Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Hal Yang Akan Dirasakan Saat Memutuskan Merantau di Kota Besar

Meskipun dirasa begitu berat, namun sesungguhnya merantau merupakan salah satu fase dimana seseorang bisa mengembangkan dirinya melalui berbagai macam hal, contohnya untuk menempuh pendidikan atau bahkan untuk kerja agar mempunyai kehidupan yang lebih baik kedepannya. Apabila Anda mempunyai tujuan yang sudah saya jelaskan tersebut, maka jauh dari orang tua, teman atau bahkan kerabat dekat, menjadi suatu dorongan untuk Anda agar bisa sukses meraih impian di kota orang, bukan malah menjadi malas atau memperberat langkah kedepan. 
 
Dalam kenyataannya memang tidak semua anak rantau bisa sukses, karena sudah banyak dari mereka yang hanya pulang tidak membawa apa-apa, bahkan mereka pulang dalam keadaan yang semakin buruk dari kehidupan sebelumnya. Namun ada juga perantau yang bisa menggapai impiannya dan bisa menjadi orang sukses yang membanggakan orang tuanya. 
 
Untuk itu cobalah untuk merantau agar Anda mendapatkan banyak sekali pengalaman yang nantinya bisa berguna dalam menjalani kehidupan. Ada beberapa hal yang pasti akan Anda rasakan jika sudah memutuskan untuk merantau.

Yang Dirasakan Saat Merantau

7 Hal Yang Akan Dirasakan Saat Memutuskan Merantau di Kota Besar

1. Kemandirian Akan Terbentuk

Ketika sudah resmi menjadi anak rantau, maka mau tidak mau harus melakukan kegiatan sendiri karena sudah tidak ada lagi orang yang membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan contohnya memasak, mencuci baju atau bahkan membersihkan kamar. Jika dulu waktu di rumah Anda hanya duduk santai, maka sekarang harus bisa mengerjakan semuanya sendirian, dan lama kelamaan pasti Anda akan menjadi orang yang mandiri dalam segala hal. Memang ketika baru pertama kali merantau sangat sulit untuk membiasakan diri mengerjakan semua pekerjaan, tetapi jika sudah berjalan sekitar 3 bulan pasti akan semakin terbiasa dan enjoy dalam menjalankannya.

2. Merasakan Kebebasan

Setiap anak muda pasti membutuhkan kebebasan karena mereka ingin melakukan berbagai macam kegiatan yang disukainya. Hal yang biasa dilakukan oleh remaja ketika merantau yaitu bermain dengan teman, atau bahkan bebas dalam hal membangun sebuah bisnis. Apabila Anda tidak merantau, maka di rumah pasti akan takut dengan omongan orang tua yang membuat Anda semakin tertekan.

3. Mudah Terkena Penyakit

Mendapatkan uang saku yang sedikit membuat Anda sebagai anak rantau pasti sangat ngirit dalam mengeluarkan uang terutama untuk makan. Biasanya anak kos makan paling banyak sehari 2 kali, itu pun dengan lauk yang seadanya. Bahkan jika sudah akhir bulan banyak yang tidak makan atau hanya minum air putih saja. Kekurangan gizi yang dialami anak kos membuat mereka menjadi mudah sekali terkena penyakit terutama penyakit magh karena sering telat makan.

4. Tersesat Karena Tidak Hafal Jalan

Merantau di kota besar seperti Jakarta membuat semua orang pasti merasa bingung terlebih jika mereka sebelumnya belum pernah merantau. Biasanya saat seminggu atau 2 minggu pertama dalam mencari jalan akan terasa sulit bahkan tersesat karena banyaknya simpangan yang ada di kota besar. Pengalaman tersebut tidak akan pernah dilupakan oleh anak rantau dan bisa menambah pengalaman.

5. Rindu Keluarga

Menjadi anak rantau tidak semudah yang dibayangkan karena Anda harus menahan rindu dengan keluarga terutama orang tua, karena yang biasanya setiap hari bertemu orang tua, tetapi sekarang paling tidak 6 bulan atau bahkan 1 tahun sekali. Jika Anda merindukan keluarga di rumah alangkah baiknya menelfon orang tua untuk sekedar menanyakan kabar dan untuk menghilangkan rasa rindu yang terpendam.

6. Pengalaman Semakin Bertambah

Ketika masih tinggal di desa pasti Anda akan berkumpul dengan orang itu-itu saja dan pastinya sangat minim pengalaman. Namun saat sudah merantau maka akan mendapatkan banyak sekali teman dimana teman tersebut berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia. Anda bisa bertukar pikiran dengan mereka dan juga bisa membuat Anda mengetahui banyak hal. Jika Anda ingin mempunyai pengalaman yang banyak, maka mulailah untuk pergi merantau ke kota besar.

7. Lebih Menghargai Uang

Anak muda yang sudah terbiasa merantau maka akan semakin berhati-hati ketika mengeluarkan uang, walaupun hanya 2000 bagi mereka itu sangat berharga terutama ketika akhir bulan. Saat mereka menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak jelas maka kedepannya akan kesulitan ketika ingin makan, maka dari itu rata-rata orang perantauan sangat menghargai uangnya dan menggunakan uang untuk ditabung agar kehidupan kedepannya tidak kekurangan. 
 
Sudah terbukti banyak orang yang mengalami perubahan ketika memutuskan untuk merantau. Jika Anda ingin mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi, maka cobalah untuk merantau di kota orang dan ambillah sisi positif ketika merantau. Tetapi yang harus diingat yaitu merantaulah demi kebaikan dan jangan sampai Anda mengecewakan orang tua di rumah.