Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Hal Yang Akan Anda Rasakan Ketika Memutuskan Untuk Menikah Muda

Menikah dengan pasangan yang dicintai memang menjadi dambaan semua orang, dan pasti kedepannya akan mengharapkan keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah. Apabila mempunyai keluarga yang harmonis maka kehidupan kedepannya pasti akan berjalan dengan baik. Namun menikah tidak seindah yang dibayangkan, karena Anda harus memikirkan semua kebutuhan hidup hanya dengan pasangan saja dan pastinya sudah mulai merasa malu jika meminta uang kepada orang tua. 
 
Kebanyakan anak muda jaman sekarang menginginkan untuk menikah muda, tetapi kenyataannya banyak dari mereka yang menyesal ketika sudah menikah karena banyak sekali kebutuhan hidup yang belum bisa mereka penuhi dan masih kebingungan bagaimana cara membentuk keluarga yang baik. Nah berikut ini ada beberapa hal yang akan Anda rasakan ketika sudah menikah di usia muda.

Yang Akan Dirasakan Saat Menikah Muda

5 Hal Yang Akan Anda Rasakan Ketika Memutuskan Untuk Menikah Muda

1. Merasa Kehiangan Masa Muda

Kehidupan di masa muda menjadi fase dimana Anda harus bertumbuh dan berkembang, serta sangat baik untuk menambah pengalaman. Anda pasti ingin sekali menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman, dan ingin merasakan asiknya nongkrong atau pergi ke tempat wisata. Namun itu semua tidak akan Anda rasakan ketika sudah memutuskan untuk menikah muda, dan Anda sudah tidak bisa lagi berkumpul dengan teman karena sudah harus memikirkan beban hidup bahkan memikirkan biaya untuk anak kedepannya. Hal tersebut membuat masa muda Anda kurang bermakna dan pastinya tidak mempunyai pengalaman yang lebih.

2. Bingung Merencanakan Masa Depan

Usia muda memang belum sepantasnya untuk membangun keluarga karena masih banyak kegiatan penting yang harus dijalankan terutama pendidikan. Jika Anda menikah di usia 20 taun maka cara berfikirnya tentu belum dewasa bahkan masih menggantungkan orang tua, maka dari itu pasti akan sangat kebingungan dalam merencanakan kehidupan kedepannya bersama pasangan. Hal tersebut banyak sekali dialami oleh pasangan muda.

3. Merasa Canggung Dengan Orang Tua

Hampir semua orang yang menikah di usia muda mereka belum mempunyai tempat tinggal sendiri, dan akhirnya setelah menikah memutuskan untuk tinggal bersama dengan orang tua. Memang sih orang tua tidak mempermasalahkan, tetapi Anda pasti akan sangat malu ketika setiap hari masih tinggal bersama orang tua terlebih Anda sudah mempunyai keluraga kecil sendiri, belum lagi jika nanti sudah mempunyai anak pasti akan sangat tidak enak dengan orang tua. Selain itu apabila ingin melakukan suatu kegiatan pasti tidak akan merasa bebas.

4. Bingung Menyelesaikan Permasalahan

Setiap menjalani hubungan dengan pasangan terlebih jika sudah menikah pasti tidak lepas dari permasalahan, dan pastinya hubungan tidak akan berjalan mulus. Menyelesaikan masalah ketika masih pacaran dengan setelah menikah pasti jauh berbeda, karena masalah ketika sudah menikah akan jauh lebih berat dan itu harus diselesaikan dengan baik agar terhindar dari perceraian. Pasangan muda akan merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah, karena pemikiran mereka masih seperti anak kecil dimana ketika ada masalah selalu mengandalkan ego.

5. Merasa Iri Dengan Teman

Beban setelah menikah akan terus bertambah dan biasanya pasangan muda akan merasa iri dengan temannya yang masih bersenang-senang menghabiskan masa mudanya, sementara Anda sudah dituntut untuk berfikir bagaimana cara menghasilkan uang agar kehidupan keluarga tidak kesulitan. Waktu yang seharusnya Anda gunakan untuk bermain dengan teman, justru Anda gunakan untuk memikirkan beban keluarga. Hal tersebutlah yang membuat Anda menjadi iri melihat teman yang belum memikirkan beban hidup terlalu berat. 
 
Menikah bukan masalah cepat atau lambat, tetapi masalah kedewasaan. Jika sudah merasa mempunyai segalanya dan pemikirannya sudah dewasa maka tidak masalah ketika memutuskan untuk menikah walaupun di usia muda. Tetapi jika menikah hanya untuk menuruti nafsu semata, maka itu akan membuat Anda menyesal kedepannya. Habiskan waktu muda Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dengan teman dan sebisa mungkin jangan terlalu memikirkan menikah terlebih dahulu.