Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Cara Agar Sukses Membangun Usaha Tanpa Harus Berhutang

Jaman sekarang apakah masih bisa membangun usaha tanpa berhutang? Terlebih jika modal yang ada sangat sedikit dan pastinya di luar kemampuan Anda? Sebenarnya ada berbagai macam bisnis yang bisa dilakukan, tetapi masih banyak orang yang ragu untuk membangun bisnis tersebut. Penyebab mereka takut yaitu ketakutan akan kegagalan dalam berbisnis, dan yang paling utama yaitu terkendala dalam modal. 
 
Sejatinya, dalam membangun usaha atau bisnis tidak harus sepenuhnya menggunakan uang, karena hal utama yang dibutuhkan yaitu niat dan kerja keras. Bahkan usaha tidak harus meminjam uang ke saudara atau ke bank, karena Anda masih bisa menggunakan modal yang terbatas tadi. Asalkan Anda mempunyai keinginan yang kuat untuk berbisnis, pasti semuanya akan berjalan dengan lancar. 
 
Apabila Anda sudah mempunyai ide usaha, maka lebih baik langsung saja segera melakukannya. Namun, bagaimana dengan masalah modal dalam membangun usaha? Berikut ini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin membangun usaha tanpa meminjam uang dari berhutang.

Cara Membangun Usaha Tanpa Berhutang

5 Cara Agar Sukses Membangun Usaha Tanpa Harus Berhutang

1. Menyusun Rencana Dengan Matang

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan menyusun rencana bisnis dengan matang, karena modal Anda sudah terbatas. Maka dari itu, Anda harus menyusun rencana yang berkaitan dengan bisnis yang akan dijalankan. Anda juga harus bisa memastikan bahwa usaha Anda tersebut bisa bertahan lama dan mudah untuk berkembang. Dan jangan lakukan usaha yang biasa-biasa saja karena itu hanya akan membuang-buang waktu dan pikiran. 
 
Setelah menentukan jenis usaha yang akan dijalankan, maka Anda harus merencanakan waktu, tempat dan bagaimana cara pelaksanaannya. Selain itu, Anda juga harus merencanakan berapa modal yang harus dikeluarkan dalam menjalankan bisnis tersebut. Tidak hanya modal saja, tetapi Anda harus pandai dalam memilih rekan bisnis yang berpengalaman.

2. Manfaatkan Tabungan atau Simpanan Anda

Jika Anda ingin memulai usaha tanpa pinjam uang ke bank, maka manfaatkan uang yang ada di tabungan sebaik mungkin. Itulah mengapa setiap orang diajarkan untuk selalu menabung agar nantinya bisa digunakan selagi memerlukan dana darurat. 
 
Dari tabungan tersebut, Anda bisa memulai usaha mikro atau berskala kecil, dan jangan habiskan uang tabungan tersebut untuk membangun usaha. Mengapa harus disisihkan? Karena nantinya akan digunakan untuk jaga-jaga selagi Anda membutuhkan modal, dan jika usaha Anda sudah berkembang, maka Anda harus bisa mengembalikan modal awal.

3. Menyisihkan Pendapatan

Saat usaha Anda sudah mulai berkembang, maka tidak ada salahnya menyisihkan uang untuk menambah modal agar bisnis semakin maju kedepannya. Banyak pelaku usaha yang sulit untuk mengembangkan usahanya, karena setelah mendapatkan keuntungan mereka lupa tidak menyisihkan sedikit. 
 
Akhirnya mereka kehabisan modal, dan terpaksa meminjam uang di bank. Maka dari itu, ketika Anda sudah memutuskan membangun usaha tanpa meminjam uang, maka gunakanlah sistem manajemen uang atau pengelolaan uang dengan baik. Anda bisa menyisihkan uang paling tidak 40% dari keuntungan yang sudah Anda dapatkan.

4. Menggunakan Sistem Bayar di Muka

Jika Anda mempunyai produk dan produk tersebut sangat diminati banyak orang, tetapi Anda kekurangan dalam segi modal, maka bisa menunjukkan gambar dan menyuruh mereka untuk membayar DP atau uang muka terlebih dahulu. Setidaknya Anda meminta DP 50% dari total harga produk, agar pembeli tidak mudah melarikan diri saat barang sudah siap atau ready. Dengan menggunakan sistem tersebut, otomatis Anda sudah mendapatkan tambahan modal tanpa harus meminjam ke lembaga keuangan.

5. Mencari Partner Bisnis Yang Berkualitas

Ketika menjalankan bisnis, Anda wajib mencari partner agar nantinya bisa membantu Anda ketika mendapatkan kesulitan dalam berbisnis. Apabila usaha Anda sudah berkembang dan ditengah jalan kehabisan moda, maka jangan langsung berhutang. Tetapi Anda bicarakan terlebih dahulu dengan partner bisnis, dan jika mereka tahu permasalahannya dengan jelas, maka bisa membantu Anda dalam menambahkan modal. Jadi keluh kesah Anda selama membangun bisnis bisa dirasakan bersama.
 
Memutuskan untuk terjun ke dunia usaha memang menjadi suatu pilihan semua orang, karena apabila mempunyai usaha sendiri maka Anda tidak akan tergantung dengan orang lain. Nah, membangun usaha tidak sepenuhnya menggunakan uang, yang terpenting Anda mempunyai niat untuk memulainya. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat terutama bagi Anda yang ingin membangun usaha tanpa berhutang.