Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Alasan Mengapa Mahasiswa Memilih Jurusan Manajemen Ketika Kuliah

Hampir semua kampus di Indonesia baik itu negeri maupun swasta mempunyai jurusan manajemen karena dirasa prospek kerja kedepannya sangat menjanjikan. Banyak orang yang masih bingung ketika masuk kuliah karena belum mengetahui ingin memasuki jurusan apa, nah jika Anda termasuk anak IPS pasti kebanyakan masuk fakutlas ekonomi dan bisnis jurusan manajemen karena dari SMA sudah mempelajari dasar-dasar materi manajemen. 
 
Bukan hanya anak IPS saja, tetapi anak IPA juga banyak yang berbondong-bondong masuk jurusan manajemen karena mereka sudah tau dengan prospek kerjanya. Mengapa sih banyak orang yang memilih jurusan manajemen? Berikut ada beberapa alasan yang menyebabkan kebanyakan siswa setelah lulus SMA mengambil jurusan manajemen.

Alasan Memilih Jurusan Manajemen

6 Alasan Mengapa Mahasiswa Memilih Jurusan Manajemen Ketika Kuliah

1. Memiliki Jiwa Enterpreneur

Kebanyakan orang yang memilih jurusan manajemen pasti tujuan setelah lulus ingin menjadi pengusaha atau entrepreneur, karena dengan menjadi pengusaha maka kedepannya bisa memperkerjakan banyak orang dan bisa mengurangi angka penganguran di Indonesia. Jiwa entrepreneur akan semakin terlihat jika sudah menempuh bangku perkuliahan dan saat kuliah pasti akan disuruh dosen untuk membuat rencana bisnis dimana itu akan sangat berguna bagi Anda setelah lulus nanti.

2. Meningkatkan Kemampuan Berorganisasi

Alasan selanjutnya mengapa memilih jurusan manajemen yaitu karena bisa membentuk kemampuan berorganisasi yang baik untuk semua orang. Mengapa harus berorganisasi? Karena nantinya di dalam dunia kerja pasti akan sangat dipakai terlebih jika Anda bekerja di perusahaan besar pasti sangat dibutuhkan kemampuan berorganisasi yang tinggi agar pekerjaan bisa berjalan dengan lancar.

3. Peluang Karir Yang Cerah

Sebelum memasuki perkuliahan pasti hampir semua orang bertanya-tanya tentang prospek jurusan yang ingin diambil salah satunya yaitu jurusan manajemen. Tidak ada salahnya Anda juga menanyakan lebih dalam tentang jurusan tersebut karena pastinya Anda dari awal tidak mau salah dalam mengambil jurusan. Dengan mengambil jurusan manajemen, maka Anda bisa memasuki berbagai macam bidang di dunia kerja yang sesuai dengan jurusan saat ini yaitu manajemen. Pekerjaan yang paling diminati oleh mahasiswa lulusan jurusan manajemen yaitu kerja di bank, menjadi HRD, keamanan investasi, mengelola anggaran dan masih banyak lagi.

4. Jurusan Yang Cocok Untuk Anak IPS

Jurusan ini sangat diminati oleh anak IPS karena dari awal masuk SMA mereka sudah mempelajari tentang manajemen dan pastinya akan lebih dikembangkan saat memasuki dunia perkuliahan. Materi yang sudah didapatkan dari SMA akan sangat bermanfaat untuk diterapkan di kampus dan pastinya akan menjadi lebih ahli di bidang tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan anak IPA juga mengambil jurusan manajemen walaupun mereka harus mempelajari materi dari awal.

5. Seleksi Jurusan Yang Mudah

Semakin banyaknya kampus yang menyediakan jurusan manajemen maka akan semakin mempermudahkan semua orang untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta. Apabila Anda menginginkan jurusan manajemen tetapi tidak diterima di perguruan tinggi negeri maka masih ada kesempatan untuk memasuki kampus swasta, dimana banyak sekali kampus swasta yang menyediakan jurusan manajemen yang berakreditasi A.

6. Membentuk Pribadi Yang Lebih Teratur dan Disiplin

Pengembangan diri seseorang perlu ditingkatkan melalui jurusan manajemen yang diambil ketika kuliah. Sikap kepercayaan diri, disiplin dan bertanggung jawab akan semakin terbentuk seiring berjalannya waktu. Untuk itu lulusan jurusan manajemen pasti mempunyai kemampuan dalam melakukan segala hal terutama dalam mengembangkan bisnisnya.  
 
Jurusan menjadi poin yang sangat penting ketika menjalani kehdupan di dunia perkuliahan, karena jika jurusan yang diambil sudah cocok maka sesulit apapun materinya pasti akan dihadapi dengan senang hati. Apabila Anda sudah terlanjur mengambil jurusan manajemen jangan penah merasa menyesal, karena di luar sana banyak sekali perusahaan yang masih membutuhkan lulusan dari jurusan tersebut.