Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Hal Yang Membuat Anda Dinilai Menjadi Karyawan Yang Kurang Profesional

Ketika sudah terjun ke dunia kerja pasti semua orang harus berusaha agar bisa menjadi pribadi yang profesional baik itu karyawan maupun atasan, karena jika sudah mempunyai jiwa profesionalitas yang tinggi maka akan dicap sebagai orang yang mempunyai tujuan yang baik. Jika Anda sudah mulai bekerja menjadi karyawan biasanya di akhir bulan akan mendapatkan gaji dari bos atau atasan, namun gaji yang Anda dapat seringkali tidak sesuai yang diharapkan dari awal, dan itu pasti membuat Anda bingung. 
 
Hal tersebut bisa terjadi karena aktivitas Anda selama bekerja kurang membuat atasan nyaman bahkan tidak menunjukkan sikap profesional dalam melakukan pekerjaan. Nah biasanya jika seseorang masih menjadi karyawan baru tidak akan pernah memahami bagaimana caranya menjadi karyawan yang profesional, dan akan membuat Anda menjadi orang yang kurang berpengalaman dalam pekerjaan. Berikut ini saya akan membagikan beberapa hal yang justru membuat atasan menilai Anda sebagai karyawan yang kurang profesional.

Sikap Karyawan Yang Kurang Profesional

5 Hal Yang Membuat Anda Dinilai Menjadi Karyawan Yang Kurang Profesional

1. Terlalu Sering Bermain Hp

Sikap seperti ini sering dilakukan oleh freshgraduate yang baru pertama kali bekerja dan menjadi karyawan. Bahkan setiap saat mereka membuka Hp hanya untuk membalas chat yang kurang penting. Hal tersebut bisa membuat atasan menjadi risih dengan sikap karyawannya yang kurang peduli dengan pekerjaan yang dijalaninya, bahkan potensi dikeluarkan dari perusahaan akan semakin besar. Jika Anda baru pertama kali kerja, maka jangan sampai terlalu sering membuka Hp, karena Anda belum tau bagaimana sifat atasan ketika melihat karyawannya melakukan hal tersebut. Usahakan menjadi karyawan yang peduli dengan pekerjaannya dan sebisa mungkin matikan Hp saat masih bekerja.

2. Meja Kerja Berantakan dan Kotor

Dimanapun berada kebersihan menjadi hal utama yang harus dilakukan karena semua orang terutama atasan pasti akan suka jika mempunyai karyawan yang peduli dengan kebersihan. Namun jaman sekarang masih banyak karyawan yang menyepelekan kebersihan terutama saat posisi sedang bekerja. Jika hal tersebut tidak segera ditinggalkan maka Anda akan dicap sebagai karyawan yang kurang profesional. Maka dari itu setelah pekerjaan selesai, maka sebisa mungkin membersihkan meja kerja agar terlihat lebih rapi dan tidak kotor.

3. Suka Mengeluh Sana-sini

Mendapatkan pekerjaan yang banyak dan dikritik orang merupakan suatu hal yang wajar dialami seorang karyawan, dan sebisa mungkin Anda jangan membicarakan permasalahan tersebut ke banyak orang. Mengeluh tentang pekerjaan tidak masalah asalkan tau batasan, tetapi yang menjadi masalah yaitu ketika Anda sering mengeluhkan atau menceritakan keluh kesah ketika bekerja ke banyak orang. Hal tersebut hanya akan menurunkan harga diri Anda dan pastinya atasan akan menilai Anda sebagai orang yang kurang profesional.

4. Suka Bergosip

Saat sedang di kantor dan ada waktu luang maka yang biasanya dilakukan oleh perempuan yaitu bergosip atau membicarakan orang lain. Kegiatan bergosip sebisa mungkin dihindari saat bekerja karena Anda tidak tau perjuangan orang yang Anda bicarakan tersebut di belakang seperti apa. Belum tentu orang yang Anda bicarakan di belakang lebih buruk dari Anda. Bisa jadi mereka sedang melakukan suatu aktivitas dimana aktivitas tersebut bisa membuat dirinya menjadi orang yang lebih baik lagi. Jadi hindari bergosip saat sedang bekerja, karena itu akan membuat atasan menjadi risih mendengarnya.

5. Tidak Bisa Tepat Waktu Dalam Hal Apapun

Hal selanjutnya yang menjadikan Anda karyawan tidak profesional yaitu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, bahkan sering telat masuk kerja. Jika Anda melakukan kesalahan tersebut secara berulang kali maka yang akan terjadi yaitu atasan akan memarahi Anda bahkan jika sudah terlalu berlebihan akan dipecat dari perusahaan. Maka dari itu mulai sekarang ketika masih kuliah, usahakan selalu mengerjakan tugas tepat waktu dan jangan sampai menyepelekan apapun karena itu akan berdampak bagi kehidupan Anda kedepannya. 
 
Itulah 5 hal yang bisa menjadikan Anda karyawan yang kurang profesional. Oleh karena itu mengapa guru atau dosen membentuk Anda menjadi orang yang disiplin, tepat waktu dan menjaga kebersihan, karena mereka berharap suatu saat jika Anda sudah terjun ke dunia kerja bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi bahkan kedepannya bisa menjadi pemimpin.