akreditasi kampus, akreditas jurusan, sampai testimoni dari alumni yang sudah lulus dari universitas tersebut, khususnya yang kuliah online.

5. Cek Biaya Kuliah Online

Yang paling penting dibicarakan ketika kuliah yaitu tentang biaya. Biasanya di sebuah universitas membutuhkan biaya yang berbeda-beda dari tiap program studi yang disediakan. Biasanya mulai dari 55 juta sampai 70 juta rupiah, dan itu harus Anda persiapkan ketika ingin kuliah online sampai lulus. Anda juga bisa membandingkan biaya dari universitas satu dengan yang lainnya. Usahakan memilih universitas dengan budget yang standar agar tidak terlalu menguras tabungan Anda.

6. Siapkan Persyaratan Kuliah Online

Sebelum memulai kuliah online, maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan melampirkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan kampus. Umumnya hal yang harus Anda persiapkan yaitu, mengisi formulir pendaftaran, FC kartu identitas, FC akta kelahiran, pas foto terbaru, CV, FC ijazah, transkrip nilai atau SKHUN. 
 
Nah, biasanya karyawan akan sibuk dengan pekerjaannya dan tidak ada waktu untuk melampirkan persyaratan tersebut. Untuk itu, ketika hari libur maka usahakan Anda meluangkan waktu untuk memenuhi persyaratan kuliah online.

7. Pastikan Mempunyai Fasilitas Belajar Yang Lengkap

Tidak seperti kuliah tatap muka, kuliah online pastinya menggunakan sistem dalam menjalankan perkuliahan. Jadi, sepenuhnya bergantung pada teknologi dan Anda harus bisa menyesuaikan dengan keadaan tersebut. Setelah Anda memilih program studi, pastikan Anda sudah mempunyai peralatan yang lengkap agar bisa mengikuti perkuliahan dengan baik. Dan yang harus Anda miliki yaitu laptop atau komputer, karena kuliah online pasti akan membutuhkan perangkat tersebut.
 
Dalam memilih kuliah online yang tepat memang tidak semudah yang dibayangkan, dan Anda harus selalu mencari informasi baik itu tentang kampus atau jurusan yang akan diambil. Persiapkan biaya kuliah, fasilitas belajar, tujuan kuliah dan yang tidak kalah penting yaitu Anda harus mengatur waktu antara belajar dan bekerja agar tidak menjadi beban.