Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Mudah Untuk Mendapatkan Beasiswa Ketika Masih Kuliah

Biaya kuliah memang semakin mahal, dan membuat banyak mahasiswa sibuk mencari cara bagaimana caranya untuk mendapatkan beasiswa ketika masih kuliah. Dengan adanya beasiswa maka mahasiswa akan merasa terbantu dengan adanya potongan biaya semesteran atau bahkan ada juga yang mendapatkan beasiswa full sampai lulus. Jika Anda saat kuliah sudah bisa mendapatkan beasiswa, maka akan meringankan beban orang tua dan pastinya membuat orang tua bangga. Banyak sekali beasiswa yang ditawarkan baik itu dari kampus maupun beasiswa dari pemerintah. 
 
Siapapun berhak mendapatkan beasiswa asalkan sudah memenuhi semua persyaratan yang diminta. Setiap lembaga pemberi beasiswa pasti mempunyai kebijakan yang berbeda-beda dalam memberikan beasiswa kepada mahasiswa ketika kuliah. Nah bagi Anda yang masih bingung bagaimana caranya mendapatkan beasiswa, maka bisa mengikuti tips berikut ini agar kedepannya bisa lebih mudah dalam mendapatkan beasiswa saat kuliah.

Tips Mudah Mendapatkan Beasiswa

6 Tips Mudah Untuk Mendapatkan Beasiswa Ketika Masih Kuliah

1. Minimal Semester 2

Tiap kampus pasti mensyaratkan mahasiswanya yang ingin mengajukan beasiswa minimal sudah menempuh semester 2, karena dari pihak kampus ingin mengetahui perkembangan nilai dari mahasiswa tersebut. Apabila nilai atau IPK yang didapatkan selalu meningkat, maka potensi untuk mendapatkan beasiswa akan lebih besar. Namun untuk mahasiswa baru belum bisa mengajukan beasiswa dan nantinya baru bisa mengajukan beasiswa di semester 3.

2. IPK Minimal 3.0

Anda juga harus mengetahui bahwa minimal IPK yang harus didapatkan untuk lolos beasiswa yaitu 3.0. Biasanya dalam memberikan syarat minimal IPK yaitu 3.0 atau bahkan lebih tergantung dari kebijakan kampus tersebut. Mendapatkan IPK 3.0 bukanlah perkara yang sulit, jika Anda dalam menjalani perkuliahan dengan serius. Anda bisa belajar lebih rajin dari semester 1, dan usahakan mendapatkan IPK di atas 3.0 atau bahkan 3.5. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan beasiswa akan terbuka lebar.

3. Rajin Mencari Informasi

Ketika sudah menjadi mahasiswa, Anda harus selalu aktif dalam mencari informasi tentang beasiswa. Anda bisa mencarinya di berbagai macam media sosial seperti Instagram, facebook dan masih banyak lagi. Jangan menjadi mahasiswa yang hanya menunggu beasiswa saja, karena itu akan sangat sulit didapatkan jika Anda tidak berusaha untuk meraihnya. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan tentang beasiswa kepada kakak tingkat yang dulunya pernah mendapatkan beasiswa di kampus.

4. Ajukan Permohonan dan Lengkapi Berkas

Apabila Anda sudah menemukan informasi tentang pembukaan dan penerimaan beasiswa, maka segeralah untuk mempersiapkan dan mengirim bekas yang dibutuhkan. Jangan sampai Anda mengirim berkas pada saat sudah berakhirnya pendaftaran. Lebih baik Anda mengumpulkan berkas di awal agar bisa lebih leluasa dalam meneliti apakah persyaratan sudah lengkap atau belum. Biasanya data yang disiapkan tidak sedikit dan itu tergantung dari kebijakan pemberi beasiswa. Berkas umum yang biasa dilampirkan ketika mengajukan beasiswa yaitu formulir pendaftaran, transkrip nilai, pas foto, surat rekomendasi, riwayat hidup dan juga ada surat keterangan khusus.

5. Buat Makalah atau Karya Ilmiah

Beberapa lembaga atau pihak pemberi beasiswa biasanya mensyaratkan peserta untuk mempunyai bentuk karya tulis original, karena dari pihak tersebut ingin mengetahui seberapa besar skill peserta dalam membuat karya tulis. Maka dari itu latihlah skill Anda di bidang kepenulisan agar nantinya bisa membuat karya tulis atau makalah yang bagus dan itu akan sangat bermanfaat ketika nantinya ingin mengajukan beasiswa.

6. Ikuti Tes Wawancara

Syarat terakhir untuk mendapatkan beasiswa yaitu mengikuti tes wawancara, karena jika Anda tidak mengikuti tes wawancara maka sudah bisa dipastikan tidak akan bisa mendapatkan beasiswa. Jadi ketika sudah waktunya untuk tes wawancara maka ikutilah dengan baik dan jangan sampai menghindar. Dengan adanya tes wawancara ini memudahkan pihak pemberi beasiswa dalam mengetahui kemampuan peserta. Oleh karena itu jangan terlalu tegang dan usahakan untuk selalu bersikap jujur, sopan dan berwibawa. 
 
Pemberi beasiswa akan sangat memprioritaskan peserta yang aktif di dalam organisasi, baik itu di dalam kampus maupun di luar kampus dan mempunyai prestasi lainnya. Apabila Anda hanya mengandalkan nilai saja, maka semua mahasiswa bisa mendapatkan nilai bagus. Yang harus Anda pikirkan yaitu apa yang membedakan Anda dengan mahasiswa yang lain.