Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Kiat Sukses Untuk Menjadi Siswa Yang Berprestasi Saat di Sekolah

Pendidikan memang menjadi hal yang sangat penting karena dengan pendidikan maka semua orang bisa menjadi lebih bijak dalam berfikir kedepan. Semakin tinggi pendidikan maka akan semakin tinggi pula pengalaman yang akan didapatkan baik itu di dalam akademik maupun non akademik. Namun banyak sekali siswa yang menginginkan untuk bisa menjadi berprestasi di sekolahnya, karena apabila berprestasi maka akan mendapatkan beasiswa dan juga menjadikan orang tua bangga. 
 
Tidak mudah untuk menjadi siswa yang mempunyai prestasi di sekolah, dan itu harus membutuhkan perjuangan yang ekstra karena harus mengalahkan berbagai macam teman yang lain. Namun itu semua tidak ada yang mustahil karena jika ada niat maka semuanya bisa didapatkan dengan mudah terutama menjadi siswa yang berprestasi. Bagi Anda yang ingin berprestasi di sekolah, maka perhatikan beberapa cara berikut ini.

Tips Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah

7 Kiat Sukses Untuk Menjadi Siswa Yang Berprestasi Saat di Sekolah

1. Mampu Belajar Secara Efektif

Belajar memang kewajiban semua siswa karena dengan belajar maka potensi untuk menjadi pintar akan lebih besar. Namun Anda harus bisa menyusun sistem belajar yang berbeda dengan yang lain dan pastinya harus lebih tekun. Usahakan untuk mengatur waktu untuk belajar agar saat mempelajari materi bisa lebih fokus dan tidak memikirkan hal yang lain. Apabila Anda sudah bisa belajar secara efektif maka lama-kelamaan prestasi akan mengikuti.

2. Aktif di Kelas

Saat belajar di kelas pasti guru sering memberikan pertanyaan kepada siswa setelah materi sudah selesai diajarkan, nah sebisa mungkin Anda harus selalu bertanya jika belum paham tentang materi yang disampaikan. Guru lebih menyukai siswa yang aktif bertanya dan menjawab daripada siswa yang hanya diam atau tidak pernah bertanya saat mengikuti pembelajaran. Nilai plus pasti akan Anda dapatkan saat sudah bisa menjadi siswa yang aktif.

3. Rajin Mengerjakan Tugas dan PR

Tips selanjutnya yaitu Anda harus selalu rajin ketika mengerjakan tugas atau PR yang diberikan guru karena guru akan menilai kepribadian seseorang melalui tugas yang diberikan apakah bisa menyelesaikan tepat waktu atau tidak. Apabila guru memberikan PR maka setelah pulang sekolah sebaiknya segeralah dikerjakan agar tidak menumpuk dengan tugas lain.

4. Kurangi Waktu Bermain

Bermain dengan teman memang menjadi hal yang sangat menyenangkan karena selain menambah wawasan, juga akan menghilangkan stres. Namun jangan terlalu lama bermain karena itu akan membuat Anda menjadi lupa dengan kewajiban utama yaitu belajar. Apabila Anda masih menempuh ujian semester maka kurangilah waktu bermain dan lebih baik waktunya digunakan untuk belajar.

5. Miliki Sikap dan Perilaku Baik

Tidak hanya belajar saja tetapi sikap dan perilaku juga akan menentukan Anda apakah kedepannya bisa berprestasi atau tidak. Apabila Anda mempunyai sikap dan perilaku yang baik maka guru akan menilai Anda sebagai siswa yang serius dalam belajar, dan pastinya akan mendapat nilai plus. Selain itu, jangan pernah membuat kesalahan di sekolah karena jika nama Anda sudah tercemar buruk maka akan sangat sulit untuk menjadi siswa yang berprestasi.

6. Miliki Tekat Berprestasi

Anda bisa menjadi siswa berprestasi asalkan sudah mempunyai niat atau tekat yang kuat. Banyak siswa yang ingin berprestasi tetapi tidak mempunyai tekat, bahkan mereka hanya belajar saja dan tidak mempunyai motivasi apapun. Niatkan diri Anda ketika pertama kali masuk sekolah untuk menjadi siswa berprestasi dan carilah bahan motivasi yang sekiranya bisa menjadikan diri Anda menjadi lebih berkembang lagi kedepannya.

7. Minta Doa Restu Orang Tua

Setelah semuanya sudah Anda lakukan dengan baik, maka saatnya untuk meminta doa restu kepada orang tua, karena doa orang tua yang paling mujarab. Percumah jika Anda sudah pintar di segala bidang tetapi tidak meminta doa kepada orang tua, dan hal tersebut hanya sia-sia saja. Ketika akan menghadapi ujian maka jangan lupa minta doa restu kepada orang tua agar dilancarkan semuanya. 
 
Itulah 7 tips yang bisa Anda praktekkan ketika ingin menjadi siswa yang berprestasi di sekolah. Memang prestasi tidak menjamin Anda sukses di masa depan, tetapi setidaknya bisa membuat Anda menjadi lebih bersemangat dan membuat orang tua bangga. Berjuanglah selagi masih sekolah, dan belajarlah dengan rajin agar tidak mengecewakan orang tua.