Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Cara Menumbuhkan Jiwa Pengusaha di Usia Muda

Di jaman yang semakin berkembang seperti sekarang ini nampaknya semakin banyak pengusaha muda, bahkan ada yang sudah sukses dengan bisnisnya. Menjadi pengusaha memang menjadi cita-cita banyak orang karena kebanyakan orang kaya juga berprofesi sebagai pengusaha. Jiwa pengusaha tidak bisa tumbuh begitu saja, tetapi harus selalu dilatih sejak dini agar ketika sudah dewasa mulai terbiasa menjalankan sebuah bisnis. Ketika di sekolah pasti hal yang diajarkan oleh guru yaitu tentang bagaimana cara mengerjakan soal dengan benar dan mendapatkan nilai yang bagus. 
 
Murid dididik untuk menjadi karyawan setelah lulus nanti dan tidak diajarkan menjadi seorang pengusaha. Apakah semua orang bisa menjadi pengusaha? Jawabannya yaitu sangat bisa, asalkan mempunyai tekat yang kuat dan mau belajar dari mana saja. Dalam menjalankan bisnis, pasti dibutuhkan sebuah mental yang kuat dan jiwa pengusaha dalam diri seorang tersebut. Nah berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar menumbuhkan jiwa pengusaha.

Cara Menumbuhkan Jiwa Pengusaha

8 Cara Menumbuhkan Jiwa Pengusaha di Usia Muda

1. Kuatkan Tekat dan Niat

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan cara menguatkan tekat dan niat mengapa mau menjadi seorang pengusaha. Menjadi pengusaha tidak semudah yang dibayangkan karena ada banyak sekali rintangan yang akan dihadapi. Untuk itu butuh yang namanya tekat untuk menghadapi permasalahan bahkan jatuh bangun seorang pengusaha pasti akan Anda alami. Niatkan menjadi pengusaha untuk membantu orang lain, dan jangan sampai hanya mengejar uangnya saja.

2. Miliki Ide Bisnis

Anda tidak mungkin akan menjadi pengusaha jika tidak mempunyai ide bisnis. Maka dari itu asahlah ide bisnis Anda dengan cara mencari pengalaman di dunia luar. Apabila Anda masih menjadi mahasiswa maka bisa melatih diri dengan cara jualan kecil-kecilan. Tujuan dari jualan tersebut bukan hanya untuk mencari uang semata, tetapi untuk melatih jiwa kewirausahaan. Jika Anda ingin lebih nyaman dalam berbisnis, maka kaitkan dengan hobi Anda agar dalam menjalankannya tidak terpaksa.

3. Buat Target dan Rencana Masa Depan

Setiap orang pasti mempunyai target yang harus dicapai. Dengan adanya target dan rencana tersebut otomatis akan semakin bersemangat dalam menjalankan bisnis. Selain itu, Anda juga akan didorong untuk selalu berfikir kedepan bagaimana caranya mencapai semua target tersebut dengan bisnis yang sedang dijalankan. Jika masih pemula tidak perlu mempunyai target yang terlalu tinggi, cukup targetkan hal yang bisa membuat Anda selalu bersemangat setiap harinya.

4. Pelajari Kisah Bisnis Orang Lain

Untuk menumbuhkan jiwa pengusaha, Anda tidak harus belajar dari buku atau pengalaman sendiri. Belajar bisa dari mana saja salah satunya yaitu dari pengalaman bisnis yang dilakukan oleh orang yang sudah sukses menjadi pengusaha. Anda bisa membeli bukunya dan bacalah kisah perjalanan mereka dalam membangun sebuah bisnis dan praktekkan apa yang sudah mereka lakukan. Dengan mempelajari kisah bisnis orang lain, maka otomatis Anda akan lebih mengetahui rintangan dalam bisnis dan bisa lebih memahaminya.

5. Hilangkan Mental Karyawan

Hampir semua orang jika sudah lulus sekolah atau kuliah langsung mencari lowongan pekerjaan. Nah hal tersebut yang tidak akan pernah membuat Anda menjadi pengusaha yang sukses. Setelah lulus kuliah, maka simpanlah ijazah Anda dan usahakan jangan sampai mendaftar sebagai karyawan. Usahakan untuk membuka bisnis sendiri, karena jika sekali saja Anda sudah mendaftar kerja maka sampai kapanpun tidak akan mempunyai waktu untuk menjalankan bisnis.

6. Ikuti Komunitas Pengusaha Muda

Setiap kota pasti ada yang namanya komunitas pengusaha muda. Di situlah Anda akan belajar banyak hal tentang bisnis dan bisa bertukar pikiran dengan orang lain bahkan bisa konsultasi dengan mentor yang sudah sukses. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai macam tips menjadi pengusaha yang baik.

7. Fokus Dalam Berbisnis

Usia muda memang banyak sekali rintangan yang datang, contohnya teman yang ngajak nongkrong atau bahkan ada yang mengajak ke hal yang tidak baik. Agar jiwa pengusaha Anda bisa tumbuh dengan cepat, maka harus selalu fokus kepada bisnis yang sedang dijalankan. Selain itu jangan sampai menyerah ketika menghadapi sebuah cobaan, karena itu merupakan salah satu batu sandungan menuju kesuksesan.

8. Take Action

Terlalu banyak berfikir dan menunda hanya akan membuat Anda tidak bisa berkembang. Sejatinya jika ingin menjadi pengusaha itu harus selalu berjuang dan memulai apa yang sudah dipikirkan. Banyak orang yang sudah mempunyai rencana banyak tetapi tidak pernah dilakukan, dan nasilnya nol. Maka dari itu ketika sudah mempunyai ide bisnis maka segeralah lakukan dan jangan terbiasa menunda. 
 
Apabila ingin menjadi seorang pengusaha, maka latihlah jiwa pengusaha ketika masih menjadi mahasiswa. Habiskan waktu muda Anda untuk membangun sebuah bisnis dan jangan sampai setengah-setengah karena bisnis yang dilakukan setengah-setengah pasti kedepannya tidak akan bisa berkembang dengan baik.