Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Alasan Yang Menyebabkan Banyak Mahasiswa Menjadi Malas Kuliah

Kuliah merupakan aktivitas rutin yang harus dilakukan seorang mahasiswa karena jika sudah memutuskan untuk kuliah maka tanggungjawab menjadi lebih banyak karena harus benar-benar memikirkan masa depan. Ada mahasiswa yang bersemangat ketika menghadapi dunia perkuliahan bahkan sampai mendapatkan nilai A di semua mata kuliah, dan ada juga mahasiswa yang malas menjalani perkuliahan sampai akhirnya yang menjadi taruhannya yaitu nilai. 
 
Setiap mahasiswa pasti mempunyai alasan tersendiri mengapa dirinya bisa menjadi malas kuliah dan jika mahasiswa tersebut terus-menerus malas maka kedepannya tidak akan menjadi mahasiswa yang sukses. Nah kali ini saya akan memberikan beberapa alasan mengapa banyak sekali mahasiswa yang malas dengan kuliah dan lebih menjalani hari-harinya dengan aktivitas yang mereka sukai.

Penyebab Mahasiswa Malas Kuliah

7 Alasan Yang Menyebabkan Banyak Mahasiswa Menjadi Malas Kuliah

1. Salah Jurusan

Hampir semua mahasiswa yang salah mengambil jurusan kuliah mereka merasa malas ketika menjalani perkuliahan. Bagaimana tidak, setiap hari harus mempelajari materi yang mereka tidak sukai bahkan yang dari awal belum pernah mempelajari materi tersebut. Jika mahasiswa sudah salah jurusan, maka di pertengahan kuliah pasti akan merasa malas masuk kelas terlebih jika mendapatkan tugas pasti tidak akan dikerjakan. Untuk itu jika ingin masuk kuliah, maka perhatikan dulu jurusannya apakah sudah sesuai kemampuan atau belum.

2. Tidak Mempunyai Teman Yang Tepat

Bagaimanapun juga teman menjadi faktor penyemangat kuliah, karena di dalam perkuliahan pasti mendapatkan tugas dari dosen dan harus dikerjakan secara kelompok. Nah jika Anda tidak mempunyai teman yang tepat maka lama kelamaan akan timbul rasa malas. Dalam menjalani kehidupan terutama kuliah, maka lingkungan menjadi hal yang sangat menentukan sifat seseorang. Semakin baik lingkungan maka diri Anda akan menjadi baik juga.

3. Sering Begadang

Begadang sangat memberikan dampak yang besar bagi daya tahan tubuh. Semakin sering Anda begadang pasti tubuh akan cepat merasa lelah dan malas untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Biasanya mahasiswa yang terlalu sering begadang pasti akan bangun lebih siang, dan jika di hari tersebut ada jadwal perkuliahan pasti akan selalu malas. Untuk itu aturlah waktu tidur Anda sebaik mungkin agar tidak menjadi mahasiswa yang malas saat kuliah.

4. Kuliah Daring

Seperti yang sedang dijalani mahasiswa sekarang ini yaitu kuliah secara daring yang dilakukan di rumah masing-masing. Dengan kuliah daring maka kehidupan mahasiswa tidak akan pernah berkembang karena setiap harinya hanya duduk dan melihat layar laptop saja. Hal tersebut membuat mahasiswa jarang melakukan aktivitas lain dan menjadikan malas belajar, terlebih jika mengikuti perkuliahan sambil tiduran di Kasur.

5. Sudah Menjalani Bisnis

Setiap mahasiswa pasti ingin bisa menghasilkan uang sendiri dan akhirnya yang biasa dilakukan yaitu memulai sebuah bisnis. Mahasiswa yang sudah berani terjun ke dunia bisnis, sudah bisa dipastikan mahasiwa tersut sudah mempunyai pemikiran yang dewasa. Namun dibalik itu semua terdapat hal buruk ketika seorang mahasiswa terlalu fokus pada bisnisnya, yaitu kuliah menjadi terganggu bahkan akan sangat malas jika disuruh untuk masuk kuliah. Sebagian anak muda jika sudah bisa menghasilkan uang sendiri, maka akan melupakan kewajiban utamanya yaitu kuliah.

6. Berpacaran

Sebagian anak muda yang sudah berumur 20an pasti akan mengalami masa-masa pacaran dan itu merupakan hal yang wajar. Ada mahasiswa yang sudah mempunyai pacar tetapi kuliahnya tetap berjalan dengan lancar bahkan sampai mendapatkan prestasi di kampus. Namun ada juga mahasiswa yang menjadi malas belajar hanya karena sudah mempunyai pacar, karena setiap hari yang ada dipikirannya yaitu hanyalah pacar bukan dunia perkuliahan. Biasanya mahasiswa yang sudah terlalu lama pacaran maka kuliahnya pasti akan terganggu.

7. Berfikir Bahwa Kuliah Tidak Menjamin Sukses

Apabila mahasiswa sudah berfikiran bahwa kuliah tidak menjamin kesuksesan, maka mereka pasti malas mempelajari materi yang ada di bangku perkuliahan. Pemikiran tersebut memang tidak salah, tetapi harus kembali ke tujuan awal masuk kuliah. Jika Anda masuk kuliah hanya untuk mencari gelar atau bahkan hanya mengejar IPK tentu itu tidak ada hubungannya dengan kesuksesan, tetapi jika Anda masuk kuliah untuk mencari relasi atau bahkan mencari banyak teman, maka itu akan menjadi peluang sukses buat Anda kedepannya. 
 
Tidak bisa dipungkiri, banyak sekali masalah remaja jaman sekarang yang berdampak buruk bagi kuliahnya. Jadilah mahasiswa yang bijak dalam menentukan segala hal karena jika saat kuliah sudah tidak benar atau melakukan hal negatif maka kedepannya tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Jadi jangan sampai menjadi mahasiswa yang hanya bermalas-malasan di kos saja, tetapi bergeraklah untuk meraih semua impian yang sudah disusun dari awal.