Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Kesalahan Fatal Mengapa Fresh Graduate Sangat Sulit Mendapat Pekerjaan

Salah satu hal yang paling ditakuti setelah lulus kuliah yaitu mencari pekerjaan. Walaupun sudah mendapatkan gelar sarjana, namun masih banyak dari mereka yang sulit mendapatkan pekerjaan karena berbagai macam faktor. Setiap mahasiswa pasti akan mengalami fase menganggur dan itu akan sangat membuat jenuh terlebih jika nganggur sampai bertahun-tahun. Berbagai upaya sudah dilakukan tetapi hasilnya tetap nihil bahkan ditolak beberapa perusahaan. 
 
Lalu apa sih yang menjadikan para fresh graduate sangat sulit mendapatkan pekerjaan? Pasti diantara fresh graduate yang melamar pekerjaan banyak melakukan kesalahan, dan akhirnya mereka tidak diterima kerja di salah satu perusahaan. Berikut merupakan kesalahan fatal yang menyebabkan fresh graduate sulit sekali mendapatkan pekerjaan.

Mengapa Fresh Graduate Sulit Mendapat Kerja?

6 Kesalahan Fatal Mengapa Fresh Graduate Sangat Sulit Mendapat Pekerjaan

1. Tidak Berusaha Mendapatkan IPK Yang Bagus

Dalam dunia perkuliahan IPK menjadi tolak ukur keseriusan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran di kampus. IPK sangat berpengaruh ketika ingin mendaftar kerja, karena jika mahasiswa tersebut bisa mendapatkan IPK yang tinggi bahkan cumlaude maka itu akan mempercepat dalam panggilan interview dari perusahaan. Tetapi jika IPK Anda jelek atau dibawah 2.75 maka potensi untuk dipanggil interview perusahaan akan semakin kecil. Maka dari itu belajarlah mulai dari semester awal agar nantinya bisa mendapatkan IPK bagus dan memudahkan untuk mencari kerja.

2. Memaksa Mendapat Gaji Tinggi

Tujuan dari mencari pekerjaan memang untuk mendapatkan gaji, tetapi kelakuan fresh graduate sering kali membuat HRD merasa risih karena mereka terlalu berambisi untuk mendapatkan gaji tinggi terlebih jika lulusan dari universitas ternama. Hal tersebut akan fresh graduate tidak disukai oleh HRD bahkan sampai kapanpun tidak akan bisa lolos seleksi kerja. Jika masih menjadi fresh graduate usahakan meminta gaji yang sewajarnya saja agar lebih meyakinkan HRD untuk menerima menjadi karyawan.

3. Tidak Mempunyai Skill Untuk Ditonjolkan

Saat melamar pekerjaan hal pertama yang harus dimiliki yaitu skill. Apabila mempunyai skill yang bagus di salah satu bidang maka potensi diterima akan semakin besar. Tetapi jaman sekarang banyak sekali fresh graduate yang tidak mempunyai skill saat melamar pekerjaan, dan bagaimana HRD mau menerima jika mereka saja tidak mempunyai skill? Penyebab fresh graduate tidak mempunyai skill yaitu karena saat kuliah mereka hanya kuliah pulang kuliah pulang saja, dan tidak pernah mengikuti berbagai macam kegiatan di kampus, atau istilahnya menjadi mahasiswa pasif.

4. Skill Komunikasi Buruk

Skill berkomuniaksi memang terdengar sangat sepele, namun itu akan sangat berpengaruh ketika nanti melamar pekerjaan bahkan menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh HRD saat wawancara. Tetapi kenyataannya masih banyak fresh graduate yang tidak mempedulikan skill berkomunikasi yang baik, dan mereka sangat sulit untuk memasuki perusahaan. Untuk itu sebelum Anda lulus kuliah maka latihlah skill berkomunikasi Anda dengan baik dengan cara mengikuti organisasi di kampus.

5. Menyepelekan Kuliah

Kebanyakan anak muda jaman sekarang terlalu menyepelekan kuliah terlebih jika sekarang masih di masa pandemi dengan sistem pembelajaran yang dilakukan secara daring. Memang kuliah tidak akan menjamin setelah lulus bisa sukses, tetapi setidaknya jangan sampai menyepelekan perkuliahan karena jika sekali saja mahasiswa menyepelekan kuliah pasti akan sangat sulit menjalani kehidupan setelah lulus nanti. Perusahaan juga tidak akan menyukai fresh graduate yang semasa kuliah hanya bermalas-malasan saja, tetapi perusahaan sangat menyukai orang yang disiplin dan tegas dalam menghadapi berbagi macam masalah.

6. Tidak Memperluas Networking

Kuliah menjadi waktu yang tepat untuk memperluas networking karena dengan mempunyai networking yang luas maka bisa menambah pengalaman. Namun masih ada mahasiswa yang kurang peduli dengan lingkungan luar bahkan bergaul dengan teman saja tidak penah. Hal tersebut akan membuat mereka menjadi orang yang kuper atau kurang pergaulan dan akan menyebabkan kesulitan ketika mencari pekerjaan karena tidak ada orang yang memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan. Setiap hari mereka hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu dan hanya mengandalkan nilai saja. 
 
Itulah 6 kesalahan mengapa kebanyakan fresh graduate masih merasa sulit dalam mencari pekerjaan bahkan bisa sampai nganggur setelah lulus kuliah. Bagi Anda yang tidak ingin menganggur maka jangan sampai melakukan kesalahan di atas sebelum akhrinya menyesal.