Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Manfaat Luar Biasa Bermain Rubik Yang Jarang Diketahui

Rubik merupakan salah satu mainan dimana jika Anda bisa memainkannya dengan baik maka akan sangat bermanfaat terutama untuk pikiran pasti jauh lebih cerdas. Banyak orang yang asik bermain rubrik dan ada juga yang masih kebingungan bagaimana caranya agar bisa membuat semuanya bisa menjadi satu warna. 
 
Apabila Anda mempunyai rubik dan tidak bisa memainkannya maka akan sangat sulit untuk dimengerti, namun jika Anda sudah mengetahui rumus dan poanya maka bisa menjadi permainan yang sangat menyenangkan karena bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih fresh. Ternyata rubik juga mempunyai manfaat yang luar biasa jika Anda mainkan secara serius. Berikut ini ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika sudah lancar bermain rubik.

Manfaat Bermain Rubik

7 Manfaat Luar Biasa Bermain Rubik Yang Jarang Diketahui

1. Melatih Kesabaran

Dalam menyelesaikan rubik tidaklah semudah yang dibayangkan, karena akan membutuhkan waktu yang cukup lama terlebih jika Anda baru pemula. Terdapat berbagai macam rumus yang digunakan bahkan setiap pola pun mempunyai rumus yang berbeda-beda. Nah dari situlah yang akan membuat Anda bisa menjadi lebih sabar dalam menyelesaikan permainan rubik tersebut. Jika Anda baru pemula biasanya membutuhkan waktu antara 15 sampai 20 menit untuk menyelesaikan satu warna saja.

2. Meningkatkan Daya Ingat

Bermain rubik tidak asal-asalan karena terdapat rumus yang harus Anda hafalkan agar permainan cepat terselesaikan. Nah dengan banyaknya rumus tersebut membuat Anda lebih sering mengingat dan sedikit demi sedikit ingatan Anda akan semakin terlatih untuk selalu mengingat segala hal. Sebisa mungkin Anda harus mengingat rumus atau bahkan penempatan pola rubik agar tidak berantakan. Biasanya orang yang sudah jago bermain rubrik, pasti daya ingat mereka jauh lebih kuat dibandingkan dengan orang yang tidak bisa bermain rubik.

3. Berhati-hati Dalam Mengambil Tindakan

Menyelesaikan permainan rubik membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan jangan sampai salah dalam mengambil tindakan, karena jika sekali saja Anda salah dalam memutar pola maka semuanya akan berantakan. Jadi dengan bermain rubik maka ketelitian seseorang ketika ingin menyelesaikan suatu permainan akan semakin meningkat. Kabanyakan orang yang yang rutin bermain rubik pasti akan selalu berhati-hati dalam mengambil tindakan.

4. Meminimalisir Bermain Gadget

Jaman sekarang gadget sudah menjadi hal yang harus selalu ada dalam kehidupan seseorang karena dengan menggunakan gadget maka bisa mendapatkan banyak sekali informasi. Nah jika Anda mempunyai rubik maka bisa melatih Anda untuk tidak terlalu lama bermain gadget karena sudah nyaman dengan rubik. Menurut sebagian orang, bermain rubrik bisa membuat seseorang melupakan gadget dan itu akan memberikan dampak positif jika dilakukan dalam waktu yang lama.

5. Belajar Menantang Diri Sendiri dan Memenuhi Target

Biasanya jika seseorang sudah ahli dalam bermain rubik pasti mereka akan mencoba tantangan baru seperti menyelesaikan rubrik dalam waktu 5 menit atau bahkan ada yang target selesai hanya 1 menit. Hal tersebut akan membuat mereka menjadi orang yang lebih menghargai waktu dan bisa membuat tantangan tersendiri untuk dirinya. Jika orang tersebut belum mencapai targetnya biasanya akan mengulang sampai beberapa kali bahkan jika sampai 10 kali percobaan belum berhasil pasti akan terus mencoba.

6. Melatih Koordinasi Otak dan Tangan

Tidak hanya otak saja yang digunakan dalam bermain rubik, tetapi tangan juga berperan sangat penting dalam menyelesaikan permainan agar bisa berjalan dengan baik. Jika otak dan tangan Anda bisa bekerjasama maka setiap kali melakukan percobaan pasti akan terkesan mudah bahkan menghasilkan gerakan yang cepat.

7. Melatih Konsentrasi

Dalam menyusun rubrik Anda harus mempunyai konsentrasi yang tinggi, bahkan semakin tinggi keinginan untuk bisa maka akan semakin tinggi konsentrasi yang dibutuhkan. Apabila Anda baru pemula maka harus berkonsentrasi dalam memahami pola dan rumus yang digunakan dalam bermain rubik. Jika Anda serius dalam memahaminya maka potensi untuk bisa lebih besar. 
 
Rubik bisa dibilang hanya permainan yang sepele, namun jika Anda bisa menguasainya maka akan berdampak luar biasa terutama bagi kecerdasan otak. Latihlah otak dengan cara bermain rubik paling tidak satu kali sehari untuk pemanasan otak sebelum memikirkan segala hal yang lebih berat lagi. Jika otak Anda sudah terbiasa untuk berfikir maka akan semakin mudah untuk melakukan suatu kegiatan.