Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Tuntutan Orang Tua Yang Membuat Anak Pertama Merasa Terbebani

Anak pertama merupakan harapan keluarga dan harus bsia membawa nama baik keluarga agar tidak mengecewakan. Apabila Anda menjadi anak pertama, maka tidak ada orang yang bisa dicontoh dan Anda harus berjalan meraih kesuksesan dengan sendiri bahkan saat kuliahpun tidak ada yang membantu karena tidak mempunyai kakak. Untuk itu biasanya mental anak pertama sangat kuat dan bersyukurlah bagi Anda yang sekarang menjadi anak pertama karena Anda pasti merasakan betapa sulitnya memperjuangkan masa depan sendiri. 
 
Namun orang tua seringkali terlalu menuntut anak pertama agar sesuai dengan harapan mereka, tetapi tuntutan tersebut justru membuat Anda sebagai anak pertama merasa tertekan bahkan tidak bebas ketika ingin melakukan suatu kegiatan. Berikut beberapa tuntutan yang sering diberikan orang tua kepada anak pertama yang akan membuat hidup semakin terbebani.

Tuntutan Orang Tua Terhadap Anak Pertama

5 Tuntutan Orang Tua Yang Membuat Anak Pertama Merasa Terbebani

1. Harus Berprestasi dan Juga Harus Menjaga Adik

Tuntutan yang pertama yaitu orang tua mengharuskan anak pertama untuk belajar dengan rajin agar bisa berprestasi di sekolah atau di kampus, tetapi juga harus menjaga adiknya selagi orang tua tidak ada di rumah. Hal tersebut akan membuat anak pertama tidak bisa beristirahat karena semua harus dilakukan dengan sendiri.

2. Harus Menjadi Kakak Yang Sempurna dan Menjadi Contoh Adiknya

Rata-rata anak pertama pasti dituntut oleh orang tua harus sempurna di segala bidang, baik itu di sekolah, atau bahkan dari cara berperilaku harus dituntut untuk sempurna. Menjadi anak pertama harus bisa memberikan contoh untuk adik-adiknya, bahkan anak pertama harus berhati-hati ketika ingin melakukan suatu kegiatan dan sekali saja melakukan hal negatif pasti adiknya akan meniru. Tuntutan tersebut yang akan membuat anak pertama menjadi stres dan tertekan.

3. Dituntut Supaya Selalu Mengalah

Dari kecil anak pertama memang sudah diajarkan untuk mengalah dan merelakan semua keinginan pribadi demi adiknya. Setiap kali ingin membeli suatu barang contohnya mainan, anak pertama selalu mengalah dan memberikan mainannya kepada adiknya. Anak pertama dituntut untuk cepat dewasa dengan cara selalu mengalah, padahal anak pertama juga wajib mendapatkan perlakuan yang sama seperti adiknya. Ia juga berhak untuk mendapatkan apa yang diinginkan, bukan disuruh untuk mengalah terus-menerus.

4. Harus Memenuhi Semua Keinginan Orang Tua

Nah tuntutan yang satu ini sangatlah berat karena tidak semua orang bisa melakukan semuanya dan ada kalanya lelah atau kesulitan memperjuangan sesuatu. Namun kebanyakan orang tua tidak mau tau dengan apa yang dialami oleh anak pertama, dan yang mereka inginkan yaitu bagaimana anak pertama bisa memenuhi semua keinginan orang tua, contohnya yaitu bersekolah di sekolah favorit atau bahkan selalu menjadi anak yang baik di segala bidang.

5. Mengikuti Jalan Hidup Yang Telah Ditentukan Orang Tua

Tuntutan terakhir yang membuat anak pertama stres yaitu ketika ia dituntut untuk mengikuti jalan hidup yang sudah ditentukan oleh orang tua. Memang semua anak harus berbakti dengan orang tua dan mengikuti semua perintahnya, tetapi anak pertama membutuhkan kebebasan untuk melakukan segala hal, dan jika orang tua masih melakukan hal yang sama maka anak pertama akan semakin terbebani dan tidak bisa bebas. 
 
Itulah 5 tuntutan yang biasanya diucapkan orang tua terhadap anak pertama. Bagi orang tua itu memang terkesan sepele, namun bisa membuat anak pertama semakin stres dan sulit untuk menanggungnya.