Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Tips Mendapatkan Sitelink Otomatis Dari Google Tanpa Pengajuan

Apabila Anda seorang blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sitelink. Apa itu sitelink? Sitelink merupakan salah satu bentuk apresiasi atau hadiah dari google untuk website Anda, karena website kesayangan Anda sudah memenuhi beberapa kriteria dari google dan sudah lolos uji. Intinya website Anda sudah dipercayai google sebagai website yang memiliki perkembangan setiap harinya. Blog zamantekno.com ini mendapatkan 6 sublink dan itu merupakan salah satu kebanggan tersendiri buat saya sebagai blogger pemula karena saya belajar semuanya dari nol sampai sekarang bisa mendapatkan sitelink dari google.
 
Hadiah sitelink sangat bermacam-macam, ada yang mendapatkan 4 sitelink, 6 sitelink atau bahkan 8 sitelink, tergantung kualitas dari website tersebut. Untuk mendapatkan itu semua tidaklah mudah dan harus melalui berbagai macam cara, namun sampai sekarang masih menjadi rahasia google mengapa suatu website bisa mendapat sitelink. Bagi Anda yang websitenya belum mendapatkan sitelink, jangan putus asa karena disini saya akan memberikan beberapa tips mendapatkan sitelink dan ini sesuai dengan pengalaman saya pribadi yang sudah saya alami.

Tips Mendapatkan Sitelink Otomatis

5 Tips Mendapatkan Sitelink Otomatis Dari Google Tanpa Pengajuan

1. Menggunakan Domain TLD

Blog yang sudah menggunakan domain TLD dianggap sebagai blog yang serius di mata google, maka dari itu lebih diprioritaskan untuk mendapatkan sitelink. Anda bisa memakai domain .com atau .id karena kedua domain tersebut sangat banyak digunakan oleh blogger pada umumnya dan lebih memudahkan Anda dalam mendapatkan sitelink otomatis. Selain itu juga blog Anda akan mengalami peningkatan trafik karena semua orang akan percaya dengan blog yang berdomain TLD. Namun domain blogspot juga bisa mendapatkan sitelink, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Menggunakan Template SEO

Template menjadi hal yang paling penting untuk sebuah blog, karena jika template yang digunakan sangat menarik maka pengunjung akan semakin betah berlama-lama membaca artikel di blog Anda. Selain untuk mempercantik tampilan, dengan menggunakan template yang bagus juga bisa membuat google semakin percaya dengan blog yang Anda buat dan lebih memudahkan Anda dalam mendapatkan sitelink. Anda bisa membeli template premium yang sudah terpercaya contohnya seperti template yang dipakai blog zamantekno.com ini yaitu Viomagz dari mas sugeng.

3. Membuat Artikel Yang Berkualitas

Kewajiban seorang blogger yaitu membuat artikel berkualitas yang nantinya bisa mendatangkan visitor organik. Nah jika artikel yang sudah Anda buat memiliki kualitas yang bagus maka tidak lama lagi google pasti akan memberikan penghargaan sitelink. Maka dari itu belajarlah menulis artikel secara SEO agar nantinya lebih terbiasa dan blog Anda dipercaya orang lain. Artikel berkualitas tidak harus panjang, yang terpenting yaitu jelas dalam penulisan dan mudah dipahami.

4. Update Artikel Secara Rutin

Pihak google sangat menyukai blogger yang menulis artikel secara konsisten karena dengan mengupload secara konsisten maka sudah bisa dipastikan bahwa pemilik dari blog tersebut memiliki keseriusan dalam menjadi blogger. Anda bisa menulis 3 sampai 4 artikel perhari dan itu dilakukan kurang lebih selama 2 bulan. Biasanya jika konsisten mengupload artikel, maka blog akan semakin cepat mendapatkan sitelink. Sebelum menulis artikel, Anda harus menentukan judul yang tepat dan jangan asal upload, karena google juga membutuhkan artikel yang berkualitas.

5. Visitor Organik

Kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula yaitu sering menggunakan auto visitor agar blognya dirasa bagus, padahal dengan melakukan hal tersebut akan membuat blog menjadi buruk di mata google, karena google lebih menyukai blog yang mendapatkan visitor organik. Selain itu Anda juga bisa mendatangkan visitor dari backlink yang sudah terpercaya. 
 
Untuk Anda yang sekarang masih menekuni dunia blog maka usahakan selalu update artikel setiap hari karena google lebih suka blog yang aktif posting. Mendapatkan sitelink ada yang hanya 2 bulan, 4 bulan atau bahkan ada juga yang sampai lebih dari 8 bulan. Itu semua tergantung dari kebijakan google. Semakin bagus blog maka akan semakin cepat mendapatkan sitelink. Manfaat dari sitelink yaitu untuk meningkatkan CTR, meningkatkan kepercayaan dan bisa meningkatkan kualitas SEO blog.