Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Tips Menjaga Kebersihan Rumah Agar Nyaman Dilihat

Tempat tinggal menjadi hal yang menentukan apakah seseorang betah tinggal di sana atau tidak, apabila rumah yang Anda tempat selalu bersih maka saat beraktivitas pun akan terasa nyaman, sementara jika rumah kotor dan dipenuhi dengan debu pasti Anda akan malas ketika pulang ke rumah terlebih jika setelah pulang kerja. Kebersihan rumah harus selalu dijaga, karena itu merupakan salah satu penentu sifat dari penghuni rumah tersebut. 
 
Apabila rumah bersih maka sudah bisa dipastikan penghuninya memiliki sikap yang disiplin dan menyukai kebersihan. Selain itu juga rumah yang bersih akan selalu enak dilihat dan tetangga pun akan merasa nyaman ketika berkunjung ke rumah Anda. Maka dari itu agar rumah yang Anda tempati sekarang menjadi lebih bersih dan nyaman, maka lalukanlah beberapa tips berikut ini.

Tips Menjaga Kebersihan Rumah

7 Tips Menjaga Kebersihan Rumah Agar Nyaman Dilihat

1. Bersihkan Tempat Tidur

Langkah pertama yaitu Anda harus membersihkan tempat tidur karena kenyamanan saat tidur ditentukan dari seberapa bersih ruangan tersebut. Jika tempat tidur Anda bersih dan barang-barang tertata dengan rapi maka ketika tidur untuk melepaskan lelah pun akan terasa nyaman. Bersihkan kamar tidur setiap hari setelah bangun tidur agar nantinya saat siang hari terlihat rapi.

2. Menyapu dan Mengepel Setiap Hari

Apabila rumah Anda sudah memakai keramik maka sebaiknya sapu dan pel ruangan tersebut secara rutin agar selalu enak dilihat dan jika ada keluarga yang datang tidak terganggu. Untuk menyapu dan mengepel lantai Anda bisa melakukannya setiap pagi sebelum beraktivitas. Ruangan yang sering di pel maka akan terlihat lebih nyaman dibandingkan dengan ruangan yang tidak pernah dibersihkan.

3. Mengembalikan Barang Pada Tempatnya

Setelah menggunakan gunting, sapu, atau barang lain sebaiknya Anda kembalikan lagi ke tempat awal dan usahakan tertata dengan rapi. Nah bagi Anda yang mempunyai anak kecil pasti ruangan akan berantakan dengan mainan dan itu harus selalu Anda perhatikan dan rapikan setelah anak Anda selesai bermain. Jika Anda sempat maka bisa membuat rak khusus untuk menaruh mainan anak agar tidak tercampur dengan barang lain.

4. Mencuci Baju Setiap Hari

Ruangan akan terasa tidak enak dilihat apabila banyak baju kotor yang ditaruh begitu saja, bahkan ruangan akan banyak nyamuk jika ada baju yang sudah lama tidak dicuci. Maka dari itu, cucilah pakaian Anda setiap hari agar tidak menumpuk dan jika Anda malas nyuci maka bisa membawa baju kotor ke tempat laundry.

5. Mencuci Peralatan Masak Setelah Digunakan

Biasanya wanita akan membiarkan peralatan masa di tempat cucian, dan jika tidak segera dicuci maka akan tidak nyaman ketika dilihat dan pasti orang yang melihat akan risih. Untuk itu bagi Anda yang sekarang sudah menjadi istri maka segeralah mencuci peralatan masak setelah digunakan dan jangan sampai menumpuk begitu saja. Anda bisa mencucinya di malam hari dan besoknya bisa digunakan kembali.

6. Menyimpan Sepatu di Rak

Bagi Anda yang masih menjadi pelajar biasanya setelah pulang sekolah dan tubuh merasa lelah maka biasanya sepatu akan diletakkan di sembarang tempat walaupun sudah ada rak sepatu. Jika hal tersebut terus dilakukan maka rumah Anda tidak akan pernah enak untuk dilihat, untuk itu rapikan sepatu di tempatnya agar terlihat rapih dan menandakan Anda anak yang disiplin.

7. Buat Tempat Sampah Khusus

Jangan sepelakan sampah kecil, karena dari sampah kecil itulah yang nantinya akan membuat ruangan menjadi kotor. Anda bisa membuat 2 tempat sampah yaitu sampah organik dan non organik, yang bertujuan untuk membedakan antara sampah yang bisa dikubur dan didaur ulang. Jangan sampai Anda membuat tempat sampah yang sama karena itu akan menyebabkan sampah menjadi bertumpuk dan akan menjadi bau.
 
Itulah 7 tips membuat ruangan semakin nyaman ketika ditempati dan semoga artikel tersebut bisa bermanfaat bagi Anda yang sekarang masih bingung bagaimana cara membersihkan ruangan. Apabila Anda dari sekarang sudah mempunyai sikap disiplin terutama dalam hal kebersihan maka kedepannya bisa menginspirasi banyak orang.