Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Mudah Sakit Saat Belajar Online

Sistem pembelajaran siswa di Indonesia berubah drastis, dari yang tadinya belajar tatap muka datang ke sekolah, sekarang diubah menjadi daring atau belajar online di rumah. Hal tersebut disebabkan karena wabah corona yang belum juga menghilang, dan memaksa semua orang untuk selalu membatasi ketika ingin keluar rumah. Semua siswa setiap hari dituntut untuk menatap layar Hp atau laptop secara terus menerus, dan itu akan menyebabkan gangguan kesehatan terutama pada mata. 
 
Biasanya anak yang terbiasa melihat layar Hp pasti akan mengalami mata minus dan itu pasti akan mengganggu pembelajaran mereka. Selain itu juga ada gangguan mata lainnya, yaitu penglihatan buram, gatal atau bahkan sakit kepala. Nah agar mata tetap sehat walaupun belajar dilakukan secara online, maka perhatikan beberapa tips berikut ini tentang cara menjaga kesehatan mata selama belajar online.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Mudah Sakit Saat Belajar Online

1. Mengatur Kecerahan Layar

Ketika Anda mengikuti belajar online maka aturlah kecerahan layar menjadi mode rendah. Jangan sampai mengatur layar terlalu terang karena itu akan menyebabkan sakit mata apabila terlalu lama menatap layar, terlebih jika pembelajarannya sangat lama pasti mata Anda akan terasa sakit. Nah untuk itu sebelum memulai pembelajaran terlebih dahulu atur kecerahan layar.

2. Jaga Jarak Layar

Terlalu dekat melihat layar membuat mata terlalu fokus dan akhirnya setelah kurang lebih 30 menit pasti akan merasa pusing bahkan mata gatal. Maka dari itu agar nantinya tidak sakit kepala, Anda harus mengatur jarak antara mata dan komputer agar tidak terlalu dekat. Usahakan jarak Anda sekitar 60 cm dari layar laptop agar pendangan tetap jelas dan tidak menjadikan sakit mata. Apabila Anda menggunakan Hp, maka belilah tripod agar lebih memudahkan Anda dalam melihat layar.

3. Menggunakan Kacamata Anti Radiasi

Jaman sekarang sudah banyak sekali benda yang bisa mempengaruhi kesehatan mata seseorang salah satunya yaitu kacamata anti radiasi. Anda bisa membeli kacamata tersebut di berbagai macam toko optic yang ada di kota Anda. Selain menjaga kesehatan mata, dengan menggunakan kacamata tersebut juga bisa menghindari pusing kepala saat melihat layar terlalu lama.

4. Perbanyak Makan Buah

Belajar online di rumah memang sangat menguras tenaga dan pikiran bahkan kesehatan mata pun bisa terganggu, dan untuk menetralkan itu semua Anda harus memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan setiap hari agar tubuh Anda tidak kekurangan vitamin. Apabila tubuh Anda sudah cukup vitamin, maka ketika ingin melakukan suatu kegiatan pasti kesehatan akan selalu terjaga dengan baik, bahkan stamina akan semakin bertambah.

5. Batasi Menggunakan Hp

Kebanyakan siswa ketika sudah selesai belajar online, mereka pasti menghabiskan waktunya hanya untuk bermain Hp atau bahkan bermain game. Apabila Anda terus menerus melakukan hal tersebut maka mata Anda akan semakin lelah, bahkan sampai merah. Sebaiknya setelah selesai belajar online, maka istirahatkan mata sejenak agar tidak terlalu tegang. Usahakan jangan bermain Hp terlebih dahulu dan lebih baik istirahat sekitar 1 jam agar kepala tidak pusing dan kesehatan mata pun tetap terjaga.

6. Rajin Olahraga

Belajar online di rumah seringkali membuat semua siswa menjadi lupa dengan aktivitas lain salah satunya yaitu olahraga. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi dengan berolahraga maka mata Anda juga akan tetap terjaga. Minimal olahraga dalam sehari yaitu sekitar 30 menit, dan Anda bisa berolahraga pada pagi hari agar tetap bisa menghirup udara segar. 
 
Kesehatan mata harus tetap dijaga karena jika Anda tidak mempedulikan kesehatan mata, maka ketika sudah tua pasti akan merasakan akibatnya. Aturlah belajar online Anda sebaik mungkin agar semuanya bisa berjalan dengan baik.