Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Hal Wajib Yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Baru Sebelum Masuk Kuliah

Menjadi mahasiswa baru merupakan hal yang sangat menyenangkan karena itu sebuah langkah awal mencapai cita-cita. Sistem pembelajaran di bangku kuliah sangat berbeda dengan di sekolah, mulai dari jadwal kuliah yang tidak pasti sampai cara dosen mengajar pun akan berbeda dengan guru. Dari kampus tersebutlah Anda bisa mempelajari banyak hal yang tentunya menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. 
 
Kebanyakan mahasiswa baru belum bisa beradaptasi dengan lingkungan kampus dan masih terbawa dengan suasana sekolah pada umumnya. Namun agar tidak merasa terbebani saat kuliah, pastinya harus mempunyai persiapan terlebih dahulu sebelum masuk kuliah. Apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan? Berikut penjelasannya.

Persiapan Sebelum Masuk Perkuliahan

8 Hal Wajib Yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Baru sebelum Masuk Kuliah

1. Gadget Penunjang Kuliah

Semakin berkembangnya jaman, teknologi akan semakin canggih bahkan sangat berguna untuk sistem pembelajaran. Nantinya di dalam kelas tidak hanya buku saja yang dijadikan sumber referensi, tetapi dosen juga meminta mahasiswanya untuk mencari referensi dari luar contohnya internet. Nah smartphone, laptop, PC menjadi hal yang sangat dibutuhkan agar kuliah bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, ketika mengerjakan laporan atau tugas dari dosen juga membutuhkan sebuah gadget, dan Anda bisa membeli PC jika lebih nyaman mengerjakan tugas di kost. Belilah gadget yang spesifikasinya sudah mumpuni untuk proses pembelajaran.

2. Buku Catatan Kuliah

Buku catatan dalam dunia perkuliahan berbeda dengan buku pada saat sekolah. Mahasiswa dibebaskan mencatat materi penting di mana saja asalkan bisa dipahami. Anda cukup membutuhkan 1 buku saja yang isinya tebal, dan itu sudah cukup untuk mencatat semua mata kuliah. Agar saat belajar di kost menjadi lebih nyaman, maka Anda bisa menghiasi tulisan dengan warna-warna yang Anda sukai agar tidak cepat bosan saat belajar.

3. Printer

Dosen seringkali menyuruh mahasiswanya untuk membuat sebuah laporan, atau tugas lain yang sekiranya membutuhkan printer. Awal kuliah biasanya sangat sering membuat laporan, dan disuruh untuk menganalisis. Bagi Anda yang mempunyai dana minim, maka bisa iuran dengan teman satu kost agar dalam membeli printer lebih ringan. Selain printer, Anda juga harus membeli tinta warna dan kertas A4 atau HVS sesuai kebutuhan dari tugas kuliah.

4. Alat Tulis

Ada beberapa jurusan yang mengharuskan mempunyai alat tulis yang lengkap, contohnya jurusan Desain Komunikasi Visual dan teknik sipil. Jika Anda mengambil jurusan tersebut wajib mempunyai alat tulis karena nantinya dalam pembelajaran akan selalu digunakan. Contohnya yaitu bolpoin, pensil, penghapus dan penggaris.

5. ATM dan M-Banking

Sebagai mahasiswa baru, Anda harus sudah mempunyai ATM agar nantinya bisa memudahkan orang tua dalam mengirim uang bulanan. Selain itu jangan lupa untuk aktivasi m-banking agar lebih memudahkan Anda dalam melakukan transaksi dan pengecekan saldo. Apabila sudah aktivasi m-banking, maka akan lebih menghemat waktu, karena bisa melakukan transaksi lewat gadget dan tidak perlu lagi ke ATM.

6. Pakaian Kuliah

Pakaian saat kuliah akan sangat berbeda dengan yang dipakai saat masih sekolah, karena saat kuliah sudah dibebaskan memakai pakaian apa saja asalkan rapi dan sesuai dengan aturan kampus. Sebelumnya Anda harus memperhatikan terlebih dahulu aturan dalam berpakaian di dalam kampus, dan biasanya setiap kampus berbeda-beda. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat, agar orang lain bisa menilai Anda sebagai mahasiswa yang berperilaku baik.

7. Cari Kamar Kost

Apabila Anda menempuh bangku kuliah di kampus yang lumayan jauh, maka mau tidak mau harus membutuhkan tempat tinggal dan tempat tinggal yang biasa dihuni oleh mahasiswa yaitu kost. Sebagai mahasiswa rantau, Anda juga harus pintar dalam memilih kost karena jaman sekarang banyak sekali kost yang sangat bebas dan tidak mempunyai aturan. 
 
Carilah kost yang mempunyai aturan, contohnya setelah jam 10 malam pintu gerbang sudah ditutup, atau aturan tidak boleh membawa teman lawan jenis masuk ke dalam kost. Selain itu perhatikan juga fasilitas kos, seperti kamar mandi, wifi, Kasur, dan almari. Sebisa mungkin mencari kamar kos yang sudah lengkap, agar tidak terlalu banyak membawa barang dari rumah.

8. Dana Darurat

Setiap anak rantau pasti akan mengalami permasalahan, contohnya untuk membeli obat ketika sedang sakit dan harus membeli kebutuhan kuliah yang lain. Tidak mungkin Anda meminjam uang kepada teman karena sama-sama anak kos yang juga mempunyai uang minim, dan tidak mungkin juga meminta kepada orang tua karena kondisi tertentu. 
 
Untuk itu persiapkanlah dana darurat agar nantinya ketika mengalami permasalahan tidak terlalu bingung dalam mengatasinya. Anda bisa membuat 2 rekening ATM, yang satu untuk menyimpan uang bulanan dan yang satunya lagi untuk menyimpan dana darurat. 
 
Itulah 8 hal yang wajib dipersiapkan mahasiswa baru ketika akan masuk kuliah. Luangkan waktu untuk mempersiapkan itu semua dan latihlah diri untuk selalu beradaptasi dengan lingkungan baru agar nantinya di tanah rantau tidak canggung ketika bertemu dengan orang asing.