Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Memelihara dan Merawat Kucing Piaraan Khusus Untuk Pemula

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat disukai oleh manusia karena dirasa sangat menggemaskan dan lucu. Karena sangat sukanya dengan kucing, biasanya kebanyakan orang mempunyai kucing sangat banyak di rumahnya. Selain menyenangkan, mempunyai kucing harus selalu dirawat dengan baik agar tetap terjaga dan tidak menimbulkan efek negatif bagi pemiliknya. 
 
Bagi Anda yang mempunyai kucing piaraan harus selalu diperhatikan kebersihan agar saat memegang kucing tidak terkena penyakit. Setiap jenis hewan pasti mempunyai sifat sensitive yang harus diperhatikan oleh semua orang. Nah bagi Anda yang sekarang baru saja mengadopsi kucing, dan belum tau bagaimana cara merawatnya maka perhatikan beberapa cara berikut ini dengan baik.

Cara Merawat Kucing Piaraan

7 Cara Memelihara dan Merawat Kucing Piaraan Khusus Untuk Pemula

1. Perhatikan Jumlah Gizi

Antara anak kucing dan kucing dewasa pasti membutuhkan jumlah gizi yang berbeda-beda. Berikanlah makanan yang mengandung gizi secara teratur dan jika memungkinkan, maka berilah makan 4 kali dalam sehari. Selain itu juga jangan terlalu berlebihan dalam memberikan makanan kepada kucing kecil, tetapi aturlah makan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan agar tubuh tetap terjaga dengan baik.

2. Mandikan Kucing Secara Teratur

Ketika kucing sudah mulai besar Anda harus memandikannya secara teratur agar bulu kucing tetap indah ketika dilihat. Ketika bulu sudah mulai bau, maka segeralah untuk memandikan dengan air dingin. Jangan sampai Anda memandikan kucing dengan air panas karena itu akan merusak bulu dan membuat bulu kucing cepat rontok.

3. Sikat Bulu Kucing Setiap Hari

Tidak jauh berbeda dengan manusia, kucing juga memerlukan perawatan pada bulunya agar tidak kaku. Setiap pagi Anda harus menyikat bulu kucing agar tetap lurus dan terhindar dari kuman. Gunakanlah sikat yang halus agar nantinya tidak melukai tubuh kucing.

4. Perhatikan Ukuran Kandang

Nah ini yang biasanya jarang diperhatikan oleh pemilik kucing. Mereka tidak memperhatikan ukuran kandang kucing, dan alhasil kucing tidak nyaman tinggal di kandang tersebut. Apabila kucing sudah mulai besar, maka belilah kandang sesuai dengan ukurannya agar ketika di dalam kandang bisa bergerak dengan bebas. Jangan sampai kucing sudah besar, Anda membeli kandang kecil karena itu akan membuat ruang gerak kucing tidak bebas.

5. Merawat Kebersihan Tubuhnya

Anda harus rajin dalam membersihkan tubuh kucing mulai dari gigi, telinga sampai kuku kucing. Bagian tersebut sangat rentan terhadap kuman dan usahakan bersihkan secara teratur agar Anda juga nyaman saat memegangnya. Untuk membersihkan telinga usahakan minimal 5 hari sekali, dan jika kuku sudah terlalu panjang maka segeralah untuk memotongnya.

6. Vaksinasi

Agar Anda terhindar dari penyakit, maka harus selalu memberikan vaksinasi secara rutin terhadap kucing. Konsultasikan ke dokter hewan minimal 2 minggu sekali agar kesehatan dan kebersihan kucing tetap terjaga dengan baik. Apabila kucing mengalami penyakit, maka segeralah mengobati dengan obat yang sudah ditentukan oleh dokter hewar agar penyakitnya tersebut tidak menular.

7. Ajak Keluar Rumah

Aktivitas kecil seperti mengajaknya keluar rumah akan membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan kucing kecil. Kucing akan sangat lincah dan tubuhnya pun akan tetap sehat jika sering melakukan aktivitas fisik. Anda bisa mengajaknya keluar rumah dan bermain dengannya. Apabila kucing sudah dilatih sejak kecil, maka ketika sudah besar akan nurut dengan majikannya. 
 
Perawatan hewan hampir sama dengan manusia, maka dari itu Anda harus merawat hewan peliharaan dengan baik. Tetaplah jaga kesehatan dan kebersihan rumah agar dalam memelihara kucing tetap aman. Selain itu dalam merawat kucing harus dilakukan dengan baik dan jangan menggunakan kekerasan.