Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Tips Menulis Artikel Yang Berkualitas dan Bebas Dari Sistem Plagiat

Dalam dunia kepenulisan, ada yang namanya plagiat atau plagiarisme yang berarti yaitu meniru atau merampas konten milik orang lain dan jika itu dilakukan secara terus menerus akan berdampak negatif pada website yang akan Anda buat, contohnya tidak bisa didaftarkan ke google adsense atau bahkan jika sudah terhubung dengan adsense akan kena banned. Apabila Anda sudah berani terjun ke dunia blogger maka sebisa mungkin menghasilkan karya sendiri dan jangan sekali-kali menjiplak karya orang lain. 
 
Jika Anda terus menjiplak tulisan orang lain maka belum pantas untuk dikatakan sebagai blogger. Artikel yang berkualitas memang sangat dibutuhkan karena dengan begitu konten Anda bisa berada di page one google dengan cepat. Namun masih banyak blogger pemula yang masih bertanya-tanya bagaimana caranya agar bisa menulis artikel agar lolos plagiarisme. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda praktekkan agar dalam menulis artikel tetap aman dan bebas plagiat.

Tips Artikel Lolos Sistem Plagiat

5 Tips Menulis Artikel Yang Berkualitas dan Bebas Dari Sistem Plagiat

1. Jadikan Menulis Sebagai Hobi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu berusaha untuk menyukai dunia kepenulisan terlebih dahulu agar nantinya saat menulis artikel Anda tidak begitu kesulitan dan dalam menjalankannya pasti dengan rasa senang. Jika Anda sudah menyukai dunia menulis, maka sesulit apapun konten yang akan dibuat pasti bisa diselesaikan dengan baik. Biasanya para blogger yang sudah professional akan menjadikan menulis sebagai hobi bahkan ketika mereka sibuk tetap bisa menulis secara konsisten.

2. Belajar Membuat Gaya Bahasa Sendiri

Dalam dunia kepenulisan, gaya bahasa menjadi suatu hal yang dijadikan sebagai ciri khas dari penulis tersebut. Jadi usahakan untuk memahami diri sendiri dan sebisa mungkin jangan meniru gaya bahasa orang lain. Jika Anda sudah terkenal dengan gaya bahasanya yang mudah dipahami maka ketika menulis artikel pasti akan bebas dari sistem plagiat, bahkan sampai beberapa artikel pun tidak akan kena plagiarisme. Usahakan jangan terlalu menggunakan bahasa yang terlalu formal, tetapi juga harus yang mudah dipahami.

3. Jangan Malas Membaca

Kewajiban seorang blogger yaitu menulis dan jangan lupakan membaca. Dengan memperbanyak membaca maka Anda akan mendapatkan banyak sekali pengalaman sekaligus bisa menambah kosa kata yang nantinya bisa Anda gunakan sebagai bahan menulis artikel. Mulai sekarang cobalah untuk selalu rutin membaca agar Anda bisa memahami dunia kepenulisan dengan baik. Jika kosa kata Anda sudah banyak maka akan semakin mudah dalam menulis artikel bahkan kualitas artikelnya pun bisa sangat baik.

4. Tulislah Yang Sekiranya Anda Kuasai

Biasanya blogger pemula banyak yang kena plagiat karena mereka tidak menulis artikel yang dikuasainya, tetapi mereka menulis artikel dengan topik yang sulit bahkan sebelumnya belum pernah mengetahui tentang topik tersebut. Nah jika Anda ingin artikel yang ditulis bisa selalu lolos plagiat, maka tulislah berbagai macam artikel yang sudah Anda kuasai, dan jangan sampai meniru tulisan orang lain. Alangkah baiknya tulislah artikel tentang kehidupan Anda setiap hari agar lebih menguasainya dan bisa lebih enjoy dalam menulis.

5. Gunakan Tools Plagiarisme

Setelah selesai menulis atikel sebaiknya Anda jangan langsung upload ke halaman blog, karena belum tau apakah itu terkena plagiat atau tidak. Anda bisa menggunakan berbagai macam tools yang sudah disediakan di google dan Anda bisa mengecek kualitas artikel lewat tools tersebut. Apabila artikel Anda berkualitas dan lolos plagiat, maka presentase unique artikel akan 100%, namun jika ada kalimat yang sama persis dengan artikel lain, maka akan diberi tanda merah dan itu harus segera Anda perbaiki. Dengan adanya tools tersebut lebih memudahkan para blogger untuk mengetahui kualitas artikel yang dibuat. 
 
Menulis merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan karena bisa menghilangkan stres dan bisa menambah skill dalam dunia kepenulisan. Tetapi jika Anda sudah menjadi blogger atau penulis lepas maka harus selalu diperhatikan kualitas artikelnya agar tidak membahayakan website yang sudah Anda bangun dari nol, jangan sampai website Anda kena banned hanya karena tulisan yang dibuat terkena plagiat. Semoga dengan membaca artikel di atas lebih memudahkan Anda dalam menulis artikel dan bisa bebas dari sistem plagiat.