Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Alasan Mengapa Harus Menguasai Public Speaking Dengan Baik

Public speaking merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki seseorang dalam berbicara di depan umum tanpa ada rasa malu sedikitpun. Public speaking sudah sangat familiar banget di kalangan semua orang terutama mahasiswa dimana dengan menjadi mahasiswa harus mempunyai kemampuan public speaking yang baik. Namun masih banyak orang yang tidak mempedulikan public speaking karena mereka mengira bahwa kemampuan tersebut tidak berguna di masa depan, tetapi pendapat tersebut sangat salah karena kemampuan public speaking kedepannya pasti sangat dibutuhkan. 
 
Jika Anda sudah mempunyai kemampuan public speaking yang baik, maka ketika akan melakukan suatu kegiatan akan lebih mudah. Manfaat public speaking sangat luas sekali, jadi jangan pernah ragu untuk mempelajari skill tersebut. Apa saja manfaat public speaking? Nah disini saya akan membagikan beberapa alasan mengapa Anda harus bisa menguasai lebih dalam lagi tentang public speaking.

Mengapa Harus Menguasai Public Speaking?

5 Alasan Mengapa Harus Menguasai Public Speaking Dengan Baik

1. Lancar Presentasi

Ketika Anda masih menjadi mahasiswa pasti setiap kali ada tugas dari dosen disuruh untuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas, dan apabila Anda sudah mempunyai rasa kepercayaan diri yang tinggi dan kemampuan public speaking yang baik, tentu akan sangat mudah dalam melakukan presentasi, terlebih jika materi yang akan dipresentasikan sudah Anda kuasai. Tidak hanya di perkuluahan saja, tetapi di dunia kerja pun Anda dituntut untuk mempresentasikan hasil dari kinerja Anda di depan rekan kantor lainnya.

2. Membangun Relasi

Banyak sekali tokoh inspiratif yang menyebutkan bahwa dalam menjalani kehidupan harus butuh yang namanya relasi, karena semakin banyak relasi maka akan semakin banyak pengalaman yang didapatkan. Jika Anda sudah mempunyai sebuah bisnis berupa produk yang ingin Anda pasarkan, tentunya Anda harus mempunyai partner agar kedepannya bisnis bisa berjalan dengan lancar. Nah dengan kemampuan public speaking tersebut Anda bisa mendapatkan banyak sekali relasi, karena sudah bisa menjelaskan produk Anda dengan baik.

3. Bermanfaat Untuk Interview

Pasti Anda pernah menghadapi interview baik itu interview organisasi, UKM, atau interview kerja.  Biasanya tahapan interview menjadi tahapan yang paling ditakuti terlebih bagi Anda yang kurang terbiasa dalam berbicara di depan umum. Selain mempersiapkan jawaban yang akan keluar, Anda juga harus mempersiapkan mental agar tidak grogi saat mengikuti interview. Namun jika Anda sudah terbiasa berbicara di depan orang banyak, pasti tidak akan merasa grogi saat menghadapi interview, dan akan semakin lancar.

4. Membangun Mental Percaya Diri

Ketika Anda sedang mempelajari public speaking, tidak hanya kemampuan berbicara saja yang akan meningkat, tetapi rasa percaya diri pun juga akan semakin meningkat. Karena apabila Anda sudah terbiasa dan tidak gugup lagi berbicara di depan banyak orang, maka lama-kelamaan akan semakin percaya diri dalam menyampaikan opini. Tujuan dari public speaking yaitu agar semua orang bisa sependapat dengan ide Anda, jadi mau tidak mau Anda harus percaya diri dalam menyampaikannya.

5. Mengembangkan Skill Kepemimpinan

Menjadi seorang pemimpin memang mempunyai tanggungjawab yang besar, karena tugasnya harus membimbing dan memimpin anggotanya dengan baik. Skill kepemimpinan harus selalu dikuasai agar nantinya bisa menjadi pemimpin dan panutan yang baik bagi anggotanya. Contohnya yaitu Anda dituntut untuk berbicara di depan umum dan bisa menyampaikan informasi dengan jelas agar bisa dipahami oleh semua anggotanya. Bahkan Anda juga harus memberikan motivasi kepada semua anggota demi meningkatkan rasa semangat dalam menjalani tugas. Maka dari itu mengapa kemampuan public speaking sangat diperlukan bagi seorang pemimpin. 
 
Kesimpulannya yaitu Anda harus memanfaatkan waktu sekolah atau kuliah dengan sebaik mungkin, dan setelah lulus jangan sampai menyesal karena tidak mempelajari public speaking dengan baik. Apabila Anda sudah menguasai pulic speaking dengan baik, maka sampai kapanpun Anda akan mudah dalam melakukan suatu kegiatan baik itu interview, leadership atau berbaur dengan orang lain.