Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Melakukan Presentasi Bisnis Agar Sukses di Depan Calon Klien

Presentasi merupakan salah satu aktivitas menyampaikan informasi dihadapan banyak orang dan diharapkan informasi tersebut akan mudah ditangkap bagi yang mendengarnya. Nah presentasi memang sangat sering dilakukan oleh pebisnis, dengan tujuan untuk memperkenalkan produk ataupun bisnis yang sedang dijalankan agar orang lain bisa tertarik bahkan membeli produk yang ditawarkan. Sebagai pebisnis Anda harus mempunyai skill public speaking yang baik agar nantinya bisa menjelaskan lebih detail di depan calon klien. 
 
Nah seringkali skill tersebut belum sepenuhnya dikuasai terutama untuk pebisnis pemula yang masih sering mengalami kebingungan saat melakukan presentasi. Banyak yang mengalami kegagalan bahkan pebisnis besar pun ada yang mengalami hal tersebut. Agar saat presentasi bisa lebih percaya diri dan sukses mempromosikan produknya, maka perhatikan beberapa cara di bawah ini.

Cara Melakukan Presentasi Bisnis

7 Cara Melakukan Presentasi Bisnis Agar Sukses di Depan Calon Klien

1. Buatlah Coret-coretan

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuat coret-coretan atau catatan kecil, yang nantinya akan digunakan untuk menyusun rencana yang akan dipresentasikan di hadapan calon klien. Nah Anda bisa memikirkan apa yang akan dipresentasikan agar tidak kebingungan saat berbicara. Contohnya Anda bisa membuat alur presentasi seperti pembukaan, isi dan penutup. Itu semua harus sudah direncanakan dari awal dengan membuat catatan kecil.

2. Gunakan Tulisan Yang Menarik

Saat mengembangkan pemikiran dari coretan kecil tadi, Anda harus menggunakan gaya tulisan yang menarik di slide presentasi agar nantinya mudah untuk dibaca. Selain itu, gunakan font size yang sesuai dengan ukuran slide, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Warna juga menentukan kualitas presentasi, karena apabila Anda menggunakan warna yang menarik maka calon klien akan betah mendengarkan ataupun memperhatikan saat Anda melakukan presentasi.

3. Gunakan Media Audio Visual

Agar presentasi lebih menarik, maka jangan hanya menggunakan tulisan saja. Anda bisa menambahkan beberapa variasi seperti gambar, video, audio atau bahkan bisa juga grafik dan table yang sesuai dengan materi yang akan Anda sampaikan. Dalam menggunakan audio sebaiknya yang sesuai dengan slide presentasi dan atur volume agar calon klien menjadi nyaman saat mendengarkan.

4. Cantumkan Poin-poin Penting Saja di Dalam Slide

Dalam melakukan presentasi, slide hanyalah media pembantu ketika Anda lupa dengan materi yang disampaikan. Untuk itu jangan terlalu banyak memasukkan materi ke dalam slide presentasi. Apabila presentasi Anda terlalu banyak pembahasan, itu menandakan bahwa Anda belum professional dalam memperkenalkan sebuah bisnis. Gunakan poin-poin penting saja, dan Anda harus selalu memperhatikan orang lain apakah nyaman atau tidak saat mendengarkan.

5. Buatlah Cerita Dalam Presentasi

Agar presentasi semakin menarik, Anda bisa menyelipkan beberapa cerita pengalaman baik itu pengalaman Anda sendiri atau orang yang sudah sukses di bisnis tersebut. Orang lain pasti akan semakin tertarik dan tidak bosan saat mengikuti presentasi dari Anda. Selain itu, ceritakan dari awal bagaimana Anda memulai bisnis tersebut, baik itu kegagalan ataupun hal yang sudah berhasil Anda raih.

6. Berikan Sesuatu Yang Berkesan

Di akhir presentasi Anda harus membuat calon klien menjadi tertarik dan selalu mengingat apa yang sudah Anda presentasikan. Anda bisa melakukan permainan, contohnya game berhadiah, tebak-tebakan atau bahkan membuat yel-yel yang menarik. Berikan mereka hadiah walaupun kecil, karena orang lain akan sangat suka jika diberikan hadiah saat selesai presentasi.

7. Terus Berlatih

Tips yang terakhir yaitu harus konsisten berlatih agar kemampuan dalam menyampaikan materi bisa lebih lancar dan mudah untuk dipahami. Apabila Anda pebisnis pemula, maka harus berlatih setiap hari dan jangan pernah putus asa. Anda bisa berlatih presentasi di depan kaca atau bahkan dengan teman bisnis yang lain agar mereka bisa memberikan masukan seberapa jauh perkembangan Anda dalam public speaking.  
 
Setelah membaca artikel di atas diharapkan bisa menambah pengetahuan bagi Anda semua yang ingin mencari informasi tentang bagaimana cara melakukan presentasi di depan calon klien. Memang tidak mudah berbicara di depan orang banyak, tetapi jika terus dilakukan pasti akan membuahkan hasil yang maksimal.