Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Efektif Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Bagi Mahasiswa

Masa-masa semester akhir menjadi masa yang membuat semua mahasiswa merasa tegang, karena mereka harus mengikuti UAS atau Ujian Akhir Semester dan itu akan menentukan IP atau Indeks Prestasi. Bagi sebagian mahasiswa, IP menjadi hal yang penting karena mereka bisa mengetahui seberapa serius ketika belajar di kampus. Tidak hanya itu, untuk mendapatkan IP yang bagus, pasti membutuhkan pengorbanan yang begitu keras sampai rela tidak bermain hanya untuk mempelajari materi. 
 
Namun, jika Anda mendapatkan IP dibawah rata-rata atau bahkan ada mata kuliah yang mendapatkan nilai D, maka terpaksa harus mengulang di semester berikutnya. Untuk itu, sebisa mungkin jangan sampai mengulang karena itu hanya akan menambah beban Anda di semester berikutnya. Tidak sedikit mahasiswa yang menerapkan belajar SKS atau biasa disebut dengan sistem kebut semalam. 
 
Artinya mahasiswa tersebut memaksakan diri untuk belajar semua mata kuliah dalam waktu semalam, dan jika itu tetap dilakukan maka saya rasa kurang efektif, bahkan membuat kefokusan Anda berkurang. Nah, untuk mengatasi situasi tersebut Anda harus memperhatikan cara belajar agar kedepannya bisa tetap berkonsentrasi. Berikut ini saya akan memberikan beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar.

Cara Meningkatkan Konsentrasi Dalam Belajar

7 Cara Efektif Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Bagi Mahasiswa

1. Menata Meja Belajar Dengan Baik

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan membuat tempat belajar senyaman mungkin dan jangan sampai ada suatu hal yang bisa mengganggu Anda ketika belajar. Meja belajar yang bersih akan membantu Anda dalam meningkatkan konsentrasi belajar, karena tidak terganggu oleh barang-barang berserakan lainnya. Ketika kamar dan meja belajar Anda berantakan, pasti akan merasa malas jika ingin belajar, bahkan mudah sekali merasa ngantuk.

2. Pilih Waktu dan Metode Belajar Yang Pas

Tidak semua mahasiswa bisa belajar di waktu yang sama, contohnya ada yang nyaman belajar saat malam hari, siang hari atau bahkan saat pagi hari sehabis subuh. Hal tersebut tergantung dari kenyamanan mahasiswa tersebut dalam belajar. 
 
Nah, Anda bisa menentukan waktu yang tepat dan metode belajar yang bagus untuk diri Anda. Contohnya Anda belajar di pagi hari dan metode belajar Anda yaitu dengan cara menghafal atau membuat catatan kecil, maka lakukanlah cara belajar tersebut secara konsisten.

3. Tentukan Batas Waktu Belajar

Terlalu lama belajar memang akan membuat kepala menjadi pusing, bahkan lama-kelamaan akan malas membuka buku. Maka dari itu, Anda harus bisa menentukan batas waktu dalam belajar, contohnya Anda belajar di rumah dalam waktu 2 jam dan disela-sela waktu tersebut Anda bisa meluangkan waktu sekitar 15 menit untuk istirahat. Jika waktu belajar sudah direncanakan dengan baik, pasti Anda akan lebih mudah dalam memahami materi dan akan lebih nyaman ketika belajar.

4. Jauhkan Gadget

Kebanyakan mahasiswa saat belajar pasti selalu bersamaan dengan bermain gadget. Hal tersebut justru akan merusak konsentrasi belajar bahkan akan lebih condong bermain gadget daripada belajar. Usahakan matikan gadget saat belajar berlangsung, agar Anda bisa fokus mempelajari materi dan tidak ada gangguan dari gadget tersebut.

5. Istirahat Yang Cukup

Setelah pulang dari kampus, sebaiknya Anda melakukan istirahat terlebih dahulu dan jangan langsung pergi bermain dengan teman, karena itu akan membuat tubuh Anda lebih cepat lelah. Usahakan istirahat sekitar 2 jam agar tubuh kembali sehat dan bugar. Nah setelah istirahat cukup, selanjutnya Anda bisa mempelajari lagi materi yang sudah disampaikan dosen saat di kelas. Istirahat yang cukup juga bisa membantu Anda dalam memahami materi.

6. Jangan Belajar Sambil Tiduran

Belajar sambil tiduran merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian mahasiswa. Tiduran tidak akan membuat Anda fokus, justru akan membuat Anda malas membaca atau mempelajari materi. Lebih baik belajar atau membaca buku sambil duduk agar pikiran bisa menjadi tenang dan bisa berkonsentrasi.

7. Lakukan Olahraga Ringan

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dengan berolahraga, seperti jogging atau senam selama kurang lebih 15 menit bisa meningkatkan fokus Anda dalam belajar. Kondisi tubuh yang sehat bisa membantu otak dalam memproses berbagai macam materi perkuliahan.
 
Kewajiban mahasiswa yaitu belajar dan jangan sampai Anda mendapatkan IP rendah hanya karena kurang dalam belajar. Berlomba-lombalah untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi di kampus agar nantinya bisa membahagiakan orang tua. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi Anda dan menjadikan Anda lebih berkonsentrasi dalam belajar.