Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Tips Bijak Dalam Mengelola Waktu Agar Tidak Terbuang Sia-sia

Menjadi orang yang selalu disibukkan dengan berbagai macam kegiatan membuat Anda menjadi pribadi yang produktif, tetapi jika Anda melakukan aktivitas yang kurang bermanfaat pasti akan menyesal di kemudian hari karena waktu yang telah digunakan ternyata hanya sia-sia dan kegiatan yang telah dilakukan tidak membuahkan hasil. Jika Anda setiap hari merasa waktunya terbuang sia-sia, maka Anda belum bisa menjadi orang dewasa yang bisa mengelola waktu dengan baik. 
 
Biasanya anak muda sering membuang-buang waktunya hanya untuk menjalani aktivitas yang kurang bermanfaat, contohnya nongkrong dengan teman atau bahkan hanya tiduran tidak jelas di kosan. Jaman sekarang sudah tidak jamannya lagi membuang-buang waktu karena jika Anda bisa memanfaatkan waktu dengan baik, maka kehidupan Anda kedepannya pasti akan tertata dengan baik dan tidak akan menyesal atas apa yang sudah dilakukan. Apabila Anda ingin waktunya menjadi lebih bermanfaat maka lakukanlah tips berikut ini agar kedepannya menjadi orang yang lebih menghargai waktu.

Tips Mengelola Waktu Dengan Baik

7 Tips Bijak Dalam Mengelola Waktu Agar Tidak Terbuang Sia-sia

1. Belajar Mengatur Prioritas

Melakukan sesuatu hal yang penting memang menjadi salah satu hal yang harus dilakukan pertama kali apabila Anda ingin memanfaatkan waktu dengan baik. Jika Anda posisinya sekarang masih menjadi mahasiswa maka usahakan untuk mendahulukan kegiatan kampus daripada kegiatan luar kampus yang dirasa kurang penting, karena jika Anda melupakan kegiatan kampus maka waktu Anda akan terbuang sia-sia. Tidak ada salahnya Anda mengikuti kegiatan di luar kampus, tetapi juga jangan melupakan kegiatan utama yaitu belajar untuk meraih cita-cita.

2. Buat Daftar Yang Akan Dilakukan

Ketika bangun tidur Anda harus sudah mulai merencanakan kegiatan yang akan dilakukan pada hari tersebut dan sebisa mungkin Anda melakukan hal yang positif agar waktu tidak terbuang sia-sia. Sebelum melakukan aktivitas sebaiknya susun terlebih dahulu hal yang harus dilakukan dan progres apa yang ingin Anda raih di hari tersebut. Jangan sampai Anda menjalani hari-hari hanya dengan rebahan atau tidak melakukan apa-apa, karena itu akan merugikan diri sendiri.

3. Isi Waktu Luang Dengan Kegiatan Positif

Memaksimalkan waktu luang dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang positif memang sangat bagus untuk perkembangan diri. Ketika ada waktu luang seperti hari minggu, maka Anda bisa memperdalam atau mengasah hobi Anda agar kedepannya bisa membuat diri Anda menjadi lebih berkualitas. Apabila waktu luang Anda masih tersisa banyak maka bisa mengikuti seminar yang bisa meningkatkan kemampuan Anda dalam berbagai macam bidang. Ilmu yang didapat dari seminar bisa diterapkan di dunia perkuliahan.

4. Kurang Aktivitas yang Membuang Waktu

Kebanyakan anak muda sering menghabiskan waktunya hanya untuk melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat bahkan hanya akan membuang-buang waktu saja. Jika Anda masih berusia 20an, maka sebisa mungkin untuk mengurangi aktivitas yang sekiranya tidak bermanfaat, contohnya bermain game, nongkrong tidak jelas atau bahkan berpacaran. Hindari aktivitas tersebut agar waktu Anda bisa lebih bermanfaat.
5.    Kurangi Waktu Tidur
Ketika masih muda jangan hanya menggunakan waktu untuk tiduran saja, tetapi gunakanlah untuk melakukan aktivitas yang sekiranya bisa membuat diri Anda menjadi lebih baik lagi. Apabila teman yang lain sedang tidur pulas, maka Anda harus berfikir kedepan dan bagaimana caranya bisa mengalahkan teman Anda yang kegiatannya hanya tiduran di kos. Banyak orang yang sudah sukses, mereka waktu tidur sehari hanya 3 sampai 4 jam saja dan sisanya digunakan untuk mengembangkan bisnisnya.

6. Kurangi Bermain Game

Bermain game memang sangat menyenangkan karena selain menghilangkan stres, juga bisa melatih konsentrasi. Namun jika Anda terlalu banyak bermain game maka akan membuat waktu Anda terbuang sia-sia terlebih jika sudah memasuki dunia perkuliahan pasti akan banyak sekali tugas yang harus dikerjakan. Mulai dari sekarang cobalah untuk mengurangi bermain game agar tidak kecanduan. Apabila Anda sudah berhenti bermain game maka otomatis banyak waktu luang yang didapat, dan mau tidak mau Anda harus melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

7. Tentukan Tujuan

Hal terakhir yang harus Anda lakukan yaitu dengan menentukan tujuan yang ingin Anda capai selanjutnya. Biasanya tujuan utama mahasiswa yaitu bisa lulus tepat waktu dan mendapatkan IPK cumlaude. Jika tujuan sudah ditentukan dengan baik, otomatis pikiran Anda akan lebih fokus pada tujuan dan pasti akan lebih menghargai waktu.  
 
Ingatlah bahwa tidak ada orang yang sukses yang dulunya menyia-nyiakan waktu. Tetapi mereka berjuang di awal dengan cara memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin dan jika Anda ingin menjadi orang sukses maka sebisa mungkin gunakan waktu untuk hal yang bermanfaat dan jangan membuang buang waktu ketika masih muda.