Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Ekspektasi Tidak Sesuai Dengan Realita

Selama ini pasti Anda pernah berekspektasi atau berharap terlalu tinggi, contohnya kuliah di kampus terkenal atau bahkan bekerja di perusahaan besar. Namun terkadang apa yang sudah Anda impikan selama ini ternyata tidak sesuai dengan realita, bahkan terlalu jauh dengan apa yang sudah Anda rencanakan. Hampir semua orang merasa putus asa ketika menghadapi keadaan tersebut bahkan bisa menjadi orang yang pesimis. 
 
Nah ketika Anda sedang mengalami keadaan tersebut, dan jangan sampai menyalahkan siapapun karena semua aktivitas yang dilakukan di dunia ini sudah direncanakan Allah swt sebaik baiknya, dan Anda harus selalu bersyukur atas apa yang sudah Anda raih walaupun tidak sesuai dengan keinginan. Berikut ada beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika ekspektasi tidak sesuai dengan realita.

Sikap Ketika Ekspektasi Tidak Sesuai Realita

5 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Ekspektasi Tidak Sesuai Dengan Realita

1. Syukuri Atas Apa Yang Sudah Diterima Sekarang

Memang kenyataan yang tidak berjalan sesuai realita membuat semua orang menjadi sedih bahkan berujung kekecewaan. Tetapi mulai dari sekarang Anda harus buang jauh-jauh perasaan tersebut karena jika Anda terlalu lama terlarut dalam kekecewaan maka permasalahan tidak akan cepat selesai. Untuk itu setiap kali mendapatkan sesuatu tetapi tidak sesuai dengan realita, maka Anda harus selalu bersyukur karena banyak orang di luar sana yang ingin hidup seperti Anda sekarang ini.

2. Jangan Terlalu Lama Dalam Kesedihan

Perasaan sedih memang sudah menjadi hal yang wajar dan sebisa mungkin Anda jangan terlalu lama berada dalam kesedihan karena itu akan membuat Anda menjadi orang yang pesimis. Jika semuanya sudah terjadi maka lupakanlah karena banyak sekali rencana kedepan yang harus Anda raih. Ketika Anda tidak diterima di perguruan tinggi favorit maka jangan sampai mengalami kesedihan karena belum tentu orang yang kuliah di kampus terkenal lebih baik dari Anda.

3. Jangan Putus Asa!!! Bangkit Dengan Semangat Baru

Sesungguhnya ekspektasi yang berjalan tidak sesuai dengan realita justru membuka kesempatan untuk Anda agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jadi walaupun kenyataan tidak sesuai dengan apa yang sudah Anda rencanakan, maka jangan sampai menyerah dan harus lebih baik dari sebelumnya. Jika Anda sebelumya belajar hanya 3 jam, maka mulai dari sekarang usahakan belajar lebih rajin lagi paling tidak 5 jam perhari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Jalankan Plan Lain

Setiap orang pasti mempunyai yang namanya plan atau rencana lebih dari satu. Apabila Anda gagal di plan A maka sebaiknya langsung saja berjuang untuk mendapatkan plan B dan seterusnya. Jadi setiap kali Anda gagal, sudah tidak bingung lagi mau berjuang untuk apa karena sudah ada rencana atau plan yang direncanakan. Ketika menjalankan plan lain, usahakan untuk lebih baik dari plan sebelumnya.

5. Kegagalan Meurpakan Awal Kesuksesan

Ketika Anda mengalami kegagalan maka jangan menganggap bahwa Anda tidak bisa sukses, karena selagi Anda masih hidup dan berani berjuang maka kesuksesan pasti akan datang. Banyak orang sukses yang dulunya pernah mengalami kegagalan sampai berpuluh-puluh kali, dan bedanya yaitu mereka terus berjuang karena mereka percaya bahwa kegagalan merupakan batu loncatan menuju kesuksesan. 
 
Tidak ada kehidupan yang berjalan mulus-mulus saja, pasti ada kerikil yang harus Anda hadapi ketika meraih masa depan. Apabila Anda berhasil mengelola ekspektasi dengan baik maka akan membuat pikiran menjadi lebih nyaman dan bisa menghilangkan stres. Untuk itu cobalah untuk mempersiapkan diri mulai dari sekarang agar kedepannya lebih siap untuk menghadapi situasi di luar ekepektasi.