Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Belajar Bahasa Inggris Dari Awal Kuliah

Sebagai seorang mahasiswa Anda harus selalu mengikuti perkembangan jaman salah satunya yaitu dengan menguasai bahasa inggris. Bahasa inggris merupakan bahasa Internasional yang wajib dipelajari oleh semua orang, dan akan digunakan di berbagai macam bidang, contohnya politik, bisnis, ekonomi sampai dengan teknologi. 
 
Nah, itulah yang menyebabkan bahasa inggris menjadi penting untuk dipelajari. Dengan menguasai bahasa inggris, Anda bisa melakukan apapun baik itu di tingkat nasional maupun Internasional. Namun, untuk bisa berbahasa inggris memang sangat sulit terutama bagi mereka yang tidak pernah berbicara menggunakan bahasa inggris. 
 
Maka dari itu, mulai dari sekarang Anda harus menguasai bahasa inggris agar kedepannya tidak menyesal, bahkan Anda akan lebih percaya diri ketika berada di hadapan umum. Lalu, mengapa sih mahasiswa harus belajar bahasa inggris? Berikut ada beberapa alasan yang menyebabkan mengapa mahasiswa wajib belajar bahasa inggris ketika masih kuliah.

Mengapa Harus Belajar Bahasa Inggris?

6 Alasan Mengapa Mahasiswa Harus Belajar Bahasa Inggris Dari Awal Kuliah

1. Meningkatkan Kecerdasan

Tahukah Anda bahwa dengan belajar bahasa inggris bisa meningkatkan kecerdasan otak? Karena setiap hari dituntut untuk selalu menghafal dan mengingat kosa kata bahasa inggris. Maka dari itu, jika Anda ingin kecerdasan otak bertambah, maka tidak ada salahnya belajar bahasa inggris dengan baik dan benar. Selain itu, akan mengurangi resiko penyakit pikun, bahkan juga bisa meningkatkan daya ingat.

2. Kesempatan Bekerja di Perusahaan Besar

Bagi Anda yang sudah menguasai bahasa inggris, maka setelah lulus kuliah tidak perlu bingung akan bekerja di mana dan di perusahaan apa. Jika nilai toefl Anda tinggi dan mampu berbicara dengan bahasa inggris dengan lancar, maka ketika ingin melamar pekerjaan akan sangat mudah, bahkan bisa memasuki perusahaan Internasional. HRD akan melirik calon karyawan yang sudah menguasai bahasa inggris, karena kedepannya bisa dipercaya untuk memajukan perusahaannya.

3. Bekal Melanjutkan Pendidikan

Jika Anda nantinya setelah lulus kuliah ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi seperti S1 atau bahkan S2, pasti kemampuan berbahasa inggris menjadi modal utama. Beberapa kampus akan memberikan beasiswa bagi mahasiswanya yang mempunyai kemampuan menonjol dalam bahasa inggris. Bahkan Anda akan lebih mudah dalam memasuki berbagai macam Universitas ternama, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Jaman sekarang masih banyak orang yang minder bergaul, karena terkendala dalam bahasa. Maklum saja, sekarang sudah banyak orang menyelipkan kata-kata bahasa inggris dalam percakapannya setiap hari. Selain itu, juga ada lagu-lagu popular di Indonesia yang menggunakan kosa kata bahasa inggris. Nah, apabila pengetahuan Anda tentang bahasa inggris sudah maksimal, maka tidak akan pernah minder ketika bergaul dengan siapapun.

5. Bisa Memahami Mata Kuliah Dengan Baik

Jika Anda kuliah di Universitas ternama pasti ada beberapa mata kuliah yang full menggunakan bahasa inggris, bahkan dosennya pun cara berbicaranya juga menggunakan bahasa inggris walaupun bukan dosen bahasa inggris. Nah, apabila ada mahasiswa yang tidak menguasai bahasa inggris, pasti akan kesulitan ketika mamahami mata kuliah. Untuk itu, bagi Anda yang baru mau masuk kuliah, saya sarankan untuk memperdalam kemampuan berbahasa inggris agar nantinya bisa mengikuti perkuliahan dengan baik.

6. Peluang Mendapatkan Beasiswa

Banyak mahasiswa yang berlomba-lomba untuk mendapatkan beasiswa ketika masih kuliah, karena itu akan meringankan beban orang tua. Nah, biasanya dalam mendapatkan beasiswa harus memenuhi persyaratan salah satunya yaitu mempunyai kemampuan dalam berbahasa inggris atau nilai toefl. Jika Anda sudah menguasai bahasa inggris, maka peluang mendapatkan beasiswa akan sangat besar.
 
Bahasa inggris memang terkesan sangat sulit untuk dipelajari. Namun, jika Anda dari awal sudah mempunyai niat yang kuat, maka sesulit apapun kosa kata yang sedang dipelajari pasti kedepannya bisa Anda kuasai dengan baik. Tetaplah bersemangat dalam belajar bahasa inggris, dan jika Anda masih kesulitan maka bisa mencari mentor atau bisa les privat.