Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan di Masa Mendatang

Bagi Anda yang baru saja lulus SMA pasti yang ada di pikirannya yaitu melanjutkan ke perguruan tinggi, karena dengan menempuh bangku perkuliahan maka semakin dekat dengan impian yang ingin dicapai. Setiap orang pasti ingin sekali merasakan bangku kuliah, dan jika Anda sekarang diberikan kesempatan untuk kuliah maka manfaatkan waktu dengan baik karena tidak semua orang bisa kuliah. Sebelum masuk kuliah pasti Anda akan memilih jurusan yang tepat, agar kedepannya dalam menjalani perkuliahan bisa berjalan dengan lancar.
 
Memilih jurusan kuliah tidak semudah membalikkan telapak tangan, dan itu harus dipertimbangkan secara matang antara minat dan prospek kerja kedepannya. Sekarang banyak sekali orang yang salah dalam memilih jurusan atau bahkan ketika di semester 4 atau 5 banyak yang mengeluhkan bahwa prospek kerja di masa depan tidak luas. Untuk itu pilihlah jurusan yang sekiranya prospeknya bagus di masa depan. Agar tidak salah pilih, berikut ini ada beberapa jurusan kuliah yang akan dibutuhkan di masa mendatang.

Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan

7 Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan di Masa Mendatang

1. Desain Komunikasi Visual

Jurusan DKV memang mempunyai peminat yang banyak karena jurusan ini kedepannya pasti prospek kerjanya sangat bagus, karena semakin berkembangnya jaman maka perusahaan akan membutuhkan animator, desainer untuk mendesain berbagai macam produk. Bagi Anda yang suka dengan menggambar, maka beruntunglah memasuki jurusan Desain Komunikasi Visual karena ilmu yang didapatkan akan sangat bermanfaat di masa yang akan datang.

2. Sastra Inggris

Jurusan sastra inggris termasuk ke dalam jurusan yang peluang kerjanya sangat luas. Mahasiswa sastra inggris biasanya sudah melakukan kerja part time saat masih kuliah, contohnya menjadi penerjemah, penulis blog atau bahkan membuka les privat bahasa inggris. Selain itu juga ada yang melanjutkan S2 dan menjadi dosen. Semua hal di dunia ini pasti menggunakan bahasa inggris, jadi apabila Anda mengambil jurusan ini pasti tidak akan kesulitan ketika ingin melakukan suatu hal.

3. Teknik Telekomunikasi

Jurusan ini memang jarang ditemukan di semua kampus, hanya beberapa kampus saja yang menyediakan jurusan Teknik Telekomunikasi. Mahasiswa jurusan ini biasanya sangat ahli di bidang pemrograman, IOT dan juga selular. Peluang kerjanya di masa depan sangat luas, contohnya menjadi seorang IOT enginer, software enginer, network enginer dan masih banyak lagi.

4. Pendidikan Dokter

Di masa mendatang pasti sangat dibutuhkan dokter-dokter yang berkualitas, bukan hanya dokter umum saja tetapi juga membutuhkan dokter spesialis. Terlebih sekarang masih dalam masa pandemi pasti kesehatan menjadi hal yang utama. Sampai kapanpun, jurusan pendidikan dokter akan selalu dibutuhkan, jadi jangan ragu untuk memilih jurusan ini.

5. Teknik Mesin

Jurusan teknik mesin juga tidak kalah dengan jurusan yang lain, karena semakin berkembangnya jaman maka akan semakin canggih transportasi. Untuk itu mahasiswa teknik mesih sangat dibutuhkan di masa depan. Bagi Anda yang saat SMK mengambil jurusan TKR, maka saat kuliah bisa mengambil jurusan teknik mesin ini.

6. Teknik Informatika

Prospek jurusan teknik informatika sudah tidak diragukan lagi di masa depan, maka dari itu banyak yang berlomba-lomba untuk mengambil jurusan ini. Contoh pekerjaan yang digeluti oleh lulusan teknik informatika yaitu web developer, computer programer dan masih banyak lagi.

7. Manajemen Bisnis

Apakah Anda bercita-cita menjadi seorang yang ingin mengelola sebuah bisnis? Jika iya maka jurusan manajemen menjadi jurusan yang paling tepat. Dalam jurusan ini, Anda akan mempelajari tentang cara memanajemen berbagai macam hal terutama yang berhubungan dengan bisnis. Prospek kerja kedepannya sangat luas, diantaranya yaitu pemasaran, startup development, pengawas keuangan dan masih banyak lagi.
 
Menentukan jurusan kuliah memang gampang-gampang susah, dan bagi Anda yang masih bingung maka tentukan jurusan apa yang ingin diambil saat kuliah. Sebaiknya Anda sudah menentukan jurusan kuliah sebelum lulus dari SMA. Semoga artikel yang sudah saya bagikan di atas bisa menjadi patokan Anda dalam memilih jurusan kuliah. Yang terpenting yaitu jangan sampai salah jurusan, karena biaya kuliah itu sangat mahal dan jika sudah menentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat, maka tekunilah dan belajarlah dengan rajin.