Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Tips Menjadi Pembawa Acara atau MC Yang Harus Diperhatikan Pemula

MC atau Master Ceremony merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam membawakan acara di suatu kegiatan tertentu. Menjadi MC bisa dibilang susah-susah gampang, karena Anda harus memadukan antara kostum, public speaking dan mental. Untuk itu, ketika berniat menjadi MC maka membutuhkan persiapan yang cukup lama agar bisa menjadi MC professional. Seseorang yang sudah professional pun dulunya pasti memulai menjadi MC dari bawah, dengan rasa minder, tidak bisa ngomong atau bahkan sulit memahami inti dari sebuah acara. 
 
Nah bagi Anda yang ingin menjadi MC, maka jangan pernah minder dan jangan takut salah, karena semua butuh proses yang namanya belajar. Agar Anda bisa segara mempelajarinya, maka disini saya akan memberikan beberapa tips menjadi MC dalam sebuah acara yang harus diperhatikan oleh pemula.

Tips Menjadi Pembawa Acara atau MC

5 Tips Menjadi Pembawa Acara atau MC Yang Harus Diperhatikan Pemula

1. Selalu Percaya Diri

Percaya diri merupakan salah satu modal utama ketika membawakan sebuah acara dan menghadapi banyak orang. Setelah berdiri di hadapan orang banyak, Anda harus percaya bahwa kedepannya Anda bisa membawakan acara dari awal sampai akhir. Ikuti saja apa kata panitia dan usahakan selalu bersikap professional dan jangan lebay. Sesekali buat orang yang ada dihadapan Anda menjadi tersenyum agar lebih meningkatkan kepercayaan diri Anda.

2. Kuasai Acara

Sebelum hari H berlangsung, Anda harus sudah menguasai apa saja yang akan menjadi acara pada hari tersebut. Pelajari susunan acara, mulai dari pembukaan, isi, sampai penutup. Selain itu, pahamilah waktu, tempat dan orang penting yang datang di acara tersebut. Apabila Anda sulit dalam menghafal, maka bisa mencatat poin-poin pentingnya saja. Jangan sampai Anda tidak mengetahui tempat atau bahkan acara yang sedang dilaksanakan.

3. Jangan Salah Kostum

Sebagai pembawa acara atau MC, Anda harus bisa menyesuaikan kostum dengan acara yang sedang dilaksanakan. Usahakan kostum Anda menarik untuk dilihat agar orang lain tidak cepat merasa bosan. Contohnya jika acaranya yaitu pernikahan, maka Anda bisa memakai pakaian gaun dan jangan memakai pakaian kantor atau yang lainnya. Agar lebih menarik, Anda bisa menambah beberapa aksesoris seperti jam, gelang dan lain-lain.

4. Tetap Tenang dan Tersenyum

Apapun yang terjadi ketika acara berlangsung Anda harus menghadapinya dengan rasa tenang dan tetap tersenyum. Contohnya yang sering terjadi yaitu salah dalam menyebutkan nama orang atau bahkan salah sebut tempat. Dengan begitu jangan jadikan itu sebagai hambatan untuk Anda tersenyum. Tetaplah tenang karena nantinya pasti akan ada orang yang membantu Anda ketika mengalami kesalahan. Acara akan berjalan dengan lancar apabila cara Anda menyampaikan materi sangat simpel dan ramah.

5. Berdoa

Sebelum acara dimulai, maka jadikan doa sebagai senjata terbaik agar kedepannya bisa menyelesaikan acara dengan baik dan tanpa suatu halangan apapun. Luangkan waktu untuk berdoa dan tetaplah semangat karena apapun yang terjadi dalam acara merupakan bagian dari belajar. 
 
Itulah tips dalam menjadi pembawa acara atau MC yang harus selalu diperhatikan pemula. Sebelum memutuskan untuk menjadi MC, terlebih dahulu pastikan diri Anda sudah mahir dalam skill public speaking, karena jika orang sudah mempunyai skill public speaking yang bagus, maka apapun acaranya pasti bisa dilaksanakan dengan baik. Tetaplah belajar dan berusaha agar mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah selesai acara, Anda bisa mengevaluasi diri atau bahkan bisa meminta saran kepada orang lain apakah sudah maksimal atau belum saat membawakan acara.