Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Alasan Mengapa Banyak Orang Yang Ingin Bekerja Menjadi Karyawan BUMN

Bekerja di BUMN atau Perusahaan Badan Usaha Milik Negara menjadi suatu dambaan semua orang terutama bagi mereka yang baru saja lulus menjadi sarjana. Banyak Posisi yang bisa ditempati oleh para pelamar jika bekerja di BUMN. Setiap kali ada pendaftaran lowongan kerja BUMN, pasti peserta yang mendaftar sangat banyak karena apabila diterima maka hidupnya akan terjamin dan ditanggung oleh pemerintah. Tak jarang banyak orang tua yang menyarankan anaknya untuk bekerja menjadi PNS agar bisa menjalani hidup dengan tenang. 
 
Mereka yang sudah menempuh pendidikan di sekolah kedinasan pasti setelah lulus akan langsung diangkat penjadi PNS dan itu merupakan hal yang sangat membanggakan. Namun mahasiswa yang lulus dari universitas biasa harus mendaftar lagi ketika sudah lulus. Mengapa sih banyak yang ingin bekerja menjadi karyawan BUMN? Berikut alasannya.

Mengapa Ingin Menjadi Karyawan BUMN?

5 Alasan Mengapa Banyak Orang Yang Ingin Bekerja Menjadi Karyawan BUMN

1. Gaji Tetap

Bekerja sebagai karyawan BUMN memang tidak semudah yang dibayangkan, tetapi disisi lain gaji yang diberikan sangat menggiurkan bahkan gaji tersebut akan tetap setiap bulannya. Jadi karyawan BUMN tidak perlu khawatir gajinya akan turun, bahkan ketika sudah mempunyai pangkat yang tinggi, gajinya akan semakin naik. Gaji karyawan biasa yaitu sekitar 2 juta perbulan, dan gaji karyawan BUMN yaitu sekitar 5 sampai 7 juta perbulan.

2. Jenjang Karir

Kepastian jenjang karir menjadi hal yang sangat dinantikan oleh karyawan BUMN, karena jenjang karir akan sebanding dengan gaji. Semakin tinggi jenjang karir maka akan semakin tinggi juga gaji yang didapatkan. Apabila Anda ingin mempunyai gaji yang tinggi dan jenjang karir yang jelas, maka bekerja di BUMN menjadi keputusan yang sangat tepat.

3. Kesempatan Mendapatkan Beasiswa Pendidikan

Apabila Anda sudah diterima menjadi karyawan BUMN tidak hanya diberi gaji saja tiap bulan, tetapi perusahaan akan bertanggungjawab terutama pada pendidikan Anda. Jika Anda termasuk orang yang berprestasi maka perusahaan akan menyekolahkan Anda sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi ada banyak sekali yang menempuh pendidikan sampai ke luar negeri dan mencakup kampus-kampus mahal. Biasanya mereka yang disekolahkan oleh perusahaan, nantinya setelah lulus akan di berikan tugas baru lagi dan tentunya akan diikuti dengan gaji yang tidak sedikit.

4. Peluang Mendapatkan Bonus

Tidak hanya gaji saja yang didapatkan oleh karyawan BUMN, tetapi mereka juga akan mendapatkan bonus dan itu nominalnya juga sangat besar. Bonus yang didapatkan pasti akan sangat membantu kehidupan semua karyawan, contohnya THR, tunjangan khusus, sampai bonus tambahan. Bonus yang didapatkan juga tergantung dari pangkat atau jabatan yang diduduki.

5. Jaminan Hari Tua

Suatu kebanggaan jika bekerja di BUMN yaitu akan mendapatkan jaminan hidup di hari tua. Pegawai BUMN tidak perlu khawatir dengan kehidupan di masa tua, selagi negara ini masih berdiri pasti hidupnya akan selalu terjamin oleh negara. Berbeda dengan bekerja di perusahaan swasta, jika perusahaan tersebut bangkrut pasti karyawannya akan menjadi pengangguran. 
 
Selain itu pegawai BUMN akan mendapatkan pesangon dan tunjangan hidup apabila sudah ingin pensiun. Pesangon yaitu uang yang diberikan hanya sekali saja dan jumlahnya lebih besar dari tunjangan. Sedangkan tunjangan yaitu uang yang diberikan setiap bulan kepada karyawan yang sudah pensiun dan itu akan tetap diberikan selagi orang tersebut masih hidup, tetapi jumlahnya lebih kecil dari pesangon. 
 
Dari artikel di atas bisa disimpulkan bahwa bekerja di perusahaan BUMN sudah tidak usah diragukan lagi kehidupan kedepannya. Tetapi persaingan seleksi menjadi karyawan BUMN sangat ketat bahkan yang daftar ribuan yang diterima hanya puluhan saja. Bagi Anda yang ingin bekerja di perusahaan BUMN, persiapkan diri sebaik mungkin mulai dari sekarang.