Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Faktor Yang Menyebabkan Anak Menjadi Sangat Malas Dalam Belajar

Mendidik anak memang menjadi kewajiban semua orang tua karena sikap anak tergantung bagaimana cara orang tua dalam mendidiknya. Namun saat anak malas belajar lama kelamaan bisa membuat orang tua menjadi resah karena hampir semua orang tua menginginkan anaknya menjadi siswa yang berprestasi di sekolahnya. Anak malas belajar bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, dan inilah yang membuat orang tua tidak langsung memarahinya. Berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa anak menjadi malas dalam belajar.

Mengapa Anak Malas Belajar?

5 Faktor Yang Menyebabkan Anak Menjadi Sangat Malas Dalam Belajar

1. Beban Sekolah Terlalu Banyak

Saat masih terjadi pandemi seperti sekarang ini pembelajaran tetap dilakukan secara online di rumah, namun hal tersebut tidak membuat tugas berkurang tetapi malah bertambah. Guru-guru banyak yang memberikan tugas kepada murid dimana tugas tersebut berasal dari materi yang belum pernah dipelajari. Biasanya dalam seminggu anak harus mengerjakan tugas terlalu banyak dan itu akan membuat anak stres bahkan menjadi malas dalam belajar.

2. Tidak Memiliki Minat Dalam Bidang Akademis

Semua orang tua harus selalu mengetahui minat dan bakat yang dimiliki oleh anaknya, karena jika anak dipaksa untuk belajar yang memang bukan bidangnya maka mereka akan semakin malas. Biasanya jika sang anak tidak berminat dalam bidang akademis maka cara belajarnya akan semakin lemah bahkan melihat buku pelajaran pun mudah sekali pusing. Kebanyakan dari mereka selalu mengalihkan pandangan yaitu dengan melakukan kegiatan yang sekiranya membuat mereka senang dan tidak jenuh.

3. Tuntutan Orang Tua

Menuntut anak untuk menguasai semua mata pelajaran merupakan hal konyol yang pernah dilakukan oleh orang tua. Anak yang normal tidak akan mau mempelajari semua mata pelajaran karena mereka sudah mengerti bahwa tidak ada gunanya pintar di segala bidang, yang terpenting yaitu bisa menguasai satu bidang dan bisa mengembangkan setelah lulus nanti. Namun orang tua tetap berusaha untuk mengajari anaknya belajar semua pelajaran dan itu hanya akan membuat anak menjadi malas belajar dan akan menurunkan mental sang anak.

4. Kurang Perhatian Dari Orang Tua

Perhatian dari orang tua menjadi harapan semua anak terutama dalam hal belajar, karena jaman sekarang banyak sekali orang tua yang tidak mempedulikan anaknya ketika sedang belajar. Sang anak pasti akan merasa kesulitan dalam belajar terlebih jika sekarang masih pandemi dan dituntut untuk belajar di rumah pasti keinginan anak untuk belajar anak semakin berkurang jika orang tua tidak pernah memperhatiannya. Dukungan dan dorongan dari orang tualah yang akan membuat anak menjadi semangat dalam belajar.

5. Terpapar Gadget

Jika mempunya anak yang masih duduk di bangku SD atau SMP, maka jangan terlalu sering dibebaskan di depan gadget karena itu akan membuat mereka malas untuk belajar. Apabila sudah memegang gadget biasanya anak akan melakukan berbagai macam kegiatan yang bisa dilakukan menggunakan gadget tersebut, contohnya bermain game dan nonton video youtube. Usahakan orang tua selalu mengawasi anaknya dalam bermain gadget agar mereka tidak menjadi anak yang malas belajar.  
 
Itulah 5 faktor yang menyebabkan mengapa anak menjadi malas belajar. Sebagai orang tua yang baik Anda harus selalu memperhatikan aktivitas anak setiap hari terutama dalam belajar, karena malas atau tidaknya akan dalam belajar tergantung dari seberapa serius orang tua dalam menanggapinya. Jika anak sudah rajin belajar maka semua orang tua pasti akan selalu senang dan bangga. Namun apabila anak malas belajar jangan langsung memarahinya, bisa jadi mereka mempunyai keunggulan di bidang non akademik.