Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah menjadi hal yang sangat diimpikan para fresh graduate, karena tujuan dari kuliah yaitu ingin bekerja di perusahaan yang diinginkan. Namun mendapatkan pekerjaan tidak semudah yang dibayangkan, karena jaman sekarang banyak sekali pengangguran walaupun mereka lulusan S1. 
 
Tidak jarang fresh graduate harus rela nganggur selama berbulan-bulan bahkan ada yang sampai 1 tahun nganggur hanya demi menunggu panggilan kerja dari perusahaan. Mengapa banyak sekali sarjana yang menganggur? Karena lapangan pekerjaan yang semakin sedikit, dan disisi lain lulusan sarjana justru semakin bertambah tiap tahunnya.

Bekerja Setelah Lulus Kuliah 

7 Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

Bagi sebagian mahasiswa mencari pekerjaan setelah lulus kuliah menjadi suatu keharusan, karena mereka pasti tidak mau ijazah sarjananya tidak terpakai sama sekali. Namun dibalik itu semua harus menempuh perjalanan yang sangat panjang, dan harus bersaing dengan fresh graduate lain agar bisa cepat mendapatkan pekerjaan. 
 
Bagi Anda yang masih menjadi mahasiswa, dan ingin cepat mendapatkan pekerjaan khususnya setelah lulus kuliah, maka perhatikan beberapa cara berikut ini karena cara ini sudah banyak dibuktikan oleh fresh graduate lainnya ketika lulus kuliah dan kebanyakan dari mereka lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

1. Saat Kuliah Jangan Terlalu Fokus Pada Teori

Sebagian besar mahasiswa di Indonesia lebih mengedepankan teori saja dibandingkan dengan praktek. Padahal yang dibutuhkan dunia kerja yaitu kemampuan mahasiswa dalam menganalisis bahkan dalam mengoperasikan sebuat alat. Namun masih banyak mahasiswa yang hanya pintar di dalam teori, tetapi jika ada materi praktek mereka masih merasa kesulitan. Hal tersebut akan membuat mahasiswa kurang siap dalam menghadapi dunia kerja, dan akhirnya sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

2. Jalin Relasi Sebanyak-banyaknya

Relasi atau networking sangatlah penting untuk dilakukan oleh semua mahasiswa terutama mahasiswa semester akhir. Mengapa perlu relasi? Karena dengan mempunyai relasi yang banyak, pasti Anda akan sangat mudah sekali dalam mendapatkan informasi baik itu tentang dunia kerja atau informasi penting lainnya. 
 
Dari semester 1 usahakan Anda jangan menjadi mahasiswa yang tertutup, tetapi selalu jalin relasi dengan banyak orang. Bukan hanya dengan teman kampus saja, tetapi juga harus dengan teman luar kampus agar pengalaman semakin bertambah.

3. Siapkan CV Sebaik Mungkin

Pada saat melamar pekerjaan, buatlah CV sebaik mungkin karena dengan CV tersebut akan menentukan cepat atau lambat Anda dipanggil untuk melakukan tes interview. Semasa kuliah ikutilah berbagai macam sertifikasi atau organisasi, agar CV Anda semakin lengkap dan semakin dilirik oleh HRD. Selain itu buatlah CV yang sekiranya menarik perhatian dan jangan menggunakan kata-kata berlebihan.

4. Persiapkan Diri Sebaik Mungkin Sebelum Tes Wawancara

Di tahap inilah yang membuat kebanyakan fresh graduate gagal dalam menghadapinya, mulai dari grogi, perkataan kurang sopan atau bahkan tidak bisa menjawab pertanyaan dari HRD. Jauh sebelum tes wawancara berlangsung, Anda harus sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan cara melatihnya setiap hari. 
 
Public speaking sangat penting karena dalam tes wawancara memerlukan tingkat kematangan dalam berbicara. Anda bisa melatih public speaking dengan mengikuti organisasi di kampus maupun di luar kamus.

5. Cobalah Menjadi Berbeda Dari Fresh graduate Yang Lain

Ketika ingin mendaftar pekerjaan, jangan sampai kemampuan Anda hanya setara dengan teman yang lain. Usahakan Anda mempunyai kemampuan yang lebih dari yang lainnya agar semakin membuat HRD percaya dengan Anda. Menjadi berbeda dengan lulusan lain merupakan sebuah modal Anda dalam menembus seleksi masuk ke perusahaan. Anda bisa melatih kemampuan atau skill yang kedepannya pasti dibutuhkan oleh perusahaan, contohnya kemampuan di bidang IT, berbahasa inggris sampai kepemimpinan.

6. Jangan Hanya Melamar 1 Perusahaan Saja

Kesalahan terbesar yang membuat fresh graduate sulit mendapatkan pekerjaan yaitu mereka hanya mengajukan lamaran di 1 perusahaan saja. Jika Anda ingin cepat mendapatkan kerja, maka lamarlah ke berbagai macam perusahaan yang dirasa sesuai dengan kemampuan dan skill Anda. 
 
Setidaknya melamar ke 10 perusahaan itu sudah cukup, atau bahkan jika Anda masih mempunyai waktu bisa melamar lagi. Semakin banyak perusahaan yang Anda lamar, maka peluang untuk memilih akan semakin besar.

7. Ukur Kemampuan Diri

Melihat kemampuan diri sendiri memang kewajiban seorang fresh graduate dalam mencari kerja. Kebanyakan fresh graduate jaman sekarang kurang pas ketika melamar perusahaan, antara perusahaan yang dilamar dan kemampuan yang dimilikinya tidak sebanding. 
 
Apabila kemampuan Anda hanya rata-rata, maka lamarlah ke perusahaan nasional saja, tetapi jika kemampuan Anda sudah diatas rata-rata maka tidak ada salahnya mengajukan lamaran di perusahaan Internasional.  
 
Semua fresh graduate pasti akan mengalami fase dimana mereka akan menganggur setelah lulus kuliah, dan pastinya hanya sedikit diantara mereka yang langsung mendapatkan pekerjaan. Tetapi jangan pernah berputus asa dalam mencari pekerjaan setelah lulus kuliah, karena jika Anda selalu berusaha dengan sungguh-sungguh maka semuanya akan ada jalan. Tetaplah upgrade kemampuan agar kedepannya bisa bersaing di dunia kerja.