Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Tips Menghadapi Persaingan Yang Sangat Ketat di Dunia Bisnis Online

Jaman sekarang dunia digital berkembang sangat pesat, dan itulah yang menyebabkan banyak orang yang memanfatakan media online untuk berbisnis. Dengan bermodalkan laptop dan jaringan internet saja, Anda sudah bisa membuat toko online dan bisa menghasilkan uang dari bisnis tersebut. Namun sekarang pengguna media online sudah semakin banyak dan juga semakin banyak saingan yang akan Anda hadapi. Agar bisnis online Anda bisa berkembang dengan baik maka harus selalu bekerja keras saat di awal, karena jika bisnis sudah berjalan maka Anda tinggal menikmatinya. 
 
Memang bisnis online susahnya ketika di awal, contohnya membangun personal branding, membuat periklanan, dan membangun sebuah website. Namun persaingan di bisnis online sangatlah ketat dan Anda harus bisa menyusun rencana agar bisnis Anda tetap berkembang. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi persaingan di dunia bisnis online yang semakin ketat.

Cara Menghadapi Persaingan Bisnis Online

7 Tips Menghadapi Persaingan Yang Sangat Ketat di Dunia Bisnis Online

1. Lakukan Reset dan Tentukan Target Pasar

Dalam melakukan bisnis online Anda harus melakukan reset produk terlebih dahulu dan menentukan target pasar yang akan dituju. Pertama Anda melakukan reset dengan menggunakan berbagai macam media yang artinya Anda harus mencari produk apa yang banyak diminati oleh semua orang, dan yang kedua Anda harus menentukan target pasar contohnya yaitu anak-anak, remaja, atau bahkan dewasa. Jika kedua hal tersebut sudah didapat, maka jangan pernah ganti-ganti produk dan tetaplah kembangkan produk Anda tersebut.

2. Tentukan Keunikan Produk

Anda harus mempunyai mindset bagaimana caranya agar produk Anda berbeda dengan yang lain dan sebisa mungkin membuat produk dengan kreativitas Anda agar produk semakin mudah dikenal banyak orang. Contohnya jika Anda bisnis baju, pasti yang biasanya diperhatikan oleh kebanyakan orang yaitu dari bahan yang dipakai dan usahakan Anda memakai bahan yang halus dan nyaman untuk dipakai.

3. Website Yang Menarik

Pembuatan website sangat penting untuk kemajuan bisnis online, karena jika website yang Anda buat bisa menarik perhatian konsumen, maka mereka pun akan semakin sering membeli produk Anda bahkan bisa menjadi langganan. Anda bisa mendesain website sekreatif mungkin dan jangan sampai sama persis dengan website yang lain. Semakin bagus tampilan website, maka akan semakin banyak juga konsumen yang datang.

4. Menjaga Loyalitas Konsumen

Yang harus Anda ingat yaitu sekarang Anda melakukan bisnis online, dan otomatis pelanggan membutuhkan kepercayaan dari Anda sebagai penjual. Nah Anda harus selalu besikap terbuka, dan menjaga hubungan baik dengan konsumen. Jangan sampai Anda telat dalam membalas pesan dan jika Anda sopan maka konsumen juga akan senang membeli produk di tempat Anda. Intinya layani konsumen semaksimal mungkin dan jangan membuat mereka kecewa.

5. Memberikan Diskon, Promosi, Bonus

Semua pelanggan pasti akan semakin tertarik dengan toko yang sering memberikan diskon, promosi atau bonus lainnya. Jika toko Anda masih baru, maka bisa memberikan diskon kepada pelanggan pertama dan jika toko Anda sudah maju maka jangan lupa pada hari-hari tertentu memberikan diskon kepada konsumen agar mereka selalu menjadi langganan Anda. Memberikan diskon tidak harus banyak, cukup 20% sampai 30% saja sudah bisa membuat konsumen merasa senang.

6. Berkolaborasi Dengan Kompetitor

Dalam dunia bisnis kompetitor tidak hanya menjadi saingan saja, tetapi bisa menjadi salah satu jalan agar bisnis Anda kedepannya bisa berkembang lebih maju. Anda bisa bekerja sama dengan kompetitor agar bisa menembus segmen pasar yang baru. Selain itu Anda akan mendapatkan banyak sekali ide baru apabila selalu terbuka dan berteman dengan kompetitor.

7. Bersikap Jujur

Kejujuran merupakan salah satu modal utama Anda dalam membangun sebuah bisnis, terutama bisnis online. Anda harus selalu berfikir bagaimana caranya agar konsumen menjadi lebih percaya dengan Anda dan jangan sekali-kali berbohong karena itu akan menghilangkan konsumen. Jika barang Anda terdapat minus maka sebisa mungkin berkata jujur. Konsumen akan lebih suka dengan penjual yang selalu jujur walaupun barang yang dijual terdapat kekurangan. 
 
Itulah 7 cara menghadapi persaingan di dunis bisnis online. Yang perlu diingat yaitu jangan pernah Anda melakukan kecurangan dalam berbisnis, karena itu justru akan merugikan diri Anda sendiri. Jika bisnis belum berjalan maka tetaplah sabar dan percaya bahwa suatu saat bisnis Anda tersebut akan berkembang dengan baik.